Selasa, 26/02/2013 19:38 WIB

Tentara AS mengakui pemerkosaan di Okinawa

BBCIndonesia.com - detikNews
Pulau Okinawa

Pulau Okinawa menjadi rumah bagi pangkalan militer terbesar AS di Asia.

Dua tentara Amerika Serikat mengaku bersalah memperkosa seorang perempuan Jepang di Pulau Okinawa.

Perempuan itu diperkosa oleh Skyler Dozierwalker dan Christopher Browning yang sedang melakukan kunjungan singkat ke pangkalan militer Amerika Serikat tersebut.

Seorang tentara mengatakan kepada jaksa penuntut umum bahwa dia mengira tidak akan tertangkap karena akan segera meninggalkan tempat itu beberapa jam setelah pemerkosaan, seperti dilaporkan wartawan BBC di Tokyo, Rupert Wingfield-Hayes.

Setelah pemerkosaan, berkembang sentimen anti-Amerikat Serikat di kalangan warga setempat dan jam malam sempat diberlakukan atas sekitar 47.000 tentara AS yang ditempatkan di sana.

Pemerintah Jepang sudah menyampaikan protes resmi atas kejahatan yang dilakukan kedua tentara tersebut.

Tahun 1995, tiga tentara AS memperkosa seorang anak perempuan berusia 12 tahun yang memicu kemarahan masyarakat Jepang yang kembali mempertanyakan keberadaan pangkalan AS itu.

Pulau Okinawa merupakan lokasi pangkalan militer AS terbesar di kawasan Asia.

Para pengamat berpendapat pangkalan itu menjadi semakin penting di tengah upaya pemeritah Washington untuk menghadapi peningkatan kekuatan militer Cina.

(bbc/bbc)

  • Senin, 21/07/2014 12:41 WIB
    Wamenhub: Jembatan Comal Bikin Jalur Darat Lebih Kompleks, Ada 3 Alternatif
    Gb Jembatan Comal, Pemalang, Jateng, yang ambles pada Jumat (18/7) malam lalu membuat mudik via jalur darat lebih kompleks. Memang Kementerian PU mengebut pengerjaan jembatan itu. Namun di satu sisi harus menunggu kelayakannya. Ada 3 alternatif jalur mudik menghindari Jembatan Comal.
ProKontra Index »

Polisi akan Razia dan Bubarkan Sahur on The Road

Dari hari ke hari, Sahur on The Road (SOTR) alias sahur keliling yang awalnya niatnya baik, membagi-bagikan sahur ke warga tidak mampu, kini melenceng semakin meresahkan, melakukan vandalisme hingga pembacokan. Terakhir Senin (21/7) dini hari, beberapa korban pembacokan kelompok SOTR berjatuhan. Polda Metro Jaya akan merazia, membubarkan hingga menindak kelompok SOTR yang melakukan tindak pidana. Bila Anda setuju dengan tindakan Polda Metro Jaya, pilih Pro!
Pro
68%
Kontra
32%