Detik.com News
Detik.com
Senin, 04/02/2013 19:36 WIB

Laporan dari Sofia

Barong Bali Promosikan Indonesia di Bulgaria

Eddi Santosa - detikNews
Halaman 1 dari 2
Barong Bali Promosikan Indonesia di Bulgaria dok. KBRI Sofia
Sofia - Barong Ageng Bali dan Topeng Rangda memesona ribuan penonton Festival Topeng Internasional di kota Pernik, 25 km arah barat daya dari ibukota Sofia, Republik Bulgaria.

Festival ini merupakan acara terbesar tidak hanya di Bulgaria, tetapi juga di seluruh kawasan Semenanjung Balkan. Tahun ini festival dimeriahkan dengan workshop untuk anak-anak, workshop topeng, teater jalanan, konser, pameran, dan parade.

Selain melibatkan 100 grup tari dari kota-kota domestik di Bulgaria, festival tersebut juga diikuti oleh grup-grup tari dari berbagai tetangga, antara kain Serbia, Slovenia, Macedonia, Montenegro, Albania, Spanyol, Palestina, Aruba dan Indonesia melalui KBRI Sofia.

"Dibandingkan peserta lainnya, tim KBRI Sofia mendapat banyak perhatian dari masyarakat dan media massa setempat, karena mempertunjukkan budaya Indonesia yang dinilai sangat khas dan berbeda dengan peserta lainnya," demikian Fungsi Pensosbud KBRI Sofia Dina Martina kepada detikcom, Senin (4/1/2013).

Menurut Dina, penampilan Indonesia tersebut merupakan bagian dari keikutsertaan Tim Kesenian KBRI Sofia pada XXII International Festival of Masquerade Games 'Surva' di Pernik.

Penduduk kota Pernik tumpah-ruah menyaksikan karnaval di sepanjang jalan di pusat kota. Secara khusus, Ketua Pelaksana Festival, Kyril Manov, menyampaikan penghargaan tinggi atas partisipasi tim Indonesia yang telah menarik banyak perhatian penonton pada festival tahunan ini.

Di samping Barong Bali, tidak kalah menarik adalah tarian tunggal Topeng Pentul yang ditampilkan secara interaktif dengan penonton di depan Gedung Pusat Kebudayaan kota Pernik. Next

Halaman 1 2

Ikuti berbagai berita menarik hari ini di program "Reportase Sore" TRANS TV Senin sampai Jumat pukul 16.45 WIB

(es/es)


Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Kamis, 26/03/2015 12:35 WIB
    Dirut Fahmi Idris: BPJS Tak Mungkin Bangkrut
    Dirut Fahmi Idris: BPJS Tak Mungkin Bangkrut Jumlah pengguna jaminan kesehatan nasional melonjak tajam pada tahun pertama penyelenggaraannya. Akibatnya, kondisi keuangan BPJS Kesehatan defisit. Klaim membengkak, lebih besar daripada premi yang diterima.
ProKontra Index »

Tolak APBD DKI 2015, Parpol Lembek dan Mengecewakan

DPRD DKI menolak penggunaan APBD DKI 2015 setelah tak mau membahasnya lewat rapat Badan Anggaran. Tokoh antikorupsi Buya Syafii Maarif mengatakan sikap partai lembek dan mengecewakan. "Mereka menolak isu anggaran siluman tetapi mendukung atau tidak menarik diri dari Hak Angket. Padahal, Ahok diangket karena jelas menolak anggaran siluman itu," kata Buya Syafii. Bila Anda setuju pendapat Buya Syafii, pilih Pro!
Pro
100%
Kontra
0%