detikcom
Minggu, 30/09/2012 15:37 WIB

Jokowi Diyakini Bisa 'Taklukkan' DPRD DKI

Elvan Dany Sutrisno - detikNews
Jakarta - Meski hanya didukung PDIP dan Gerindra, Joko Widodo (Jokowi) sukses memenangi Pilgub DKI. Jokowi diyakini bisa menaklukkan DPRD DKI yang didominasi parpol koalisi pendukung eks gubernur DKI Fauzi Bowo alias Foke, untuk memuluskan program-programnya nanti.

"Saya yakin sekali karena selama hampir dua periode mendampingi Pak Jokowi tidak pernah ada masalah," kata Ketua DPRD Solo, YF Soekasno, kepada detikcom, Minggu (30/9/2012).

Selama menjabat wali kota Solo, kebijakan anggaran Jokowi tak pernah ditentang. Meskipun pada pembahasan dinamis, namun DPRD Solo selalu menyelesaikan dengan musyawarah mufakat.

"DPRD kota maupun provinsi itu bagian dari penyelenggara pemerintah, selama kebijakan berpihak kepada rakyat, saya yakin semua akan menyetujui anggaran pemerintah. Kemudian di pelaksanaannya akan melakukan fungsi kontrol yang ketat saya kira wajar," katanya.

Sebagai Ketua DPRD Solo, dia enggan memberikan wejangan panjang lebar kepada Jokowi. Dia yakin Jokowi bisa bertugas dengan baik di DKI Jakarta.

"Ya kita ikut senang pemimpin Solo dipercaya masyarakat Jakarta. Harapan kita Pak Jokowi tetap amanah. Saya kira beliau akan melayani masyarakat Jakarta. Beliau sudah tahu apa yang harus dilakukan beliau, selama dua periode mendampingi beliau kebijakan anggarannya selalu transparan," harapnya.


Mulai hari anda dengan informasi aneka peristiwa penting dan menarik di "Reportase Pagi" pukul 04.00 - 05.30 WIB hanya di Trans TV

(van/nrl)


Setelah eksekusi 6 terpidana mati narkoba, dua negara menarik duta besarnya. Bagaimana perkembangan terkini? Simak di sini.


Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Selasa, 27/01/2015 16:57 WIB
    Menteri Yohana Yembise: Kekerasan Anak Akibat Nikah Muda
    Gb Bagi Yohana Susana Yembise, jabatan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak adalah kepercayaan sekaligus menjadi simbol perjuangan atas dominasi adat di Papua, yang umumnya didominasi laki-laki. Yohana juga mengkhawatirkan tingkat kekerasan anak yang makin memprihatinkan.
ProKontra Index »

Jika Presiden Jokowi Berhentikan BW, BG Juga Harus Dinonaktifkan

Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto (BW) mengajukan berhenti sementara karena menjadi tersangka di Polri. Menurut peneliti ICW, Donal Fariz, bila Presiden nanti menerima pengunduran diri BW, maka Presiden juga harus menonaktifkan Komjen Budi Gunawan (BG) sebagai calon Kapolri. Apalagi kasus yang menjerat Komjen BG lebih krusial, yakni korupsi dibanding kasus yang menjerat BW, pidana biasa. Bila Anda setuju dengan Donal Fariz, pilih Pro!
Pro
68%
Kontra
32%