detikcom

Kamis, 11/10/2012 18:46 WIB

1.096 Pemuda Ikuti Jambore Peringatan Hari Sumpah Pemuda

Nur Khafifah - detikNews
Jakarta - 1.096 Pemuda Indonesia dan negara tetangga di Asia Tenggara akan turut serta dalam memperingati Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2012. Para pemuda tersebut akan mengikuti Jambore Pemuda Indonesia (JPI).

"Total peserta 1.096 orang dengan usia antara 18 sampai 25 tahun. Terdiri dari utusan pemuda hasil seleksi 33 provinsi di Indonesia, unsur etnis, dan perwakilan ASEAN," kata Deputi Pemberdayaan Pemuda Kementerian Pemuda dan Olahraga, Alfitra Salam, di Gedung Kementerian Pemuda dan Olahraga, Jalan Gerbang Pemuda No 3, Senayan, Jakarta Selatan, Kamis (11/10/2012).

Jambore ini bertema 'Dengan Sumpah Pemuda Kita Mantapkan Kemandirian, Kreativitas, dan Kualitas Kebangsaan Menuju Komunitas ASEAN 2015' bertempat di Palu.

"Ada tiga poin dalam tema ini, pertama memantapkan kemandirian, kreativitas agar terjamin secara baik, dan komunitas ASEAN. Kita menginginkan daya saing kita naik dalam menghadapi komunitas ASEAN dua tahun lagi," ujar Alfitra.

Pelaksanaan acara ini juga untuk mempersiapkan daya saing dan kreativitas serta kemandirian pemuda Indonesia di wilayah Asia Tenggara. Acara-acara besar yang diselenggarakan Kemenpora pun selalu mengikutsertakan negara-negara tetangga.

"Waktu dua tahun saya kira cukup pendek atau bisa jadi cukup panjang.
Namun saya kira perlu konsep yang jelas untuk persiapan. Oleh karena itu kami mengundang seluruh negara ASEAN mengikuti jambore. Kalau ada event besar, kami akan mengajak pemuda-pemuda ASEAN untuk ikut bergabung melakukan rangkaian kegiatan," tutup Alfitra.


Akhiri hari anda dengan menyimak beragam informasi penting dan menarik sepanjang hari ini, di "Reportase Malam" pukul 01.30 WIB, hanya di Trans TV

(vid/nrl)


Setelah eksekusi 6 terpidana mati narkoba, dua negara menarik duta besarnya. Bagaimana perkembangan terkini? Simak di sini.


Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Selasa, 27/01/2015 16:57 WIB
    Menteri Yohana Yembise: Kekerasan Anak Akibat Nikah Muda
    Gb Bagi Yohana Susana Yembise, jabatan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak adalah kepercayaan sekaligus menjadi simbol perjuangan atas dominasi adat di Papua, yang umumnya didominasi laki-laki. Yohana juga mengkhawatirkan tingkat kekerasan anak yang makin memprihatinkan.
ProKontra Index »

Jika Presiden Jokowi Berhentikan BW, BG Juga Harus Dinonaktifkan

Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto (BW) mengajukan berhenti sementara karena menjadi tersangka di Polri. Menurut peneliti ICW, Donal Fariz, bila Presiden nanti menerima pengunduran diri BW, maka Presiden juga harus menonaktifkan Komjen Budi Gunawan (BG) sebagai calon Kapolri. Apalagi kasus yang menjerat Komjen BG lebih krusial, yakni korupsi dibanding kasus yang menjerat BW, pidana biasa. Bila Anda setuju dengan Donal Fariz, pilih Pro!
Pro
75%
Kontra
25%