detikcom
Kamis, 02/08/2012 21:17 WIB

Mudik 2012, PT Pelni Semarang Siapkan 6 Kapal Laut Beragam Tipe

M Iqbal - detikNews
Jakarta - Mengantisipasi membludaknya penumpang yang mudik menggunakan jalur laut, PT Pelni Semarang menyiapkan enam kapal pada arus mudik 2012. Diharapkan enam kapal itu dapat mengangkut seluruh penumpang.

"Kami siapkan satu kapal tipe 2.000 yang mengangkut 2.600 penumpang, empat kapal tipe 1.000 yang mengangkut 1.500 penumpang, dan satu kapal roro yang bisa mengangkut 600 penumpang juga kendaraan," ujar General Manager PT Pelni Semarang, Bachtiar Rahim, kepada wartawan di Pelabuhan Tanjung Mas, Semarang, Rabu, (1/8/2012).

Menurutnya, seluruh kapal itu melayani beberapa tujuan seperti Kumai, Pontianak, Banjarmasin, Sampit, Surabaya, Makasar, Kupang dan Jayapura.

"Untuk jumlah penumpang kami prediksikan sebanyak 27.000-30.000 orang dalam arus mudik kali ini. Ada kenaikan lima sampai enam persen dibandingkan tahun lalu," tutur Bachtiar.

Sementara untuk harga tiket, pihaknya memastikan tak akan ada kenaikan. Hal itu sesuai dengan keputusan menteri. Bahkan untuk memaksimalkan pelayanan, PT Pelni Semarang menyiapkan 23 agen tiket resmi.

"PT Pelni Semarang memiliki 23 agen tiket di Jawa Tengah termasuk Yogja. Di kantor Pelni juga kita buka tiket, dan tentu tiket bisa dibeli juga dengan online," ungkapnya.

Ia mengimbau para penumpang yang akan mudik menggunakan jalur laut, agar jangan saling memaksakan dan berebut saat akan masuk kapal. Tetapi silakan antri karena petugas akan melayani seluruh penumpang.

"Ini momen nasional, angkutan mudik harus kita laksanakan dengan maksimal. Ya kami jamin pelayanan harus maksimal," kata Bachtiar.



Akhiri hari anda dengan menyimak beragam informasi penting dan menarik sepanjang hari ini, di "Reportase Malam" pukul 01.30 WIB, hanya di Trans TV

(bal/mok)



Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Senin, 21/07/2014 12:41 WIB
    Wamenhub: Jembatan Comal Bikin Jalur Darat Lebih Kompleks, Ada 3 Alternatif
    Gb Jembatan Comal, Pemalang, Jateng, yang ambles pada Jumat (18/7) malam lalu membuat mudik via jalur darat lebih kompleks. Memang Kementerian PU mengebut pengerjaan jembatan itu. Namun di satu sisi harus menunggu kelayakannya. Ada 3 alternatif jalur mudik menghindari Jembatan Comal.
ProKontra Index »

Polisi akan Razia dan Bubarkan Sahur on The Road

Dari hari ke hari, Sahur on The Road (SOTR) alias sahur keliling yang awalnya niatnya baik, membagi-bagikan sahur ke warga tidak mampu, kini melenceng semakin meresahkan, melakukan vandalisme hingga pembacokan. Terakhir Senin (21/7) dini hari, beberapa korban pembacokan kelompok SOTR berjatuhan. Polda Metro Jaya akan merazia, membubarkan hingga menindak kelompok SOTR yang melakukan tindak pidana. Bila Anda setuju dengan tindakan Polda Metro Jaya, pilih Pro!
Pro
72%
Kontra
28%