detikcom
Minggu, 30/09/2012 15:37 WIB

Jokowi Diyakini Bisa 'Taklukkan' DPRD DKI

Elvan Dany Sutrisno - detikNews
Jakarta - Meski hanya didukung PDIP dan Gerindra, Joko Widodo (Jokowi) sukses memenangi Pilgub DKI. Jokowi diyakini bisa menaklukkan DPRD DKI yang didominasi parpol koalisi pendukung eks gubernur DKI Fauzi Bowo alias Foke, untuk memuluskan program-programnya nanti.

"Saya yakin sekali karena selama hampir dua periode mendampingi Pak Jokowi tidak pernah ada masalah," kata Ketua DPRD Solo, YF Soekasno, kepada detikcom, Minggu (30/9/2012).

Selama menjabat wali kota Solo, kebijakan anggaran Jokowi tak pernah ditentang. Meskipun pada pembahasan dinamis, namun DPRD Solo selalu menyelesaikan dengan musyawarah mufakat.

"DPRD kota maupun provinsi itu bagian dari penyelenggara pemerintah, selama kebijakan berpihak kepada rakyat, saya yakin semua akan menyetujui anggaran pemerintah. Kemudian di pelaksanaannya akan melakukan fungsi kontrol yang ketat saya kira wajar," katanya.

Sebagai Ketua DPRD Solo, dia enggan memberikan wejangan panjang lebar kepada Jokowi. Dia yakin Jokowi bisa bertugas dengan baik di DKI Jakarta.

"Ya kita ikut senang pemimpin Solo dipercaya masyarakat Jakarta. Harapan kita Pak Jokowi tetap amanah. Saya kira beliau akan melayani masyarakat Jakarta. Beliau sudah tahu apa yang harus dilakukan beliau, selama dua periode mendampingi beliau kebijakan anggarannya selalu transparan," harapnya.


Ikuti berbagai berita menarik hari ini di program "Reportase" TRANS TV yang tayang Senin sampai Jumat pukul 16.45 WIB

(van/nrl)



Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
ProKontra Index »

Harga BBM Harus Naik

Terbatasanya kuota BBM bersubsidi berimbas pada langkanya BBM di sejumlah SPBU plus antrean panjang kendaraan. Presiden terpilih Jokowi mengusulkan pada Presiden SBY agar harga BBM dinaikkan. Jokowi mengatakan subsidi BBM itu harus dialihkan pada usaha produktif, ditampung di desa, UMKM, nelayan. Menurutnya anggaran subsidi jangan sampai untuk hal-hal konsumtif seperti mobil-mobil pribadi. Bila Anda setuju dengan Jokowi bahwa harga BBM harus naik, pilih Pro!
Pro
52%
Kontra
48%