detikcom
Senin, 26/11/2012 14:31 WIB

6 Penemuan Arkeologi Spektakuler di Tahun 2012

Nograhany Widhi K - detikNews
Index Artikel Ini  Klik "Next" untuk membaca artikel selanjutnya « Prev 7 dari 7 Berita Lainnya »
(dok AFP)
6. Makam Ratu Suku Maya

Para arkeolog di Guatemala menemukan makam ratu Suku Maya, satu paket dengan perhiasan batu giok dan beberapa artefak lain, seperti dilansir Reuters, 3 Oktober 2012 lalu.

Arkeolog gabungan dari Guatemala dan AS ini menemukan makam Ratu Kalomt'e K'abel yang diperkirakan hidup pada Abad ke-7, di lokasi penggalian Peru-Waka, utara Guatemala. Selain batu giok, ditemukan pula vas yang bergambar wajah perempuan dan tulisan yang merupakan nama ratu.

"Untuk menemukan sesuatu yang penting di sini itu sangat tidak biasa. Dia adalah ratu perang di kerajaannya," kata arkeolog David Freidel.

Ratu K'abel adalah istri dari Raja Wak K'inich Bahlam II yang memerintah pada tahun 692.

Para sejarawan percaya bahwa Raja K'abel memerintah komunitas Maya, Calakmul yang sering berperang dengan kerajaan Tikal yang dipimpin Raja 'El Zotz' tepat di sebelah selatan perbatasan Meksiko masa kini.

(nwk/nrl)


Setelah eksekusi 6 terpidana mati narkoba, dua negara menarik duta besarnya. Bagaimana perkembangan terkini? Simak di sini.


Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Selasa, 27/01/2015 16:57 WIB
    Menteri Yohana Yembise: Kekerasan Anak Akibat Nikah Muda
    Gb Bagi Yohana Susana Yembise, jabatan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak adalah kepercayaan sekaligus menjadi simbol perjuangan atas dominasi adat di Papua, yang umumnya didominasi laki-laki. Yohana juga mengkhawatirkan tingkat kekerasan anak yang makin memprihatinkan.
ProKontra Index »

Jika Presiden Jokowi Berhentikan BW, BG Juga Harus Dinonaktifkan

Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto (BW) mengajukan berhenti sementara karena menjadi tersangka di Polri. Menurut peneliti ICW, Donal Fariz, bila Presiden nanti menerima pengunduran diri BW, maka Presiden juga harus menonaktifkan Komjen Budi Gunawan (BG) sebagai calon Kapolri. Apalagi kasus yang menjerat Komjen BG lebih krusial, yakni korupsi dibanding kasus yang menjerat BW, pidana biasa. Bila Anda setuju dengan Donal Fariz, pilih Pro!
Pro
70%
Kontra
30%