detikcom
Senin, 26/11/2012 14:31 WIB

6 Penemuan Arkeologi Spektakuler di Tahun 2012

Nograhany Widhi K - detikNews
Index Artikel Ini  Klik "Next" untuk membaca artikel selanjutnya « Prev 2 dari 7 Next »
dok Daily Mail
1. Rumah Tertua di Inggris Berusia 10 Ribu Tahun

Pada pekan lalu ditemukan rumah tertua di Inggris berusia 10 ribu tahun. Situs itu digali di dekat Edinburg, dekat jembatan Forth. Puing-puing rumah itu diperkirakan ada sejak tahun 8240 SM, tepatnya pada masa Mesolitikum. Demikian dilansir Daily Mail pada Selasa, 20 November 2012.

Para arkeolog menemukan pondasi untuk menyangga dinding dan atap, juga sisa-sisa perapian. Dari bentuk rumahnya para arkeolog memperkirakan manusia Inggris pada zaman itu masih mengumpulkan makanan dengan berburu, terbukti dari tulang-tulang berserakan di sekitarnya. Tulang-tulang itu diperkirakan adalah burung, ikan, babi hutan dan rusa. Ditemukan juga sisa-sisa kulit kacang hazelnut.

Manusia ini adalah penduduk pertama yang menghuni daratan Skotlandia setelah zaman es. Arkeolog juga menemukan sekitar 1.000 peralatan zaman batu, seperti peralatan berburu, menguliti dan memasak.

"Penemuan ini belum pernah diketahui sebelumnya, dan merupakan tipe situs yang langka dengan kesempatan yang unik untuk mengembangkan pengertian kita terhadap manusia prasejarah di sepanjang wilayah Forth," kata Ed Bailey, manajer proyek dari Headland Archaeology yang memimpin proyek ini.




Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Senin, 21/07/2014 12:41 WIB
    Wamenhub: Jembatan Comal Bikin Jalur Darat Lebih Kompleks, Ada 3 Alternatif
    Gb Jembatan Comal, Pemalang, Jateng, yang ambles pada Jumat (18/7) malam lalu membuat mudik via jalur darat lebih kompleks. Memang Kementerian PU mengebut pengerjaan jembatan itu. Namun di satu sisi harus menunggu kelayakannya. Ada 3 alternatif jalur mudik menghindari Jembatan Comal.
ProKontra Index »

Polisi akan Razia dan Bubarkan Sahur on The Road

Dari hari ke hari, Sahur on The Road (SOTR) alias sahur keliling yang awalnya niatnya baik, membagi-bagikan sahur ke warga tidak mampu, kini melenceng semakin meresahkan, melakukan vandalisme hingga pembacokan. Terakhir Senin (21/7) dini hari, beberapa korban pembacokan kelompok SOTR berjatuhan. Polda Metro Jaya akan merazia, membubarkan hingga menindak kelompok SOTR yang melakukan tindak pidana. Bila Anda setuju dengan tindakan Polda Metro Jaya, pilih Pro!
Pro
74%
Kontra
26%