detikcom
Senin, 26/11/2012 14:31 WIB

6 Penemuan Arkeologi Spektakuler di Tahun 2012

Nograhany Widhi K - detikNews
Index Artikel Ini  Klik "Next" untuk membaca artikel selanjutnya « Prev 2 dari 7 Next »
dok Daily Mail
1. Rumah Tertua di Inggris Berusia 10 Ribu Tahun

Pada pekan lalu ditemukan rumah tertua di Inggris berusia 10 ribu tahun. Situs itu digali di dekat Edinburg, dekat jembatan Forth. Puing-puing rumah itu diperkirakan ada sejak tahun 8240 SM, tepatnya pada masa Mesolitikum. Demikian dilansir Daily Mail pada Selasa, 20 November 2012.

Para arkeolog menemukan pondasi untuk menyangga dinding dan atap, juga sisa-sisa perapian. Dari bentuk rumahnya para arkeolog memperkirakan manusia Inggris pada zaman itu masih mengumpulkan makanan dengan berburu, terbukti dari tulang-tulang berserakan di sekitarnya. Tulang-tulang itu diperkirakan adalah burung, ikan, babi hutan dan rusa. Ditemukan juga sisa-sisa kulit kacang hazelnut.

Manusia ini adalah penduduk pertama yang menghuni daratan Skotlandia setelah zaman es. Arkeolog juga menemukan sekitar 1.000 peralatan zaman batu, seperti peralatan berburu, menguliti dan memasak.

"Penemuan ini belum pernah diketahui sebelumnya, dan merupakan tipe situs yang langka dengan kesempatan yang unik untuk mengembangkan pengertian kita terhadap manusia prasejarah di sepanjang wilayah Forth," kata Ed Bailey, manajer proyek dari Headland Archaeology yang memimpin proyek ini.



Setelah eksekusi 6 terpidana mati narkoba, dua negara menarik duta besarnya. Bagaimana perkembangan terkini? Simak di sini.


Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Selasa, 27/01/2015 16:57 WIB
    Menteri Yohana Yembise: Kekerasan Anak Akibat Nikah Muda
    Gb Bagi Yohana Susana Yembise, jabatan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak adalah kepercayaan sekaligus menjadi simbol perjuangan atas dominasi adat di Papua, yang umumnya didominasi laki-laki. Yohana juga mengkhawatirkan tingkat kekerasan anak yang makin memprihatinkan.
ProKontra Index »

Jika Presiden Jokowi Berhentikan BW, BG Juga Harus Dinonaktifkan

Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto (BW) mengajukan berhenti sementara karena menjadi tersangka di Polri. Menurut peneliti ICW, Donal Fariz, bila Presiden nanti menerima pengunduran diri BW, maka Presiden juga harus menonaktifkan Komjen Budi Gunawan (BG) sebagai calon Kapolri. Apalagi kasus yang menjerat Komjen BG lebih krusial, yakni korupsi dibanding kasus yang menjerat BW, pidana biasa. Bila Anda setuju dengan Donal Fariz, pilih Pro!
Pro
68%
Kontra
32%
MustRead close