Kamis, 24/01/2013 07:39 WIB

Pendobrak Gaya 'Ndoro' Pejabat

M. Rizal - detikNews
Jakarta - Suliadi adalah saksi hidup keseharian Joko Widodo (Jokowi) saat menjadi Wali Kota Solo, Jawa Tengah (Jateng). Di samping tentu saja istrinya, Iriana, Suliadi adalah orang yang selalu berada di dekat Jokowi. Maklum, Suliadi adalah sopir pribadi Jokowi selama tujuh tahun memimpin Kota Batik itu.

Suliadi bercerita, setiap hari Jokowi rutin menyambangi kampung-kampung di Solo. ‘Blusukan’ itu dilakukan tak tentu, tapi seringnya pagi hari sebelum berangkat ke kantor. Mobil biasanya keluar dari Loji Gandrung, rumah dinas wali kota di Jl. Slamet Riyadi, sekitar pukul 07.30 WIB.

Di tengah perjalanan ke kampung-kampung itu, mobil berhenti sebentar di toko untuk membeli sarapan. Roti dan air mineral adalah menu santapan pagi Jokowi. “Kadang saya atau ajudan turun beli roti,” kata Suliadi kepada majalah detik.

Berkunjung ke tengah-tengah warga Solo, Jokowi mendengarkan keluh kesah mereka. Masalah-masalah itu ‘dicatat’ di kepala Jokowi. Selain menyerap aspirasi warga, ia juga membawa bawaan wajib, yaitu beras dan buku tulis untuk anak-anak sekolah.

“Biasanya satu jam atau dua jam keliling kampung,” ucap Suliadi.

***

Tulisan lengkap Pendobrak Gaya ‘Ndoro’ Pejabat bisa dibaca GRATIS di edisi terbaru Majalah Detik (edisi 60, 21 Januari 2013). Edisi ini mengupas tuntas 100 hari Jokowi dengan tema ‘Ujian Berat Jokowi’. Juga ikuti artikel lainnya yang tidak kalah menarik seperti rubrik hukum ‘Rekening Melar Anggota Banggar’, Kriminal ‘Azab Lukisan Widayat’, Bisnis ‘Uji Nyali Melawan Paman Sam’, berita komik ‘Pembuktian Cinta Lesbi di Batam’, Gaya Hidup ‘2013: Mewah Nan Elegan’, rubrik Seni Hiburan dan review film ‘Les Miserables’, WKWKWK ‘Nama Suroboyoan ala Baktiono’, serta masih banyak artikel menarik lainnya.

Untuk aplikasinya bisa di-download di apps.detik.com dan versi pdf bisa di-download di www.majalahdetik.com. Gratis, selamat menikmati!



Akhiri hari anda dengan menyimak beragam informasi penting dan menarik sepanjang hari ini, di "Reportase Malam" pukul 01.30 WIB, hanya di Trans TV

(irw/iy)



Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
Laporan Khusus Terbaru Indeks Laporan Khusus »
ProKontra Index »

Pemprov DKI Larang Aplikasi Taksi Uber

Baru diluncurkan sepekan, aplikasi penghubung taksi Uber langsung mendapat respons negatif dari Pemprov DKI. Alasan pelarangannya, mulai dari tak ada izin, tak ada kantor, tak mengikuti tarif resmi, berpelat hitam sehingga dikhawatirkan merugikan konsumen. Bila Anda setuju dengan Pemprov DKI yang melarang aplikasi taksi Uber, pilih Pro! Bila tidak setuju pelarangan taksi Uber, pilih Kontra!
Pro
75%
Kontra
25%