detikcom
Rabu, 09/01/2013 11:29 WIB

Siap-siap! Tren Hujan Pagi Hari Berlanjut 3 Hari Mendatang

Niken Widya Yunita - detikNews
Jakarta - Hujan di pagi hari mengiringi kegiatan warga Jakarta di hari Rabu ini. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi hujan di pagi hari masih terus berlanjut hingga 3 hari ke depan.

"Kita prediksi hujan di pagi hari dalam 3 hari ke depan. Kemudian berhenti, namun siang dan sore hari bisa potensial hujan," ujar Mulyono Prabowo, Kepala Pusat Meteorologi Publik (BMKG) ketika dihubungi detikcom, Rabu (9/1/2013).

Mulyono menjelaskan, hujan turun karena November 2012-Maret 2013 sudah masuk musim hujan. Curah hujan juga dipengaruhi situasi di sebelah sebelah selatan Lombok dan sebelah barat Australia yang terdapat siklon tropis Narelle (puting beliung dengan skala yang lebih besar) yang baru terjadi pada Selasa (8/1/2013) sore. Akibatnya, di sebelah selatan Indonesia pada umumnya akan mengalami angin yang cukup kuat dari Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali hingga Nusa Tenggara Timur. Hal ini menyebabkan gelombang di sebelah selatan Indonesia mencapai 3-4 meter.

"Mau nggak mau nelayan tidak bisa melaut," kata Mulyono.

Efek dari siklon tropis Narelle dari belahan bumi utara akan membuat pertemuan arus angin kurang lebih di Sumsel, Laut Jawa hingga ke Timur (NTT) dan aliran udara mengumpul di jalur itu. Karena mengumpul, pertumbuhan awan kuat dan otomatis curah hujan yang turun cukup tinggi.

"Kondisi ini bukan di Jabodetabek saja tapi terjadi di Sumsel, Sulsel, Sulteng bahkan Papua," ucapnya.

Mulyono menuturkan, intensitas hujan kecenderungannya sedang hingga lebat dalam 2-3 hari ke depan. Sementara potensial angin kuat menurun.

Mulyono memprediksi, puncak musim hujan 2012-2013 akan terjadi pada akhir Januari hingga awal Februari 2013. Intensitas hujan pada Januari ini 300-400 mm/jam, sedangkan di Februari yakni 400-500 mm/jam.

Sementara pada Maret hingga April musim peralihan hujan ke kemarau. Sedangkan musim kemarau diprediksi terjadi pada Mei-Juni mendatang.


Mulai hari anda dengan informasi aneka peristiwa penting dan menarik di "Reportase Pagi" pukul 04.00 - 05.30 WIB hanya di Trans TV

(nik/nrl)



Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Minggu, 14/09/2014 14:52 WIB
    Lulung: Yang Penting Pak Ahok Manis Bicara, Ai Dukung
    Gb Haji Lulung mengaku sudah tidak ada masalah dengan Ahok yang bersuara keras soal kebobrokan DPRD jika pilkada tidak dilakukan langsung. Dia mengingatkan Ahok berhati-hati bicara sehingga tidak ada yang tersinggung.
ProKontra Index »

16 Kursi Menteri dari Parpol di Kabinet Jokowi Terlalu Banyak

Presiden Terpilih Jokowi telah mengumumkan postur kabinetnya. Jokowi memberi jatah 16 kursi untuk kader parpol. Menurut pengamat politik dari UIN Syarif Hidayatullah Gun Gun Heryanto, 16 kursi untuk kader parpol ini dinilai terlalu besar, tak sesuai harapan publik. Awalnya publik mengira jatah menteri untuk parpol jauh lebih sedikit. Bila Anda setuju dengan Gun Gun Heryanto, pilih Pro!
Pro
34%
Kontra
66%