Detik.com News
Detik.com
Rabu, 06/02/2013 10:09 WIB

Diguncang Gempa 8 SR, Solomon Islands Dilanda Tsunami

Rita Uli Hutapea - detikNews
Diguncang Gempa 8 SR, Solomon Islands Dilanda Tsunami Ilustrasi (AFP)
Solomon Islands, - Gempa berkekuatan 8 Skala Richter (SR) menggucang wilayah Solomon Islands di Samudera Pasifik. Gelombang tsunami pun telah mencapai sejumlah bagian wilayah Solomons Islands.

"Pembacaan level laut mengindikasikan tsunami telah terjadi," demikian pernyataan badan Pusat Peringatan Tsunami Pasifik yang berbasis di Hawaii, AS seperti dilansir kantor berita AFP, Rabu (6/2/2013).

"Tsunami itu mungkin merusak di sepanjang pantai dekat pusat gempa dan juga bisa menjadi ancaman bagi pantai-pantai yang lebih jauh," demikian disampaikan.

Belum ada laporan mengenai kerusakan maupun korban akibat gempa dan tsunami ini.

Sebelumnya peringatan tsunami telah dikeluarkan untuk wilayah Pasifik Selatan. Peringatan tsunami itu mencakup Vanuatu, Nauru, Papua New Guinea, Tuvalu, New Caledonia, Kosrae, Fiji, Kiribati, dan Wallis and Futuna.

Siaga tsunami ini juga diberlakukan hingga ke wilayah Hawaii dan Selandia Baru.

Menurut badan Survei Geologi Amerika Serikat atau USGS, gempa terjadi dekat kepulauan Santa Cruz, bagian dari negara Solomons Islands, yang telah mengalami serangkaian guncangan gempa dalam sepekan terakhir.

Gempa yang terjadi hari ini berada pada kedalaman 5,8 kilometer. Sejumlah gempa susulan berkekuatan 6,6 SR juga telah terjadi.

Kantor Manajemen Bencana Nasional Solomon Islands pun mengimbau masyarakat yang tinggal di daerah-daerah dataran rendah, khususnya di Makira dan Malaita untuk pergi ke daerah yang lebih tinggi permukaannya.



Mulai hari anda dengan informasi aneka peristiwa penting dan menarik di "Reportase Pagi" pukul 04.00 - 05.30 WIB hanya di Trans TV

(ita/nrl)


Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Jumat, 17/04/2015 20:40 WIB
    Wawancara
    Luhut Panjaitan: Persiapan KAA Super Singkat
    Luhut Panjaitan: Persiapan KAA Super Singkat Kepala Staf Kepresidenan Jenderal (Purn) Luhut Binsar Panjaitan ditunjuk sebagai penanggung jawab peringatan 60 tahun KAA. Hanya tersedia waktu kurang lebih 6 minggu bagi panitia untuk mengadakan persiapan.
ProKontra Index »

Jokowi Presiden Pilihan Rakyat, Bukan Presiden Partai!

Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri mengungkap hukum demokrasilah yang mengatur presiden dan wapres ikut garis politik partai. Namun pengamat politik Universitas Paramadina Hendri Satrio membantah pernyataan Mega, karena presiden adalah pilihan rakyat, bukan presiden partai. Bila Anda setuju dengan pendapat Hendri Satrio, pilih Pro!
Pro
94%
Kontra
6%