Senin, 08/10/2012 17:35 WIB

Pendaftaran Calon Gubernur Sumut Jalur Perseorangan Dibuka

Khairul Ikhwan - detikNews
Foto: khairul ikhwan/detikcom
Medan - Para peminat jabatan Gubernur Sumatera Utara (Sumut) melalui jalur perseorangan sudah dapat bersiap-siap. Proses pendaftaran sudah dibuka Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Sumut.

Anggota KPUD Sumut Divisi Teknis Penyelenggara Pemilu, Turunan B Gulo menyatakan, ada beberapa agenda pelaksanaan Pemilihan Umum Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut yang sedang berlangsung sekarang ini. Salah satunya tahapan proses pendaftaran bagi calon perseorangan.

"Proses yang tengah berjalan saat ini yakni penyerahan daftar dukungan bakal pasangan calon perseorangan. Calon harus menyerahkan bukti dukungan dari masyarakat berupa fotokopi kartu identitas," kata Gulo kepada wartawan di Medan, Senin (8/10/2012).

Tahapan penyerahan bukti dukungan itu sudah dimulai sejak Minggu (7/10/2012), tetapi memasuki hari kedua, belum satu pun calon pasangan yang menyerahkan bukti dukungan. Sedangkan penutupan akan dilaksanakan pada 13 Oktober mendatang, pukul 24.00 WIB.

Sesuai dengan persyaratan yang ditentukan, maka calon perseorangan harus menyerahkan bukti dukungan minimal sebanyak 479.322 fotokopi KTP atau kartu identitas pengganti. Dukungan itu setidaknya harus berasal dari 17 kabupaten dan kota di Sumut. Selain itu calon juga harus melampirkan data pendukung itu dalam bentuk softcopy.

Nantinya jika proses penyerahan bukti sudah memenuhi syarat, barulah calon perseorangan tersebut dapat mendaftar sebagai calon. Jika syarat dukungan minimal ini tidak terpenuhi, maka pendaftaran akan ditolak.

"Saat ini ada 100 petugas KPUD Sumut, termasuk 60 dari kalangan mahasiswa yang kita rekrut, untuk memverifikasi jumlah dukungan yang diajukan calon perseorangan. Jika kurang dari jumlah yang telah ditentukan, mereka tidak bisa mendaftar," kata Gulo.

Jika persyaratan yang ditetapkan dapat dipenuhi, maka calon perseorangan tersebut dapat mendaftar pada 10 November 2012, bersama-sama dengan calon gubernur yang diusung partai politik.


Akhiri hari anda dengan menyimak beragam informasi penting dan menarik sepanjang hari ini, di "Reportase Malam" pukul 01.30 WIB, hanya di Trans TV

(rul/try)



Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Jumat, 22/08/2014 12:40 WIB
    ANS Kosasih: Fokus Pelayanan Prima TransJ, Kurangi 1 Juta Perjalanan di 2017
    Gb PT Transportasi Jakarta baru saja dibentuk pada Maret 2014 lalu. PT Transportasi Jakarta ini masih mengalami masa transisi dari BLU UP TransJakarta. Fokus mereka menggunakan teknologi untuk meningkatkan pelayanan menjadi prima hingga bisa mengurangi 1 juta perjalanan di tahun 2017 nanti.
ProKontra Index »

Pemprov DKI Larang Aplikasi Taksi Uber

Baru diluncurkan sepekan, aplikasi penghubung taksi Uber langsung mendapat respons negatif dari Pemprov DKI. Alasan pelarangannya, mulai dari tak ada izin, tak ada kantor, tak mengikuti tarif resmi, berpelat hitam sehingga dikhawatirkan merugikan konsumen. Bila Anda setuju dengan Pemprov DKI yang melarang aplikasi taksi Uber, pilih Pro! Bila tidak setuju pelarangan taksi Uber, pilih Kontra!
Pro
85%
Kontra
15%