Detik.com News
Detik.com
Rabu, 09/01/2013 18:54 WIB

Asteroid Apophis Sempat Diprediksi Menghantam Bumi Pada 2036

Nala Edwin - detikNews
Jakarta - Asteroid Apophis 99942 akan mencapai jarak terdekatnya dengan bumi pada pukul 07.00 WIB, Kamis (10/1). Di dunia astronomi, asteroid ini cukup populer karena sempat diprediksi akan menghantam Bumi pada April 2036.

"Sebab itulah peristiwa mendekatnya asteroid ini penting untuk memprediksi listasan asteroid tersebut pada 2036," kata Profesor Riset Astronomi Astrofisika Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Thomas Djamaluddin, kepada detikcom, Rabu (9/1/2012).

Thomas mengatakan, awalnya asteroid itu disebut akan menghantam Bumi pada April 2036. Namun setelah perhitungan lebih lanjut, prediksi itu gugur. Teori yang dianut sekarang adalah asteroid ini akan mendekati Bumi pada April 2036 dengan jarak terdekat 30 ribu kilometer. Jarak ini jauh lebih dekat dibandingkan jarak Bumi dengan satelit komunikasi.

Thomas mengatakan, ukuran asteroid ini adalah sekitar 250 meter, atau sekitar tiga kali lapangan bola. Jika menghantam Bumi, asteroid ini akan menyebabkan kerusakan yang sangat fatal.

"Sebagai perbandingan asteroid yang menghantam Bumi dan diduga memusnahkan dinosaurus hanya memiliki ukuran 100 meter," katanya.

Jarak terdekat antara asteroid Apophis 99942 dengan Bumi adalah 14,5 juta kilometer dan akan terjadi pada pukul 07.00 WIB besok. Jarak ini lebih jauh dibanding dengan jarak Bumi dan Bulan yang mencapai 384 ribu kilometer, sehingga aman bagi makhluk Bumi.


Ikuti berbagai berita menarik hari ini di program "Reportase Sore" TRANS TV Senin sampai Jumat pukul 16.45 WIB

(nal/nrl)


Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Senin, 23/02/2015 10:27 WIB
    Komjen Badrodin: Penertiban Internal agar Tak Terjangkit Hedonis-Konsumtif
    Komjen Badrodin: Penertiban Internal agar Tak Terjangkit Hedonis-Konsumtif Wakil Kapolri Komjen Badrodin Haiti diusulkan Presiden Jokowi menjadi calon Kapolri. Komjen Badrodin mengakui masih banyak perbaikan yang perlu dilakukan di jajaran Polri. Dia juga dengan besar hati mengakui masih banyak penyimpangan yang perlu ditertibkan. Apa saja?
ProKontra Index »

MA Harus Turun Tangan Setop 'Sarpin Effect'!

Putusan hakim PN Jaksel Sarpin Rizaldi yang memperbolehkan status tersangka jadi materi gugatan praperadilan berpotensi menimbulkan kekacauan hukum di Indonesia. "MA harus menyetop. Segera batalkan putusan Sarpin. Kalau tidak, semua tersangka akan melakukan hal yang sama," jelas FH Unsoed Purwokerto, Prof Dr Hibnu Nugroho. Bila Anda setuju dengan Prof Hibnu, pilih Pro!
Pro
94%
Kontra
6%