detikcom

Jumat, 13/07/2012 18:07 WIB

Wow! Gunung di Maluku Tengah Runtuh Jadi Danau

M Hanafi Holle - detikNews
Ambon - Gunung Ulakhatu, yang terletak di kawasan pegunungan desa Negeri Lima, kecamatan Leihitu, Maluku Tengah, runtuh. Reruntuhan ini terjadi di bagian timur Desa. Ribuan warga memilih mengungsi jauh dari daerah aliran sungai. Bahkan sebagian warga memilih untuk mengungsi ke kota Ambon.

"Ribuan warga yang tinggal di pesisir sungai sudah mengungsi jauh dari aliran sungai," kata Muhammad Don Assel (62), tetua adat desa Negeri Lima, kepada detikcom, via ponsel.

Kejadian ini, kata Muhammad Don, diketahui setelah mendengar bunyi keras pada, Jumat (13/7/2012) pagi tadi. Namun kejadian ini belum sempat dilaporkan kepada pemerintah setempat atau instansi terkait.

"Kami belum melaporkan hal ini. Mudah-mudahan dengan berita ini dapat diketahui oleh pemerintah dan instansi terkait untuk ditangani. Jangan sampai ada risiko besar yang akan terjadi," tuturnya.

Diungkapkan, karena kejadian ini, pemerintah desa dan warga setempat kini memilih waspada. "Kami waspada. Bahkan sebagian warga sudah mengecek keberadaan gunung yang runtuh itu," ujarnya.

Saat dicek, lanjut Muhammad, kondisi gunung mengalami patahan besar dan runtuh menutupi daerah aliran sungai Waiela. Sungai mengalami kekeringan. Padahal, saat ini hujan terus mengguyur.

Hal ini juga dibenarkan tokoh pemuda desa Negeri Lima, Muhammad Syafin Soulisa. "Saat ini warga teramat khawatir dengan kejadian ini. Kami minta pihak pemerintah segera menanggulangi, jangan sampai efek buruk akan terjadi," pinta Syafin.

Sehari sebelum kejadian, gempa tektonik mengguncang wilayah pulau Ambon dan Pulau Seram dengan kekuatan 5,6 SR. Gempa ini dirilis BMKG Maluku.

Sebelumnya, di kecamatan Leihitu, kejadian serupa terjadi di dusun Mamua tahun 2006 silam. Sebuah bukit runtuh dan berubah menjadi danau besar. Akibatnya air yang tertampung dalam danau 'ajaib' ini menjebol tanggul. Air bah pun terjadi. Ratusan rumah warga tersapu.

Bahkan di dusun ini, kejadian terjadi dua kali. Warga pun kini memilih mengungsi dan tidak lagi mendiami kawasan daerah aliran sungai.

Ratusan mahasiswa di universitas Samratulangi Manado saling serang. Belasan gedung perkuliahan hancur dan puluhan sepeda motor dibakar. Saksikan liputan lengkapnya dalam program "Reportase Malam" pukul 02.51 WIB hanya di Trans TV

(han/try)


Punya info seputar #LaluLintas? Jangan lupa kirim ke pasangmata.com .

Sponsored Link

Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Kamis, 17/04/2014 12:31 WIB
    Dirut PT KCJ: Jangan Dulu Berharap Kereta Tepat Waktu
    Gb "PT KAI menggunakan track untuk kereta penumpang dan barang. Komuter di track yang sama. Dan jangan berharap ada ketepatan waktu jika rel digunakan bersama," kata Dirut PT KCJ Tri Handoyo.
ProKontra Index »

Bagi-bagi Kursi dan Menteri Itu Tidak Baik

Calon presiden PDIP Jokowi bertekad menguatkan sistem presidensial jika nanti terpilih. Jokowi menegaskan koalisi yang dibangunnya bukanlah koalisi bagi-bagi kursi dan jatah menteri. Dia mengatakan, yang akan diajak koalisi adalah partai-partai yang siap bekerja sama membangun bangsa dan negara tanpa meminta jatah kekuasaan. Bila Anda setuju dengan gagasan Jokowi, pilih Pro!
Pro
78%
Kontra
22%