Rabu, 06/02/2013 10:09 WIB

Diguncang Gempa 8 SR, Solomon Islands Dilanda Tsunami

Rita Uli Hutapea - detikNews
Ilustrasi (AFP)
Solomon Islands, - Gempa berkekuatan 8 Skala Richter (SR) menggucang wilayah Solomon Islands di Samudera Pasifik. Gelombang tsunami pun telah mencapai sejumlah bagian wilayah Solomons Islands.

"Pembacaan level laut mengindikasikan tsunami telah terjadi," demikian pernyataan badan Pusat Peringatan Tsunami Pasifik yang berbasis di Hawaii, AS seperti dilansir kantor berita AFP, Rabu (6/2/2013).

"Tsunami itu mungkin merusak di sepanjang pantai dekat pusat gempa dan juga bisa menjadi ancaman bagi pantai-pantai yang lebih jauh," demikian disampaikan.

Belum ada laporan mengenai kerusakan maupun korban akibat gempa dan tsunami ini.

Sebelumnya peringatan tsunami telah dikeluarkan untuk wilayah Pasifik Selatan. Peringatan tsunami itu mencakup Vanuatu, Nauru, Papua New Guinea, Tuvalu, New Caledonia, Kosrae, Fiji, Kiribati, dan Wallis and Futuna.

Siaga tsunami ini juga diberlakukan hingga ke wilayah Hawaii dan Selandia Baru.

Menurut badan Survei Geologi Amerika Serikat atau USGS, gempa terjadi dekat kepulauan Santa Cruz, bagian dari negara Solomons Islands, yang telah mengalami serangkaian guncangan gempa dalam sepekan terakhir.

Gempa yang terjadi hari ini berada pada kedalaman 5,8 kilometer. Sejumlah gempa susulan berkekuatan 6,6 SR juga telah terjadi.

Kantor Manajemen Bencana Nasional Solomon Islands pun mengimbau masyarakat yang tinggal di daerah-daerah dataran rendah, khususnya di Makira dan Malaita untuk pergi ke daerah yang lebih tinggi permukaannya.



Mulai hari anda dengan informasi aneka peristiwa penting dan menarik di "Reportase Pagi" pukul 04.00 - 05.30 WIB hanya di Trans TV

(ita/nrl)



Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
ProKontra Index »

Motor akan Dilarang Melintas di Jalan Protokol Jakarta

Pada Desember 2014 mendatang motor tidak diperbolehkan untuk melintas di Bundaran HI hingga Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat. Rencananya motor akan dilarang di semua jalan protokol yang ada di Jakarta. Bila Anda setuju dengan kebijakan Pemprov DKI ini, pilih Pro!
Pro
33%
Kontra
67%