detikcom
Selasa, 30/10/2012 09:10 WIB

Manhattan Dilanda Banjir Akibat Topan Sandy

Novi Christiastuti Adiputri - detikNews
Ilustrasi (NY Daily News)
New York, - Topan Sandy memicu banjir di wilayah Manhattan, New York, Amerika Serikat yang padat penduduk. Kondisi ini semakin memprihatinkan karena aliran listrik bagi sebagian besar wilayah New York City terputus.

Akibat topan Sandy yang diwarnai angin kencang berkecepatan 130 km per jam dan hujan deras ini, East River dan Hudson River yang ada di wilayah tersebut meluap. Bahkan dilaporkan hingga membanjiri jalur kereta bawah tanah dan terowongan-terowongan.

Air laut setinggi beberapa kaki menggenangi wilayah Battery Park yang berada di kawasan Lower Manhattan. Ketinggian air ini diperkirakan masih akan terus naik mengingat hujan deras yang terus mengguyur.

"Lower Manhattan digenangi air laut. Saya tidak mengada-ada. Air laut bahkan masuk ke dalam Battery Tunnel," ujar Direktur Operasional Pemerintahan Negara Bagian New York, Howard Glaser, seperti dilansir AFP, Selasa (30/10/2012).

Battery Tunnel merupakan terowongan yang menghubungkan wilayah selatan Manhattan yang dipenuhi bangunan pusat keuangan New York dengan wilayah Long Island yang dekat dengan East River.

Banjir yang melanda Manhattan ini cukup parah, karena dilaporkan sejumlah mobil mengapung di jalanan Manhattan. Bahkan ada sebuah bangunan berlantai 6 yang rusak bagian depannya karena terjangan topan Sandy.

Sejauh ini, dilaporkan seorang pria berusia 30 tahun tewas di New York. Pria yang tidak disebutkan namanya ini tewas tertimpa pohon tumbang yang menghantam rumahnya.



Mulai hari anda dengan informasi aneka peristiwa penting dan menarik di "Reportase Pagi" pukul 04.00 - 05.30 WIB hanya di Trans TV

(nvc/ita)


Setelah eksekusi 6 terpidana mati narkoba, dua negara menarik duta besarnya. Bagaimana perkembangan terkini? Simak di sini.


Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Selasa, 27/01/2015 16:57 WIB
    Menteri Yohana Yembise: Kekerasan Anak Akibat Nikah Muda
    Gb Bagi Yohana Susana Yembise, jabatan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak adalah kepercayaan sekaligus menjadi simbol perjuangan atas dominasi adat di Papua, yang umumnya didominasi laki-laki. Yohana juga mengkhawatirkan tingkat kekerasan anak yang makin memprihatinkan.
ProKontra Index »

Jika Presiden Jokowi Berhentikan BW, BG Juga Harus Dinonaktifkan

Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto (BW) mengajukan berhenti sementara karena menjadi tersangka di Polri. Menurut peneliti ICW, Donal Fariz, bila Presiden nanti menerima pengunduran diri BW, maka Presiden juga harus menonaktifkan Komjen Budi Gunawan (BG) sebagai calon Kapolri. Apalagi kasus yang menjerat Komjen BG lebih krusial, yakni korupsi dibanding kasus yang menjerat BW, pidana biasa. Bila Anda setuju dengan Donal Fariz, pilih Pro!
Pro
70%
Kontra
30%