Detik.com News
Detik.com

Rabu, 10/10/2012 17:41 WIB

Waspada! Jakarta Barat Wilayah Paling Rawan Banjir

Septiana Ledysia - detikNews
Halaman 1 dari 2
Waspada! Jakarta Barat Wilayah Paling Rawan Banjir Banjir (ilustrasi)
Jakarta - Sejumlah wilayah di Jakarta sudah mulai dilanda hujan. Hal ini menandakan musim hujan sudah tiba. Penduduk Jakarta pun disarankan untuk waspada banjir, terutama penduduk di kawasan Jakarta Barat.

Menurut pengamat tata kota dari Universitas Trisakti, Yayat Supriyatna, Jakarta Barat merupakan wilayah paling rawan banjir dibandikan dengan daerah lain di Jakarta. Jakarta Barat merupakan kawasan yang paling terancam dengan datangnya musim hujan.

"Kawasan ini sangat rentan karena tidak terlindungi Banjir Kanal Timur dan Banjir Kanal Barat," kata Yayat kepada wartawan, Rabu (10/10/2012).

Menurut Yayat, keberadaan dua kanal banjir di Jakarta tidak membuat Jakarta Barat aman dari banjir. Soalnya, dua kanal tersebut tidak memotong aliran lima sungai besar yang ada di wilayah yang berbatasan dengan Tangerang.

"Jadi tidak terlindungi karena sungai yang dipotong bukan kali-kali yang rawan di Jakarta Barat," ujar Yayat.

Yayat mengatakan ancaman banjir semakin besar dengan kenyataan bahwa pendangkalan sungai terjadi di sungai tersebut. Apalagi, sungai itu sudah tidak pernah dikeruk untuk menambah kedalaman sungai agar aliran air lebih lancar.

"Sudah bertahun-tahun lalu tidak pernah dikeruk lagi," ujarnya.Next

Halaman 1 2

Akhiri hari anda dengan menyimak beragam informasi penting dan menarik sepanjang hari ini, di "Reportase Malam" pukul 01.30 WIB, hanya di Trans TV

(spt/rmd)


Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Jumat, 17/04/2015 20:40 WIB
    Wawancara
    Luhut Panjaitan: Persiapan KAA Super Singkat
    Luhut Panjaitan: Persiapan KAA Super Singkat Kepala Staf Kepresidenan Jenderal (Purn) Luhut Binsar Panjaitan ditunjuk sebagai penanggung jawab peringatan 60 tahun KAA. Hanya tersedia waktu kurang lebih 6 minggu bagi panitia untuk mengadakan persiapan.
ProKontra Index »

Jokowi Presiden Pilihan Rakyat, Bukan Presiden Partai!

Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri mengungkap hukum demokrasilah yang mengatur presiden dan wapres ikut garis politik partai. Namun pengamat politik Universitas Paramadina Hendri Satrio membantah pernyataan Mega, karena presiden adalah pilihan rakyat, bukan presiden partai. Bila Anda setuju dengan pendapat Hendri Satrio, pilih Pro!
Pro
94%
Kontra
6%