Kamis, 02/08/2012 21:17 WIB

Mudik 2012, PT Pelni Semarang Siapkan 6 Kapal Laut Beragam Tipe

M Iqbal - detikNews
Jakarta - Mengantisipasi membludaknya penumpang yang mudik menggunakan jalur laut, PT Pelni Semarang menyiapkan enam kapal pada arus mudik 2012. Diharapkan enam kapal itu dapat mengangkut seluruh penumpang.

"Kami siapkan satu kapal tipe 2.000 yang mengangkut 2.600 penumpang, empat kapal tipe 1.000 yang mengangkut 1.500 penumpang, dan satu kapal roro yang bisa mengangkut 600 penumpang juga kendaraan," ujar General Manager PT Pelni Semarang, Bachtiar Rahim, kepada wartawan di Pelabuhan Tanjung Mas, Semarang, Rabu, (1/8/2012).

Menurutnya, seluruh kapal itu melayani beberapa tujuan seperti Kumai, Pontianak, Banjarmasin, Sampit, Surabaya, Makasar, Kupang dan Jayapura.

"Untuk jumlah penumpang kami prediksikan sebanyak 27.000-30.000 orang dalam arus mudik kali ini. Ada kenaikan lima sampai enam persen dibandingkan tahun lalu," tutur Bachtiar.

Sementara untuk harga tiket, pihaknya memastikan tak akan ada kenaikan. Hal itu sesuai dengan keputusan menteri. Bahkan untuk memaksimalkan pelayanan, PT Pelni Semarang menyiapkan 23 agen tiket resmi.

"PT Pelni Semarang memiliki 23 agen tiket di Jawa Tengah termasuk Yogja. Di kantor Pelni juga kita buka tiket, dan tentu tiket bisa dibeli juga dengan online," ungkapnya.

Ia mengimbau para penumpang yang akan mudik menggunakan jalur laut, agar jangan saling memaksakan dan berebut saat akan masuk kapal. Tetapi silakan antri karena petugas akan melayani seluruh penumpang.

"Ini momen nasional, angkutan mudik harus kita laksanakan dengan maksimal. Ya kami jamin pelayanan harus maksimal," kata Bachtiar.



Ikuti berbagai peristiwa menarik yang terjadi sepanjang hari ini hanya di "Reportase" TRANS TV Senin - Jumat pukul 16.45 WIB

(bal/mok)



Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
ProKontra Index »

Cabut Kewarganegaaraan WNI Pendukung ISIS

Kemenkum HAM mengkaji usulan pencabutan kewarganegaraan bagi WNI yang mendukung ISIS yang kini berganti nama menjadi Daulah Islamiyah (Islamic State/IS). Bila Anda setuju wacana yang dikaji Kemenkum HAM bahwa kewarganegaraan WNI dicabut karena mendukung ISIS, pilih Pro!
Pro
70%
Kontra
30%