detikcom
Senin, 18/02/2013 18:17 WIB

Hari ke-126 Jokowi

Jokowi Jadikan Kali Pakin Sebagai Kali Percontohan

Ray Jordan - detikNews
Halaman 1 dari 2
Jakarta - Proses pengerukan ruas Kali Pakin di Penjaringan, Jakarta Utara, pada hari ini ditinjau langsung Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo. Kali yang mengalir ke Waduk Pluit itu kini dijadikan sebagai kali percontohan.

"Ini kita perintah tolong untuk dicontoh. Normalisasi pengerukan yang benar itu seperti begini," ujar Jokowi di Kali Pakin, Penjaringan, Jakarta Utara, Senin (18/2/213).

Jokowi mengatakan, kali Pakin tersebut akan dikeruk hingga kedalamannya menjadi 5 meter. Ini bertujuan agar air yang melewati sungai tersebut bisa mengalir lancar hingga ke waduk Pluit. Ini. Bertujuan agar peristiwa banjir di sekitar Waduk Pluit Januari lalu tidak terulang kembali.

"Kita ini kan baru memulai melebarkan sungai, menormalisasi sungai, mengeruk endapan ini baru mulai. Supaya air yang masuk ke waduk Pluit lancar semua karena sungai ini, ini airnya berasal dari seluruh kota masuk sini semua," jelasnya.

"Kalau nggak lancar, nanti kejadian seperti kemarin. Ini yang kemaren tanahnya cuma setengah meter dari atas kita turunkan. Yang disini sudah lima meter ke bawah. Ini, ini kita perintah tolong untuk contoh," imbuh Jokowi.

Jokowi menambahkan, untuk sementara, sembari menunggu dana APBD cair, pengerukan tersebut menggunakan dana yang berasal dari swasta. Jika APBD sudah bisa digunakan, maka akan dilanjutkan dengan APBD.

"Ini buat contoh aja dulu. Kan kita juga ngerti ini bukan APBD. Itu bantuan, ada yang bantu alat-alat berat dan lain-lain. Kita minta bantuan dari swasta. Kita minta bantuan. Ini secukupnya saja. Nanti apbd masuk langsung dialihkan," ucapnya.Jokowi Jadikan Kali Pakin Sebagai Kali PercontohanNext

Halaman 1 2

Akhiri hari anda dengan menyimak beragam informasi penting dan menarik sepanjang hari ini, di "Reportase Malam" pukul 01.30 WIB, hanya di Trans TV

(jor/lh)



Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
ProKontra Index »

Harga BBM Harus Naik

Terbatasanya kuota BBM bersubsidi berimbas pada langkanya BBM di sejumlah SPBU plus antrean panjang kendaraan. Presiden terpilih Jokowi mengusulkan pada Presiden SBY agar harga BBM dinaikkan. Jokowi mengatakan subsidi BBM itu harus dialihkan pada usaha produktif, ditampung di desa, UMKM, nelayan. Menurutnya anggaran subsidi jangan sampai untuk hal-hal konsumtif seperti mobil-mobil pribadi. Bila Anda setuju dengan Jokowi bahwa harga BBM harus naik, pilih Pro!
Pro
58%
Kontra
42%