detikcom

Rabu, 10/10/2012 17:41 WIB

Waspada! Jakarta Barat Wilayah Paling Rawan Banjir

Septiana Ledysia - detikNews
Halaman 1 dari 2
Banjir (ilustrasi)
Jakarta - Sejumlah wilayah di Jakarta sudah mulai dilanda hujan. Hal ini menandakan musim hujan sudah tiba. Penduduk Jakarta pun disarankan untuk waspada banjir, terutama penduduk di kawasan Jakarta Barat.

Menurut pengamat tata kota dari Universitas Trisakti, Yayat Supriyatna, Jakarta Barat merupakan wilayah paling rawan banjir dibandikan dengan daerah lain di Jakarta. Jakarta Barat merupakan kawasan yang paling terancam dengan datangnya musim hujan.

"Kawasan ini sangat rentan karena tidak terlindungi Banjir Kanal Timur dan Banjir Kanal Barat," kata Yayat kepada wartawan, Rabu (10/10/2012).

Menurut Yayat, keberadaan dua kanal banjir di Jakarta tidak membuat Jakarta Barat aman dari banjir. Soalnya, dua kanal tersebut tidak memotong aliran lima sungai besar yang ada di wilayah yang berbatasan dengan Tangerang.

"Jadi tidak terlindungi karena sungai yang dipotong bukan kali-kali yang rawan di Jakarta Barat," ujar Yayat.

Yayat mengatakan ancaman banjir semakin besar dengan kenyataan bahwa pendangkalan sungai terjadi di sungai tersebut. Apalagi, sungai itu sudah tidak pernah dikeruk untuk menambah kedalaman sungai agar aliran air lebih lancar.

"Sudah bertahun-tahun lalu tidak pernah dikeruk lagi," ujarnya.Next

Halaman 1 2

Ratusan mahasiswa di universitas Samratulangi Manado saling serang. Belasan gedung perkuliahan hancur dan puluhan sepeda motor dibakar. Saksikan liputan lengkapnya dalam program "Reportase Malam" pukul 02.51 WIB hanya di Trans TV

(spt/rmd)


Punya info seputar #LaluLintas? Jangan lupa kirim ke pasangmata.com .

Sponsored Link

Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
Berita Terbaru Indeks Berita ยป
  • Kamis, 17/04/2014 12:31 WIB
    Dirut PT KCJ: Jangan Dulu Berharap Kereta Tepat Waktu
    Gb "PT KAI menggunakan track untuk kereta penumpang dan barang. Komuter di track yang sama. Dan jangan berharap ada ketepatan waktu jika rel digunakan bersama," kata Dirut PT KCJ Tri Handoyo.
ProKontra Index »

Bagi-bagi Kursi dan Menteri Itu Tidak Baik

Calon presiden PDIP Jokowi bertekad menguatkan sistem presidensial jika nanti terpilih. Jokowi menegaskan koalisi yang dibangunnya bukanlah koalisi bagi-bagi kursi dan jatah menteri. Dia mengatakan, yang akan diajak koalisi adalah partai-partai yang siap bekerja sama membangun bangsa dan negara tanpa meminta jatah kekuasaan. Bila Anda setuju dengan gagasan Jokowi, pilih Pro!
Pro
78%
Kontra
22%