detikcom

Kamis, 10/01/2013 13:27 WIB

6 Dampak Terbesar Meteorit & Asteroid yang Jatuh di Bumi Sejak Abad 20

Nograhany Widhi K - detikNews
Index Artikel Ini  Klik "Next" untuk membaca artikel selanjutnya « Prev 3 dari 7 Next »
dok Gonzalo Tancredi
2. Meteor Berarsenik Bentuk Kawah di Peru

Satu meteor jatuh ke Bumi di dekat Desa Carancas, Peru, dan membentuk kawah berdiameter 15,24 meter pada 15 September 2007. Saat pejabat berwenang menginvestigasi, mereka melihat air di dalam kawah itu mendidih. Para peneliti mencium bau busuk dan mendadak sakit.

Beberapa hari setelah meteor jatuh, sekitar 200 warga Desa Carancas sakit bersamaan secara misterius. Mereka menderita mual-mual, sakit kepala, dan muntah-muntah. Kemudian penelitian di lokasi kawah tempat meteor itu jatuh dilakukan oleh Dinas Pertambangan, Metalurgi dan Geologi Peru.

Hasilnya, warga desa itu keracunan arsenik. Meteorit itu mengeluarkan gas arsenik saat permukaannya panas karena bergesekan dengan atmosfer, kemudian tercampur air tanah yang terkontaminasi elemen beracun.



Setelah eksekusi 6 terpidana mati narkoba, dua negara menarik duta besarnya. Bagaimana perkembangan terkini? Simak di sini.


Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
ProKontra Index »

Penangkapan BW Adalah Balas Dendam Polri ke KPK

Banyak pihak yang mengecam penangkapan Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto (BW) oleh Bareskrim Polri. Bahkan, mantan Plt Pimpinan KPK Mas Ahmad Santosa berpendapat penangkapan oleh Polri terhadap BW merupakan tindakan balas dendam terkait penetapan tersangka Komjen Pol Budi Gunawan oleh KPK. Bila Anda setuju dengan Mas Ahmad Santosa, pilih Pro!
Pro
76%
Kontra
24%