Minggu, 10/03/2013 07:02 WIB

Laporan dari Pago Pago

Dubes Dino Diangkat Sebagai Kepala Suku Samoa Amerika

Eddi Santosa - detikNews
Halaman 1 dari 2
dok. KBRI Washington
Pago Pago - Dubes RI untuk Amerika Serikat Dino Patti Djalal diangkat oleh pemerintah Samoa Amerika sebagai Matai (Kepala Suku) dengan gelar Folamauga Ma AliI atau pemimpin pelanglang buana dan dicintai oleh rakyatnya.

Anugerah gelar itu sebagai bentuk pengakuan atas visi dan keberhasilan Dubes dalam meningkatkan hubungan kerjasama antara Indonesia-Samoa Amerika.

Dubes dinilai telah melakukan berbagai langkah proaktif dalam rangka menindaklanjuti Kemitraan Komprehensif AS-Indonesia melalui intensifikasi hubungan, tidak hanya terfokus pada negara- negara bagian di AS daratan, namun juga teritorial AS di Pasifik, di antaranya Samoa Amerika.

Ini merupakan kali pertama pemerintah Samoa Amerika menganugerahkan gelar Kepala Suku kepada Dubes negara asing, demikian keterangan pers KBRI Washington melalui Rizal Wirakara kepada detikcom, Minggu (10/3/2013).

Pemerintahan Samoa Amerika mengakui bahwa Dubes dalam waktu singkat sangat aktif melakukan terobosan, di antaranya dengan memfasilitasi kunjungan gubernur periode sebelumnya Togiola Tulafono ke Jakarta, Manado, dan Bali (2012).

Adapun hasil konkrit kerjasama Indonesia-Samoa Amerika yang telah dilakukan meliputi pengiriman ahli terumbu karang untuk menjadi narasumber pada US Coral Triangle Initiative di Pago Pago dan mengalokasikan tempat bagi perwira polisi Samoa Amerika untuk mengikuti pendidikan di JCLEC, Semarang.

Di samping itu juga penjajagan kerjasama ekonomi pembangunan dalam kerangka Provinsi Kembar Sulawesi Utara-Samoa Amerika, kesepakatan pembangunan Youth Center dan lapangan olahraga bola basket yang akan diselesaikan pada 2013. Next

Halaman 1 2

Ikuti berbagai peristiwa menarik yang terjadi sepanjang hari ini hanya di "Reportase" TRANS TV Senin - Jumat pukul 16.45 WIB

(es/es)



Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
ProKontra Index »

16 Kursi Menteri dari Parpol di Kabinet Jokowi Terlalu Banyak

Presiden Terpilih Jokowi telah mengumumkan postur kabinetnya. Jokowi memberi jatah 16 kursi untuk kader parpol. Menurut pengamat politik dari UIN Syarif Hidayatullah Gun Gun Heryanto, 16 kursi untuk kader parpol ini dinilai terlalu besar, tak sesuai harapan publik. Awalnya publik mengira jatah menteri untuk parpol jauh lebih sedikit. Bila Anda setuju dengan Gun Gun Heryanto, pilih Pro!
Pro
40%
Kontra
60%