detikcom
Selasa, 04/12/2012 10:22 WIB

Jejak Politik Aceng 'Nikah 4 Hari'

Kilas Balik Aceng Fikri Menuju Kursi Bupati Garut

Elvan Dany Sutrisno - detikNews
Halaman 1 dari 3
Jakarta - Bupati Garut Aceng HM Fikri (40) yang menikah 4 hari dengan Fany Octora (18) didesak mundur oleh masyarakat Garut. Sebenarnya seperti apa perjalanan karir Aceng sebelum akhirnya sukses terpilih menjadi Bupati Garut sejak tahun 2009 lalu?

"Sebelum terpilih menjadi Bupati Garut, Pak Aceng adalah orang yang sangat sederhana, ramah, dan sopan. Makanya saya mau maju bersama-sama melalui jalur independen," kisah mantan Wakil Bupati Garut, Diky Candra, kepada detikcom, Selasa (4/12/2012).

Sejak saat itu, keduanya mengumpulkan dukungan KTP masyarakat untuk maju sebagai pasangan bupati dan wakil bupati Garut dari jalur independen. Keduanya sukses mengantongi 74.810 KTP pendukung. Selain pasangan Aceng HM Fikri-Diky Candra, masih ada dua calon independen lain di di Pilbup Garut yakni Abdul Halim-Nandang Suhendra dan Sali Iskandar-Asep Kurnia Hamdani.

Ketiganya harus berjuang keras menghadapi 4 pasangan bupati-wakil bupati Garut yang diusung gabungan parpol yakni: Haruman-Ali Rohman (PKB,PD,PBR,Pelopor),Rudi Gunawan-Oim Abdurohim (Golkar, PDIP), Aceng Wahdan Bakri-Helmi Budiman (PPP,PKS), dan Sjamsu S Djayusman-Hudan M Usaffudin (PAN,PKB,PKPB,Patriot Pancasila,PNBK,PPDK).

Hasil akhir rapat pleno KPUD Garut pada 31 Oktber 2008 menempatkan pasangan Rudi Gunawan dan Oim (Pasangan No.2) sebagai pemenang dengan perolehan 237.454 (23,6%) suara. Sementara pasangan Aceng Fikri dan Diky Candra (Pasangan No.3) menjadi runner up dengan perolehan 206.150 (20,5%) suara. Pemilihan Bupati Garut pun dilanjutkan ke putaran ke dua.

Pada akhir Desember 2008, KPUD Garut mengumumkan pasangan Aceng-Diky Candra sebagai Bupati dan Wakil Bupati Garut terpilih dengan perolehan 535.289 (56 persen). Sedangkan lawannya Rudi Gunawan-Oim Abdurohim yang diusung Partai Golkar dan PDIP hanya mampu meraih suara sebanyak 423.263 atau 44,2 persen.

Pasangan Aceng-Diky kemudian dilantik pada tanggal 23 Januari 2009. Keduanya memimpin Garut bersama-sama sebagai calon independen. Sampai kemudian Aceng melakukan manver politik ke Partai Golkar.Next

Halaman 1 2 3

Ikuti berbagai berita menarik hari ini di program "Reportase" TRANS TV yang tayang Senin sampai Jumat pukul 16.45 WIB

(van/nrl)



Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
ProKontra Index »

Pilkada via DPRD Potensi Korupsinya Lebih Tinggi!

DPR hari ini akan mengesahkan RUU Pilkada yang salah satunya akan menentukan apakah pemilihan kepala daerah akan tetap dilakukan secara langsung atau dikembalikan ke DPRD. KPK berpandangan, Pilkada lewat DPRD justru potensi korupsinya lebih tinggi. Bila Anda setuju dengan KPK, pilih Pro!
Pro
58%
Kontra
42%