detikcom
Selasa, 18/09/2012 20:18 WIB

Cuaca Panas Akan Sambut Jamaah Haji di Arab Saudi

Bagus Kurniawan - detikNews
Madinah, - Jamaah haji Indonesia akan datang pertama kali pada hari Jumat tanggal 21 September 2012. Cuaca panas akan menyambut kedatangan jamaah yang akan menunaikan ibadah haji tahun 1433 H. Sebanyak 17 kloter akan masuk pertama kali di Jeddah dan Madinah.

"Suhu udara di Arab Saudi diperkirakan berkisar antara 25-40 derajat Celsius, kata Kepala Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi, Dr Saerozi Dimyati kepada wartawan seusai peninjauan katering Al Andalus, di Madinah, Selasa (18/9/2012).

Oleh karena itu dia mengimbau agar jamaah haji benar mempersiapkan fisik/kesehatannya. Sebab suhu udara di siang hari akan panas hingga 40-42 derajat celsius. Sedangkan di pagi hari sekitar 28 derajat celsius .

Menurut dia sebanyak 334 petugas PPIH juga sudah tiba di Arab Saudi. Petugas dari Kementrian Agama 207 petugas dan 127 dari Kementerian kesehatan Mereka akan bertugas di Daerah Kerja (daker) Madinah dan Daker Jeddah.

Sementara itu Dirjen Pembinaan Gizi dan Kesehatan Ibu Anak, dr Slamet Riyadi, MPh Kementrian Kesehatan RI menambahkan karena cuaca yang panas, jamaah diminta untuk banyak minum air putih sehingga tidak mengalami dehidrasi.

"Saat melaksanakan ibadah di Masjid Nabawi Madinah jangan lupa minum air putih yang tersedia di sana sebanyak-banyaknya," imbuh Slamet.


Ikuti berbagai berita menarik hari ini di program "Reportase" TRANS TV yang tayang Senin sampai Jumat pukul 12.45 WIB

(bgs/van)



Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Senin, 21/07/2014 12:41 WIB
    Wamenhub: Jembatan Comal Bikin Jalur Darat Lebih Kompleks, Ada 3 Alternatif
    Gb Jembatan Comal, Pemalang, Jateng, yang ambles pada Jumat (18/7) malam lalu membuat mudik via jalur darat lebih kompleks. Memang Kementerian PU mengebut pengerjaan jembatan itu. Namun di satu sisi harus menunggu kelayakannya. Ada 3 alternatif jalur mudik menghindari Jembatan Comal.
ProKontra Index »

Polisi akan Razia dan Bubarkan Sahur on The Road

Dari hari ke hari, Sahur on The Road (SOTR) alias sahur keliling yang awalnya niatnya baik, membagi-bagikan sahur ke warga tidak mampu, kini melenceng semakin meresahkan, melakukan vandalisme hingga pembacokan. Terakhir Senin (21/7) dini hari, beberapa korban pembacokan kelompok SOTR berjatuhan. Polda Metro Jaya akan merazia, membubarkan hingga menindak kelompok SOTR yang melakukan tindak pidana. Bila Anda setuju dengan tindakan Polda Metro Jaya, pilih Pro!
Pro
68%
Kontra
32%