detikcom

Senin, 24/09/2012 09:36 WIB

Flora Fest 2012 Ocean Ecopark Ancol

Ancol Taman Impian, Destinasi Wisata Keluarga yang Ramah Lingkungan

Advertorial - detikNews
Jakarta - Ancol Taman Impian makin memperlihatkan eksistensinya sebagai destinasi wisata keluarga yang ramah lingkungan. Kawasan wisata dan rekreasi terpadu dan terbesar di Asia tenggara Indonesia ini konsisten untuk terus mewujudkan tekadnya menjadi destinasi wisata yang dikelola dengan prinsip-prinisp green company.

Selain rutin menyelenggarakan program-program acara hiburan menarik yang bertema lingkungan bagi pengunjung, kawasan wisata dan rekreasi terpadu yang dikelola PT Pembangunan Jaya Ancol (PJA) ini juga kerap melakukan kegiatan-kegiatan bertema lingkungan yang melibatkan peran serta masyarakat sekitar dan masyarakat luas, baik secara kelompok maupun komunitas.

Salah satu program acara bertema lingkungan yang diselenggarakan Ancol adalah Flora Fest 2012 yang akan berlangsung pada 23 September hingga 14 Oktober 2012 mendatang. Acara kegiatan pameran flora (tanaman) yang diharapkan bisa menjadi event tahunan nasional ini akan berlangsung di Ocean Ecopark Ancol Taman Impian.

“Penyelenggaraan Flora Fest adalah bagian dari upaya Ancol menanamkan cinta tanaman sejak dini kepada masyarakat dalam upaya menjaga kelestarian lingkungan, yang bersih dan hijau. Kegiatan pameran flora ini diharapkan mampu menjadi sarana masyarakat untuk menyalurkan hobi keanekaragaman flora dan juga ajang edutainment bagi keluarga,” kata Winarto, Direktur Rekreasi PT Pembangunan Jaya Ancol, Tbk, perusahaan pengelola kawasan wisata dan rekreasi terpadu Ancol Taman Impian.

Diakui, melalui konsep edutainment, Ancol selalu berupaya memberikan hiburan yang mendidik kepada pengunjung. Dalam Flora Fest Ecopark Ancol, selain kegiatan pameran, pengunjung juga bisa mengikuti serangkaian kegiatan seperti kursus gratis bercocok tanam merawat tabulampot, anggrek berbunga lebat, daur ulang, lomba merangkai bunga, lomba burung berkicau, ayam serama, ayam ketawa serta kegiatan-kegiatan edutainmnet lainnya.

Selain itu, kegiatan ini juga akan diisi dengan Photography Coaching Clinic oleh Jakarta Bird Society dan Indonesian Wildlife Photography. Konten ini menyediakan tempat terbatas hanya untuk 40 orang peserta tanpa dipungut biaya, cukup membayar tiket di pintu gerbang Ancol dan membawa kamera sendiri peserta dapat menikmati hadiah-hadiah menarik. Pemenang Utama akan mendapatkan paket menginap 1 (satu) hari di Putri Duyung Cottage, Pemenang kedua mendapatkan 5 (lima) buah tiket Atlantis, dan pemenang ketiga mendapatkan 4 (empat) buah tiket Ocean Dream Samudera.

Sebelumnya Ancol juga telah meresmikan sebuah truk edukasi sebagai basis pengembangan berbagai wahana dan program hiburan bagi para pengunjung. Bekerjasama dengan WWF Indonesia, Ancol mempersembahkan Panda Mobile sebagai bentuk apresiasi atas upaya WWF Indonesia dalam melakukan kampanye konservasi lingkungan. Panda Mobile with Ancol yang telah aktif ini turut mengisi kegiatan di Flora Fest 2012 dengan kegiatan daur ulang kertas, kreasi botol plastik, serta kegiatan edutainment lainnya bersama Teens Go Green, ASL (Ancol Sayang Lingkungan) dan Bob Novandy.

Kepedulian Ancol Taman Impian terhadap upaya-upaya pelestarian lingkungan melalui program hiburan yang disuguhkan ke pengunjung juga telah mendapat apresiasi dari berbagai pihak. Salah satunya adalah dari pihak Sony Music yang telah memberikan Double Platinum terkait dukungan Ancol kepada grup musik XOIX peraih 2 (dua) kategori AMI Award untuk The Best Dancer dan The Best Production. XOIX dinilai juga sebagai generasi muda yang sangat mendukung program lingkungan Go Green selama ini.

Winarto berharap, berbagai program hiburan berbasisi edutainment yang disajikan selama ini mampu meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Ancol Taman Impian. Seperti pada Ocean Ecopark Ancol misalnya, unit rekreasi terbaru Ancol Taman Impian berbasis aktivitas di kawasan hijau dan edutainment ini mengalami kenaikan jumlah pengunjung yang signifikan, dari 130.190 orang pada April 2012 menjadi 162.391 orang di Mei 2012, dan meningkat menjadi 182.166 pada Juni 2012.

Selain itu, pada Pekan Lebaran 2012, seluruh unit-unit wisata Ancol Taman Impian juga ramai didatangi pengunjung, seperti TIJA yang mencapai 1.111.361 orang, Dufan sebanyak 82.115 orang, Ocean Dream Samudera (ODS) 47.337 orang, dan Atlantis Water Adventure (AWA) sebanyak 50.485 orang.

“Menjadi sebuah kawasan wisata terpadu yang mampu berperan sebagai agen perubahan bagi peningkatan kualitas kehidupan masyarat merupakan amanah yang diemban Ancol Taman Impian sejak awal berdirinya. Kami optimis peran tersebut bisa terus dilakoni Ancol Taman Impian, tidak terkecuali di bidang lingkungan hidup sehingga upaya menjadikawasan wisata yang pengelolaaanya didasari oleh prinsip-prinisp green company bisa segera terwujud,” tutur Winarto


(adv/adv)


Punya info seputar #LaluLintas? Jangan lupa kirim ke pasangmata.com .

Sponsored Link

Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Kamis, 17/04/2014 12:31 WIB
    Dirut PT KCJ: Jangan Dulu Berharap Kereta Tepat Waktu
    Gb "PT KAI menggunakan track untuk kereta penumpang dan barang. Komuter di track yang sama. Dan jangan berharap ada ketepatan waktu jika rel digunakan bersama," kata Dirut PT KCJ Tri Handoyo.
ProKontra Index »

Bagi-bagi Kursi dan Menteri Itu Tidak Baik

Calon presiden PDIP Jokowi bertekad menguatkan sistem presidensial jika nanti terpilih. Jokowi menegaskan koalisi yang dibangunnya bukanlah koalisi bagi-bagi kursi dan jatah menteri. Dia mengatakan, yang akan diajak koalisi adalah partai-partai yang siap bekerja sama membangun bangsa dan negara tanpa meminta jatah kekuasaan. Bila Anda setuju dengan gagasan Jokowi, pilih Pro!
Pro
77%
Kontra
23%
MustRead close