detikcom
Selasa, 24/07/2012 22:38 WIB

Mentan: Kenaikan Harga Kedelai, Bagus Buat Petani

Luhur Hertanto - detikNews
Halaman 1 dari 2
Foto: detikcom
Jakarta - Kelangkaan suplai kedelai adalah dampak kenaikan harganya di pasar internasional. Namun tidak perlu khawatir tidak bisa lagi makan tempe sebab di sisi lain kenaikan harga ini menguntungkan petani kedelai di dalam negeri.

Demikian tangapan dari Mentan Suswono tentang isu kelangkaan kedelai. Dia ditemui sesuai acara berbuka puasa bersama KIB II di Istana Negara, Jakarta, Selasa (24/7/2012).

"Harga kedelai naik kok jadi begitu sensitif, media massa mem-blowup begitu masifnya. Tetapi saat harga turun, petani menjerit itu tidak ada yang memberitakannya padahal katanya petani harus dibela," ujar Suswono.

Sebelum dia memaparkan, naiknya harga di pasar internasional dipicu kekeringan yang menggagalkan panen kedelai di Amerika. Gagal panen di AS menyebabkan suplai jadi berkurang dan meningkatkan permintaan kedelai ke negara lain penghasilnya sehingga otomatis harga terdorong naik.

Indonesia termasuk yang terkena dampaknya yang jadi kekurangan kedelai impor. Akibatnya kedelai produksi dalam negeri harganya ikut terdongkrak akibat tingginya permintaan.

"Sebetulnya kenaikan dampaknya positif buat pendapatan petani kedelai kita. Selama ini harga kedelai kurang menarik sehingga petani tak tertarik menanamnya. Sekarang petani bergairah untuk menanam kedelai," papar mentan.

Namun dia menyadari kenaikan harga kedelai membuat konsumen repot. Perlu penelusuran lebih lanjut penyebab berkurangnya suplai kedelai, sebab sebenarnya importir bisa mengalihkan negara asal bila dari AS menyusut drastis.Next

Halaman 1 2

Ikuti sejumlah peristiwa menarik yang terjadi sepanjang hari ini hanya di "Reportase" TRANS TV Senin - Jumat pukul 12.45 WIB

(lh/van)



Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Senin, 21/07/2014 12:41 WIB
    Wamenhub: Jembatan Comal Bikin Jalur Darat Lebih Kompleks, Ada 3 Alternatif
    Gb Jembatan Comal, Pemalang, Jateng, yang ambles pada Jumat (18/7) malam lalu membuat mudik via jalur darat lebih kompleks. Memang Kementerian PU mengebut pengerjaan jembatan itu. Namun di satu sisi harus menunggu kelayakannya. Ada 3 alternatif jalur mudik menghindari Jembatan Comal.
ProKontra Index »

Polisi akan Razia dan Bubarkan Sahur on The Road

Dari hari ke hari, Sahur on The Road (SOTR) alias sahur keliling yang awalnya niatnya baik, membagi-bagikan sahur ke warga tidak mampu, kini melenceng semakin meresahkan, melakukan vandalisme hingga pembacokan. Terakhir Senin (21/7) dini hari, beberapa korban pembacokan kelompok SOTR berjatuhan. Polda Metro Jaya akan merazia, membubarkan hingga menindak kelompok SOTR yang melakukan tindak pidana. Bila Anda setuju dengan tindakan Polda Metro Jaya, pilih Pro!
Pro
77%
Kontra
23%