detikcom

Selasa, 03/07/2012 07:38 WIB

Setelah 75 Tahun, Pesawat Amelia Earhart yang Hilang Misterius Kembali Dicari

Rachmadin Ismail - detikNews
Halaman 1 dari 2
Honolulu - Amelia Earhart, pilot wanita terkenal asal Amerika Serikat hilang secara misterius bersama peawatnya di lautan pasifik 75 tahun lalu. Upaya pencarian yang sempat buntu kini dibuka kembali.

Diberitakan Reuters, Selasa (3/7/2012), tim peneliti sudah membuat tim untuk mencari pesawat yang diyakini jatuh di dekat pulau terpencil di kawasan pasifik.

Dengan penelitian ini, diharapkan rasa penasaran masyarakat selama puluhan tahun bisa terjawab. Terutama menyangkut nasib Earhart setelah dia hilang saat mencoba jadi pilot pertama yang mengelilingi dunia.

Beberapa spekulasi selama ini menyebutkan, Earhart dan navigatornya Fred Noonan jatuh di pulau terpencil di Nikumaroro, bagian dari Repubilk Kiribati.

"Publik ingin bukti yang kuat, terutama tempat terakhir di mana perjalanan Amelia Earhart berakhir," ujar Richard Gillespie, direktur eksekutif The International Group for Historic Aircraft Recovery (TIGHAR).

"Bukti kuat itu adalah pesawat Earhart," sambungnya.

Rencananya, tim akan berangkat menggunakan kapal dari Hawaii menuju Nikumaroro bersama tim Angkatan Laut. Tim akan menghabiskan waktu selama 10 hari di daerah pencarian, termasuk 16 hari perjalanan laut dari dan ke pulau tersebut.Next

Halaman 1 2

Ikuti berbagai berita menarik hari ini di program "Reportase Sore" TRANS TV yang tayang Senin sampai Jumat pukul 15.30 WIB

(mad/rvk)


Setelah eksekusi 6 terpidana mati narkoba, dua negara menarik duta besarnya. Bagaimana perkembangan terkini? Simak di sini.


Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Selasa, 27/01/2015 16:57 WIB
    Menteri Yohana Yembise: Kekerasan Anak Akibat Nikah Muda
    Gb Bagi Yohana Susana Yembise, jabatan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak adalah kepercayaan sekaligus menjadi simbol perjuangan atas dominasi adat di Papua, yang umumnya didominasi laki-laki. Yohana juga mengkhawatirkan tingkat kekerasan anak yang makin memprihatinkan.
ProKontra Index »

Jika Presiden Jokowi Berhentikan BW, BG Juga Harus Dinonaktifkan

Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto (BW) mengajukan berhenti sementara karena menjadi tersangka di Polri. Menurut peneliti ICW, Donal Fariz, bila Presiden nanti menerima pengunduran diri BW, maka Presiden juga harus menonaktifkan Komjen Budi Gunawan (BG) sebagai calon Kapolri. Apalagi kasus yang menjerat Komjen BG lebih krusial, yakni korupsi dibanding kasus yang menjerat BW, pidana biasa. Bila Anda setuju dengan Donal Fariz, pilih Pro!
Pro
76%
Kontra
24%