detikcom
Jumat, 14/09/2012 06:15 WIB

66 Orang Selamat dalam Peristiwa Tenggelamnya KM Surya Indah di Kaltim

Robert - detikNews
Halaman 1 dari 2
Samarinda, - KM Surya Indah yang berangkat dari Dermaga Mahakam Ulu, Samarinda, Kalimantan Timur, Kamis (13/9/2012) kemarin sekitar pukul 07.00 WITA, tenggelam di pedalaman Sungai Mahakam, Muara Pahu, Kutai Barat. Laporan sementara, 66 orang dilaporkan selamat, 11 orang hilang.

Keterangan diperoleh detikcom di kantor Dermaga Mahakam Ulu, Jl Pangeran Untung Surapati, informasi kejadian itu diterima pihak dermaga sekitar pukul 23.00 WITA. Dari Dermaga Mahakam Ulu, manifestasi penumpang tercatat mengangkut 40 orang penumpang, barang 10 ton dan kendaraan roda dua sebanyak 12 unit.

"Saya terima berita jam 1.30 WITA, penumpang selamat 51 orang, 1 orang meninggal dunia. Berita terakhir saya terima jam 2.30 WITA, penumpang selamat 66 orang, 11 hilang, 1 unit motor belum ditemukan," kata Kepala Dermaga Mahakam Ulu Sukarja, kepada wartawan di kantor Dermaga Mahakam Ulu, Jumat (14/9/2012).

Menurut dia, belum diketahui jelas penyebab tenggelamnya kapal rute Samarinda-Melak di Kabupaten Kutai Barat itu, lantaran belum mendapat keterangan dari ABK KM Surya Indah.

"KM Surya Indah saat berangkat dari Dermaga Mahakam Ulu, nakhoda bernama Herman dan Anto pukul 07.00 WITA hari Kamis kemarin. Kapal laik jalan," ujar Sukarja.

"Bertambahnya jumlah penumpang karena memang menuju Melak Kabupaten Kutai Barat, melalui sejumlah dermaga di Tenggarong dan Kota Bangun Kutai Kartanegara. Juga dermaga di Muara Muntai," tambahnya.

Sukarja menjelaskan, kapal itu memiliki kapasitas maksimal 96 orang penumpang dengan berat barang hingga 40 ton. Dia merinci, kapal mengantongi sejumlah dokumen penting terkait pelayaran yang masih berlaku.Next

Halaman 1 2

Ratusan mahasiswa di universitas Samratulangi Manado saling serang. Belasan gedung perkuliahan hancur dan puluhan sepeda motor dibakar. Saksikan liputan lengkapnya dalam program "Reportase Malam" pukul 02.51 WIB hanya di Trans TV

(ahy/ahy)


Punya info seputar #LaluLintas? Jangan lupa kirim ke pasangmata.com .

Sponsored Link

Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Kamis, 17/04/2014 12:31 WIB
    Dirut PT KCJ: Jangan Dulu Berharap Kereta Tepat Waktu
    Gb "PT KAI menggunakan track untuk kereta penumpang dan barang. Komuter di track yang sama. Dan jangan berharap ada ketepatan waktu jika rel digunakan bersama," kata Dirut PT KCJ Tri Handoyo.
ProKontra Index »

Camat dan Lurah Tak Perlu Ada, Ganti Jadi Manajer Pelayanan Satu Atap

Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) segera merealisasikan kantor kelurahan dan kecamatan menjadi kantor pelayanan terpadu satu pintu. Lurah dan camat bakal berfungsi sebagai manajer pelayanan. Ahok berpendapat lurah dan camat tak perlu lagi ada di Indonesia. Bila Anda setuju dengan gagasan Ahok, pilih Pro!
Pro
73%
Kontra
27%