Detik.com News
Detik.com

Senin, 26/11/2012 14:31 WIB

6 Penemuan Arkeologi Spektakuler di Tahun 2012

Nograhany Widhi K - detikNews
Index Artikel Ini  Klik "Next" untuk membaca artikel selanjutnya « Prev 2 dari 7 Next »
6 Penemuan Arkeologi Spektakuler di Tahun 2012 - 2 dok Daily Mail
1. Rumah Tertua di Inggris Berusia 10 Ribu Tahun

Pada pekan lalu ditemukan rumah tertua di Inggris berusia 10 ribu tahun. Situs itu digali di dekat Edinburg, dekat jembatan Forth. Puing-puing rumah itu diperkirakan ada sejak tahun 8240 SM, tepatnya pada masa Mesolitikum. Demikian dilansir Daily Mail pada Selasa, 20 November 2012.

Para arkeolog menemukan pondasi untuk menyangga dinding dan atap, juga sisa-sisa perapian. Dari bentuk rumahnya para arkeolog memperkirakan manusia Inggris pada zaman itu masih mengumpulkan makanan dengan berburu, terbukti dari tulang-tulang berserakan di sekitarnya. Tulang-tulang itu diperkirakan adalah burung, ikan, babi hutan dan rusa. Ditemukan juga sisa-sisa kulit kacang hazelnut.

Manusia ini adalah penduduk pertama yang menghuni daratan Skotlandia setelah zaman es. Arkeolog juga menemukan sekitar 1.000 peralatan zaman batu, seperti peralatan berburu, menguliti dan memasak.

"Penemuan ini belum pernah diketahui sebelumnya, dan merupakan tipe situs yang langka dengan kesempatan yang unik untuk mengembangkan pengertian kita terhadap manusia prasejarah di sepanjang wilayah Forth," kata Ed Bailey, manajer proyek dari Headland Archaeology yang memimpin proyek ini.



Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Jumat, 17/04/2015 20:40 WIB
    Wawancara
    Luhut Panjaitan: Persiapan KAA Super Singkat
    Luhut Panjaitan: Persiapan KAA Super Singkat Kepala Staf Kepresidenan Jenderal (Purn) Luhut Binsar Panjaitan ditunjuk sebagai penanggung jawab peringatan 60 tahun KAA. Hanya tersedia waktu kurang lebih 6 minggu bagi panitia untuk mengadakan persiapan.
ProKontra Index »

Jokowi Presiden Pilihan Rakyat, Bukan Presiden Partai!

Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri mengungkap hukum demokrasilah yang mengatur presiden dan wapres ikut garis politik partai. Namun pengamat politik Universitas Paramadina Hendri Satrio membantah pernyataan Mega, karena presiden adalah pilihan rakyat, bukan presiden partai. Bila Anda setuju dengan pendapat Hendri Satrio, pilih Pro!
Pro
94%
Kontra
6%