Kamis, 31/01/2013 16:47 WIB

Siapa Presiden PKS Pengganti Luthfi Hasan Ishaaq?

Elvan Dany Sutrisno,Tya Eka Yulianti - detikNews
Luthfi Hasan Ishaaq/detikfoto
Jakarta - Setelah dijadikan tersangka kasus suap impor daging, Presiden PKS Luthfi Hasan Ishaaq akan segera mengundurkan diri. Siapa yang akan ditunjuk Ketua Majelis Syuro PKS Hilmi Aminuddin menjadi presiden PKS berikutnya?

Ada sederetan petinggi PKS dan tokoh yang pernah menjabat sebagai presiden PKS yang disebut-sebut sedang ditimang-timang Hilmi untuk meneruskan tugas Luthfi. Mereka adalah Hidayat Nurwahid, Tifatul Sembiring, Almuzzamil Yusuf, hingga Nur Mahmudi Ismail.

Nama Sekjen PKS Anis Matta juga disebut-sebut sedang ditimang-timang oleh Hilmi menjadi Presiden PKS pengganti Luthfi. Namun Anis selama ini selalu menolak jabatan tertinggi di PKS tersebut dan dikenal sebagai Sekjen 'abadi' karena sudah tiga periode menjadi Sekjen PKS.

Hilmi sendiri memang dikenal sangat berhati-hati dalam memilih orang-orang terdekatnya. Selama ini Presiden PKS tak pernah memegang jabatan lebih dari dua periode. Tapi bisa saja karena situasi PKS yang sedang terdesak kemudian Hilmi sebagai Ketua Majelis Syuro menunjuk mantan Presiden PKS yang dianggap cukup berhasil.

Mantan Presiden PKS Hidayat Nurwahid misalnya, baru saja kembali mendapatkan kepercayaan penting dengan menjabat Ketua Fraksi PKS DPR RI. Namun Hidayat mengaku belum tahu siapa Presiden PKS baru pengganti Luthfi Hasan yang mundur akibat terseret kasus korupsi.

Presiden PKS yang baru sendiri baru akan ditentukan Hilmi, Jumat esok. Luthfi baru akan mengundurkan diri secara resmi pada sore atau malam hari ini.

"Tadi dalam bahasan kami sudah menimbang, mengkaji, dan mendengar masukan-masukan. Besok siang rencananya Ketua Majelis Syuro akan mengumumkan siapa yang akan menggantikan ustad Luthfi," Hidayat usai pertemuan di rumah Hilmi di Lembang, Jabar, Kamis (31/1/2013) tadi.

Namun sayangnya sampai saat ini belum ada tokoh yang dipastikan akan menggantikan Lutfi Hasan. "Besok sajalah. Kita langsung saja tahu siapa yang menggantikannya," kata Hidayat.

Lalu siapa yang akan ditunjuk Hilmi jadi presiden PKS? Apakah mantan presiden PKS yang sukses, Sekjen PKS, atau sementara waktu diambil alih dirinya sendiri? Tunggu tanggal mainnya!

(van/nrl)



Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Minggu, 14/09/2014 14:52 WIB
    Lulung: Yang Penting Pak Ahok Manis Bicara, Ai Dukung
    Gb Haji Lulung mengaku sudah tidak ada masalah dengan Ahok yang bersuara keras soal kebobrokan DPRD jika pilkada tidak dilakukan langsung. Dia mengingatkan Ahok berhati-hati bicara sehingga tidak ada yang tersinggung.
ProKontra Index »

16 Kursi Menteri dari Parpol di Kabinet Jokowi Terlalu Banyak

Presiden Terpilih Jokowi telah mengumumkan postur kabinetnya. Jokowi memberi jatah 16 kursi untuk kader parpol. Menurut pengamat politik dari UIN Syarif Hidayatullah Gun Gun Heryanto, 16 kursi untuk kader parpol ini dinilai terlalu besar, tak sesuai harapan publik. Awalnya publik mengira jatah menteri untuk parpol jauh lebih sedikit. Bila Anda setuju dengan Gun Gun Heryanto, pilih Pro!
Pro
38%
Kontra
62%