Detik.com News
Detik.com

Rabu, 09/01/2013 18:54 WIB

Asteroid Apophis Sempat Diprediksi Menghantam Bumi Pada 2036

Nala Edwin - detikNews
Jakarta - Asteroid Apophis 99942 akan mencapai jarak terdekatnya dengan bumi pada pukul 07.00 WIB, Kamis (10/1). Di dunia astronomi, asteroid ini cukup populer karena sempat diprediksi akan menghantam Bumi pada April 2036.

"Sebab itulah peristiwa mendekatnya asteroid ini penting untuk memprediksi listasan asteroid tersebut pada 2036," kata Profesor Riset Astronomi Astrofisika Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Thomas Djamaluddin, kepada detikcom, Rabu (9/1/2012).

Thomas mengatakan, awalnya asteroid itu disebut akan menghantam Bumi pada April 2036. Namun setelah perhitungan lebih lanjut, prediksi itu gugur. Teori yang dianut sekarang adalah asteroid ini akan mendekati Bumi pada April 2036 dengan jarak terdekat 30 ribu kilometer. Jarak ini jauh lebih dekat dibandingkan jarak Bumi dengan satelit komunikasi.

Thomas mengatakan, ukuran asteroid ini adalah sekitar 250 meter, atau sekitar tiga kali lapangan bola. Jika menghantam Bumi, asteroid ini akan menyebabkan kerusakan yang sangat fatal.

"Sebagai perbandingan asteroid yang menghantam Bumi dan diduga memusnahkan dinosaurus hanya memiliki ukuran 100 meter," katanya.

Jarak terdekat antara asteroid Apophis 99942 dengan Bumi adalah 14,5 juta kilometer dan akan terjadi pada pukul 07.00 WIB besok. Jarak ini lebih jauh dibanding dengan jarak Bumi dan Bulan yang mencapai 384 ribu kilometer, sehingga aman bagi makhluk Bumi.


Mulai hari anda dengan informasi aneka peristiwa penting dan menarik di "Reportase Pagi" pukul 04.00 - 05.30 WIB hanya di Trans TV

(nal/nrl)


Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Jumat, 17/04/2015 20:40 WIB
    Wawancara
    Luhut Panjaitan: Persiapan KAA Super Singkat
    Luhut Panjaitan: Persiapan KAA Super Singkat Kepala Staf Kepresidenan Jenderal (Purn) Luhut Binsar Panjaitan ditunjuk sebagai penanggung jawab peringatan 60 tahun KAA. Hanya tersedia waktu kurang lebih 6 minggu bagi panitia untuk mengadakan persiapan.
ProKontra Index »

Cegah Prostitusi, Pengelola Apartemen di Jakarta Harus Laporkan Penghuninya

Polisi membongkar praktik prostitusi di apartemen yang berawal dari pemesanan melalui forum di internet. Untuk mengantisipasi hal itu, Wagub DKI Djarot Saiful Hidayat meminta para pengelola apartemen harus memberikan data-data penghuninya. Bila Anda setuju dengan Wagub Djarot, pilih Pro!
Pro
67%
Kontra
33%