detikcom
Jumat, 14/12/2012 17:45 WIB

Waduk Muara Angke Jebol, 100 Bangunan Liar di Kali Adem Dibongkar

Prins David Saut - detikNews
Jakarta - 100 Bangunan liar yang terbuat dari kayu dan triplek di Kali Adem dan Kali Asin, Muara Angke, Penjaringan, Jakarta Utara, dibongkar petugas. Hal ini berkaitan dengan jebolnya tanggul penghubung Kali Adem dan Kali Asin pada Kamis (13/12) kemarin.

"100 Bangunan liar di sepanjang Kali Adem dan Kali Asin dibongkar karena normalisasi Kali Gendong yang mengarah ke Waduk Muara Angke," kata Wakil Camat Penjaringan, Martua Sitorus, saat dihubungi, Jumat (14/12/2012).

Pembongkaran ini melibatkan puluhan personel TNI yang dibantu petugas kepolisian dan Satpol PP. Martua menjelaskan tidak ada perlawanan dalam pembongkaran ini karena sudah dilakukan sosialisasi kepada pemilik bangunan.

"Tidak ada perlawanan, sebab sebelumnya kita telah sosialisasikan kepada mereka," kata Martua.

Alasan lain, pembongkaran karena sepanjang satu kilometer aliran kali digunakan warga untuk berjualan dan tempat tinggal. Hal ini berdampak pada tumpukan sampah yang berada di sepanjang kali menuju laut tersebut.

"Di kawasan itu satu kilometer ke arah laut, digunakan sebagai tempat jualan, menyimpan peralatan melaut dan tempat tinggal warga. Jadi sering meluap, lihat saja sampahnya, memang seharusnya tidak ada bangunan sepanjang kali," ujar Martua.

Martua juga mengingatkan bahaya yang mengancam jika tanggul digunakan sebagai pondasi bangunan. "Bebannya kan bisa bertambah berat, jadi bahaya jika tanggul kali dipakai tempat tinggal," ujarnya.

Sebelumnya pada hari Kamis (13/12) pukul 09.00 WIB, tanggul penghubung Kali Adem dan Kali Asin jebol karena debit air yang tinggi dan tekanan arus di bawah. Tanggul dengan panjang 5 meter dan kedalaman 10 meter tersebut tidak mampu menahan derasnya arus, dan membuat sebuah rumah milik warga yang berdiri di atas tanggul turut hanyut.

Dampak tanggul tersebut juga membanjiri 500 rumah warga di 23 RT dari RW 01 dan RW 11 Muara Angke, Penjaringan, Jakarta Utara. Ketinggian air mulai dari 30 centimeter sampai 1 meter sebelum surut.


Akhiri hari anda dengan menyimak beragam informasi penting dan menarik sepanjang hari ini, di "Reportase Malam" pukul 01.30 WIB, hanya di Trans TV

(vid/nal)



Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Senin, 21/07/2014 12:41 WIB
    Wamenhub: Jembatan Comal Bikin Jalur Darat Lebih Kompleks, Ada 3 Alternatif
    Gb Jembatan Comal, Pemalang, Jateng, yang ambles pada Jumat (18/7) malam lalu membuat mudik via jalur darat lebih kompleks. Memang Kementerian PU mengebut pengerjaan jembatan itu. Namun di satu sisi harus menunggu kelayakannya. Ada 3 alternatif jalur mudik menghindari Jembatan Comal.
ProKontra Index »

Polisi akan Razia dan Bubarkan Sahur on The Road

Dari hari ke hari, Sahur on The Road (SOTR) alias sahur keliling yang awalnya niatnya baik, membagi-bagikan sahur ke warga tidak mampu, kini melenceng semakin meresahkan, melakukan vandalisme hingga pembacokan. Terakhir Senin (21/7) dini hari, beberapa korban pembacokan kelompok SOTR berjatuhan. Polda Metro Jaya akan merazia, membubarkan hingga menindak kelompok SOTR yang melakukan tindak pidana. Bila Anda setuju dengan tindakan Polda Metro Jaya, pilih Pro!
Pro
73%
Kontra
27%