detikcom
Kamis, 10/01/2013 13:27 WIB

6 Dampak Terbesar Meteorit & Asteroid yang Jatuh di Bumi Sejak Abad 20

Nograhany Widhi K - detikNews
Index Artikel Ini  Klik "Next" untuk membaca artikel selanjutnya « Prev 3 dari 7 Next »
dok Gonzalo Tancredi
2. Meteor Berarsenik Bentuk Kawah di Peru

Satu meteor jatuh ke Bumi di dekat Desa Carancas, Peru, dan membentuk kawah berdiameter 15,24 meter pada 15 September 2007. Saat pejabat berwenang menginvestigasi, mereka melihat air di dalam kawah itu mendidih. Para peneliti mencium bau busuk dan mendadak sakit.

Beberapa hari setelah meteor jatuh, sekitar 200 warga Desa Carancas sakit bersamaan secara misterius. Mereka menderita mual-mual, sakit kepala, dan muntah-muntah. Kemudian penelitian di lokasi kawah tempat meteor itu jatuh dilakukan oleh Dinas Pertambangan, Metalurgi dan Geologi Peru.

Hasilnya, warga desa itu keracunan arsenik. Meteorit itu mengeluarkan gas arsenik saat permukaannya panas karena bergesekan dengan atmosfer, kemudian tercampur air tanah yang terkontaminasi elemen beracun.




Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
Berita Terbaru Indeks Berita ยป
  • Senin, 21/07/2014 12:41 WIB
    Wamenhub: Jembatan Comal Bikin Jalur Darat Lebih Kompleks, Ada 3 Alternatif
    Gb Jembatan Comal, Pemalang, Jateng, yang ambles pada Jumat (18/7) malam lalu membuat mudik via jalur darat lebih kompleks. Memang Kementerian PU mengebut pengerjaan jembatan itu. Namun di satu sisi harus menunggu kelayakannya. Ada 3 alternatif jalur mudik menghindari Jembatan Comal.
ProKontra Index »

Polisi akan Razia dan Bubarkan Sahur on The Road

Dari hari ke hari, Sahur on The Road (SOTR) alias sahur keliling yang awalnya niatnya baik, membagi-bagikan sahur ke warga tidak mampu, kini melenceng semakin meresahkan, melakukan vandalisme hingga pembacokan. Terakhir Senin (21/7) dini hari, beberapa korban pembacokan kelompok SOTR berjatuhan. Polda Metro Jaya akan merazia, membubarkan hingga menindak kelompok SOTR yang melakukan tindak pidana. Bila Anda setuju dengan tindakan Polda Metro Jaya, pilih Pro!
Pro
69%
Kontra
31%