detikcom

Jumat, 30/11/2012 09:14 WIB

Yel-yel Suporter Malaysia Hina Indonesia di Youtube Bikin Heboh

Indra Subagja - detikNews
youtube
Jakarta - Sejak semalam, lewat pesan BlackBerry Messenger (BBM) beredar cepat soal tayangan youtube yang menayangkan yel-yel suporter Malaysia yang bikin geram. Dalam tayangan itu jelas sekali terdengar hinaan kepada Indonesia dan kata-kata kasar tentang Garuda. Waduh!

Setidaknya ada dua video yang menayangkan kata-kata kasar ini. Video pertama diupload oleh mansmakin pada 25 November 2011. Hingga Jumat (30/11/2012) video itu dilihat sebanyak 146.008 kali.

Di dalam keterangannya, disebutkan bahwa lagu ini dinyanyikan oleh suporter Malaysia sewaktu tim Malaysia vs Suriah di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur. Mereka menyanyikan dengan semangat, berjoget dan bertepuk tangan.

Video serupa dinaikkan pada 29 November 2012 by nstari anto. Video ini agak kabur, namun diduga persis dengan video yang diupload pada 25 November 2011. Video ini dilihat 6.647 kali.

Nah memang menjadi pertanyaan, mengapa saat melawan Suriah justru suporter ultras Malaysia mengata-ngatai Indonesia? Apakah benar video itu asli? Bila dilihat secara sepintas, patut diduga asli, karena ucapan bibir dan kata-katanya pas mengata-ngatai Indonesia.

Tayangan youtube ini sudah ramai sejak Kamis (29/11) malam. Pagi ini pun semakin menyebar. Apalagi pada Sabtu (1/12) akan digelar pertandingan Indonesia Vs Malaysia di pertandingan Piala AFF. Bisa saja, ada yang sengaja menyebarkan tayangan ini untuk memanaskan situasi.

Tapi, tetap saja yel-yel dengan latar suporter Malaysia itu bikin panas masyarakat Indonesia. Semoga saja pemerintah kedua negara segera mengambil tindakan. Jangan sampai karena urusan ini, kedua negara menjadi rusak karena ulah orang yang tidak bertanggung jawab.


Banjir mengepung Ibukota Jakarta. Saksikan di program "Reportase Sore" TRANS TV Senin sampai Jumat pukul 16.45 WIB

(ndr/nrl)


Setelah eksekusi 6 terpidana mati narkoba, dua negara menarik duta besarnya. Bagaimana perkembangan terkini? Simak di sini.


Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
ProKontra Index »

Jika Presiden Jokowi Berhentikan BW, BG Juga Harus Dinonaktifkan

Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto (BW) mengajukan berhenti sementara karena menjadi tersangka di Polri. Menurut peneliti ICW, Donal Fariz, bila Presiden nanti menerima pengunduran diri BW, maka Presiden juga harus menonaktifkan Komjen Budi Gunawan (BG) sebagai calon Kapolri. Apalagi kasus yang menjerat Komjen BG lebih krusial, yakni korupsi dibanding kasus yang menjerat BW, pidana biasa. Bila Anda setuju dengan Donal Fariz, pilih Pro!
Pro
0%
Kontra
100%