detikcom
Sabtu, 02/03/2013 14:16 WIB

Berjuang Untuk Hidup, Hugo Chavez Jalani Kemoterapi

Rita Uli Hutapea - detikNews
Hugo Chavez dan dua putrinya (AFP)
Caracas, - Presiden Venezuela Hugo Chavez tengah berjuang melawan penyakitnya. Namun dia saat ini dalam kondisi "semangat tinggi" di saat menjalani kemoterapi di rumah sakit militer Caracas, Venezuela.

Wakil Presiden (Wapres) Venezuela Nicolas Maduro menyampaikan detail kondisi Chavez tersebut seperti diberitakan kantor berita AFP, Sabtu (2/3/2013).

Dikatakan Maduro, Chavez telah mulai menjalani kemoterapi menyusul operasi kanker keempat kalinya di Kuba pada Desember 2012. Namun Chavez kembali ke negerinya pada 18 Februari lalu karena ingin melanjutkan pengobatan di Caracas saja.

"Dia (Chavez) memiliki kekuatan yang besar atas pengobatan yang diterimanya dan dia dalam kondisi bersemangat tinggi untuk berjuang, menerima pengobatan ini," tutur Maduro pada para wartawan.

Sebelumnya pada Desember 2012 lalu, kondisi Chavez sempat memburuk dikarenakan infeksi pernafasan. Dokter pun memasang tube untuk membantu pernafasannya. Kondisinya secara umum kemudian membaik.

Namun setelah membaik pada Januari lalu, menurut Maduro, Chavez dan para dokternya di Kuba memutuskan untuk mulai melakukan kemoterapi dan terapi radiasi.

Dikatakan Maduro, Chavez pun bulan lalu memutuskan untuk kembali ke Venezuela guna menjalani kemoterapi.

Chavez belum pernah berbicara atau muncul di depan publik sejak menjalani rangkaian operasi kanker di Kuba pada 11 Desember 2012 lalu. Hanya beberapa gambar Chavez yang dirilis pada 15 Desember lalu, yang memperlihatkan dia tengah terbaring di rumah sakit Havana.

Dalam foto tersebut, Chavez tampak tersenyum bersama dua putrinya. Chavez berada di Kuba selama dua bulan sebelum kembali ke Venezuela pada 18 Februari lalu.



Akhiri hari anda dengan menyimak beragam informasi penting dan menarik sepanjang hari ini, di "Reportase Malam" pukul 01.30 WIB, hanya di Trans TV

(ita/ita)



Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Senin, 21/07/2014 12:41 WIB
    Wamenhub: Jembatan Comal Bikin Jalur Darat Lebih Kompleks, Ada 3 Alternatif
    Gb Jembatan Comal, Pemalang, Jateng, yang ambles pada Jumat (18/7) malam lalu membuat mudik via jalur darat lebih kompleks. Memang Kementerian PU mengebut pengerjaan jembatan itu. Namun di satu sisi harus menunggu kelayakannya. Ada 3 alternatif jalur mudik menghindari Jembatan Comal.
ProKontra Index »

Polisi akan Razia dan Bubarkan Sahur on The Road

Dari hari ke hari, Sahur on The Road (SOTR) alias sahur keliling yang awalnya niatnya baik, membagi-bagikan sahur ke warga tidak mampu, kini melenceng semakin meresahkan, melakukan vandalisme hingga pembacokan. Terakhir Senin (21/7) dini hari, beberapa korban pembacokan kelompok SOTR berjatuhan. Polda Metro Jaya akan merazia, membubarkan hingga menindak kelompok SOTR yang melakukan tindak pidana. Bila Anda setuju dengan tindakan Polda Metro Jaya, pilih Pro!
Pro
67%
Kontra
33%