Detik.com News
Detik.com

Senin, 04/02/2013 15:25 WIB

Tanaman Mirip Ghat 'Chatinone' Juga Ditemukan di Baturaden Banyumas

Arbi Anugrah - detikNews
Tanaman Mirip Ghat Chatinone Juga Ditemukan di Baturaden Banyumas Foto: arbi anugrah/detikcom
Banyumas - Selain di kawasan Puncak, Cisarua, Bogor, tanaman mirip Ghat atau Khat juga ditemukan di Baturaden, Banyumas, Jateng. Warga setempat menyebut teh Arab.

Tak tanggung-tanggung, tanaman dengan ciri berdaun kecil itu ditanam di lahan seluas 2 hektare. Menurut informasi, lahan itu milik warga setempat yang disewa warga keturunan Arab asal Purwokerto, Jateng. Lokasinya berada di Dusun Munggangsari, Desa Karang Salam, Baturaden, Banyumas.

"Saya tidak tahu itu tanaman apa. Katanya teh Arab. Sudah lama kayaknya. Yang biasa ke sini orang Arab, kadang datang sendiri, kadang sama temannya. Biasanya, sebulan sekali mereka datang dan memetik pucuknya dan dibawa pakai plastik kresek," kata Nani, warga yang rumahnya tepat di depan ladang, Senin (4/2/2013).

Kepala Dusun Munggangsari, Sisworo mengaku mengetahui jenis pohon tersebut setelah melihat media massa. Kemudian dia coba mencari tahu di internet mengenai ciri-ciri pohon tersebut.

"Saat melihat berita, saya merasa pernah melihat daun seperti ini. Lalu saya cek, kok sama persis. Di sini sendiri ada dua jenis tanamannya, ada yang warna hijau dan warna merah," kata Sisworo.

Sisworo menjelaskan, tanaman yang mirip Khat tersebut sengaja dilaporkan ke polisi karena dirinya khawatir anak-anak muda akan mengambil dan menyalahgunakan tanaman tersebut.

Dijelaskan Sisworo, lahan tersebut milik warga Desa Karangsalam dan sudah disewa selama 3 tahun oleh warga keturunan Arab asal Purwokerto. "Disewa selama 10 tahun dengan harga Rp 15 juta," ujarnya.

Lahan berada di ketinggian 700 mdpl. Hawanya sejuk. Di sekeliling lahan yang dipagar kawat terdapat permukiman, tanaman singkong, pisang dan sereh.

Pekan lalu, tanaman mirip Ghat atau Khat ditemukan di Desa Tugu Selatan, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor. Sebagian warga mencabuti tanaman tersebut karena takut terjerat hukum. Badan Narkotika Nasional (BNN) telah mengambil sampel untuk memastikan keberadaan tanaman tersebut. Ghat atau Khat adalah bahan pembuat Chatinone, narkotika golongan I.


Ikuti berbagai berita menarik hari ini di program "Reportase Sore" TRANS TV Senin sampai Jumat pukul 16.45 WIB

(arb/try)


Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Jumat, 22/05/2015 20:11 WIB
    Andrinof Chaniago: Reshuffle, Kami Tak Peduli
    Andrinof Chaniago: Reshuffle, Kami Tak Peduli Ada yang menilai kurang moncernya kinerja tim ekonomi saat ini tak lepas dari kurang optimalnya peran Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Andrinof Chaniago. Kepala Bappenas itu juga dituding banyak memangkas program-program unggulan Presiden Joko Widodo yang tertuang dalam Nawa Cita.
ProKontra Index »

Ayah Pemerkosa Putri Kandung dan Bunuh 4 Anaknya Layak Dihukum Mati!

Sadriansyah, warga Sungai Kunjang, Samarinda, Kaltim tega memperkosa putri kandungnya dan membunuh 4 anak-anak sendiri saat masih kecil. Anggota Komisi VIII DPR Maman Imanulhaq berpendapat, Sadriansyah pantas dihukum mati karena menjadi ayah yang biadab. Bila Anda setuju bahwa hukuman yang setimpal bagi Sadriansyah adalah hukuman mati, pilih Pro!
Pro
90%
Kontra
10%