Detik.com News
Detik.com
Senin, 26/11/2012 14:31 WIB

6 Penemuan Arkeologi Spektakuler di Tahun 2012

Nograhany Widhi K - detikNews
Index Artikel Ini  Klik "Next" untuk membaca artikel selanjutnya « Prev 7 dari 7 Berita Lainnya »
6 Penemuan Arkeologi Spektakuler di Tahun 2012 - 7 (dok AFP)
6. Makam Ratu Suku Maya

Para arkeolog di Guatemala menemukan makam ratu Suku Maya, satu paket dengan perhiasan batu giok dan beberapa artefak lain, seperti dilansir Reuters, 3 Oktober 2012 lalu.

Arkeolog gabungan dari Guatemala dan AS ini menemukan makam Ratu Kalomt'e K'abel yang diperkirakan hidup pada Abad ke-7, di lokasi penggalian Peru-Waka, utara Guatemala. Selain batu giok, ditemukan pula vas yang bergambar wajah perempuan dan tulisan yang merupakan nama ratu.

"Untuk menemukan sesuatu yang penting di sini itu sangat tidak biasa. Dia adalah ratu perang di kerajaannya," kata arkeolog David Freidel.

Ratu K'abel adalah istri dari Raja Wak K'inich Bahlam II yang memerintah pada tahun 692.

Para sejarawan percaya bahwa Raja K'abel memerintah komunitas Maya, Calakmul yang sering berperang dengan kerajaan Tikal yang dipimpin Raja 'El Zotz' tepat di sebelah selatan perbatasan Meksiko masa kini.

(nwk/nrl)


Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Senin, 23/02/2015 10:27 WIB
    Komjen Badrodin: Penertiban Internal agar Tak Terjangkit Hedonis-Konsumtif
    Komjen Badrodin: Penertiban Internal agar Tak Terjangkit Hedonis-Konsumtif Wakil Kapolri Komjen Badrodin Haiti diusulkan Presiden Jokowi menjadi calon Kapolri. Komjen Badrodin mengakui masih banyak perbaikan yang perlu dilakukan di jajaran Polri. Dia juga dengan besar hati mengakui masih banyak penyimpangan yang perlu ditertibkan. Apa saja?
ProKontra Index »

MA Harus Turun Tangan Setop 'Sarpin Effect'!

Putusan hakim PN Jaksel Sarpin Rizaldi yang memperbolehkan status tersangka jadi materi gugatan praperadilan berpotensi menimbulkan kekacauan hukum di Indonesia. "MA harus menyetop. Segera batalkan putusan Sarpin. Kalau tidak, semua tersangka akan melakukan hal yang sama," jelas FH Unsoed Purwokerto, Prof Dr Hibnu Nugroho. Bila Anda setuju dengan Prof Hibnu, pilih Pro!
Pro
93%
Kontra
7%