Selasa, 15/05/2012 09:04 WIB

Serangan terbaru di Suriah, 30 orang tewas

BBCIndonesia.com - detikNews
Suriah

Serangan terus terjadi di Suriah meski ada gencatan senjata sejak bulan lalu.

Sedikitnya 30 orang - termasuk 23 tentara - tewas dalam bentrokan yang terjadi di Kota Rastan Suriah, seperti disampaikan aktivis.

Pemantau HAM Suriah mengarakan puluhan orang lainnya terluka dalam serangan yang terjadi di Provinsi Homs.

Kota Rastan itu merupakan basis oposisi yang kuat selama pemberontakan Suriah.

Kelompok yang berbasis di Inggris menyatakan tiga pasukan tentara melakukan serangan.

Jika memang serangan itu dapat dikonfirmasi, akan menjadi serangan mematikan bagi pasukan keamanan selama 14 bulan unjuk rasa menentang Presiden Bashar al-Assad.

Peristiwa itu terjadi setelah pasukan pemerintah meluncurkan serangan pada akhir pekan, meskipun PBB menyerukan gencatan senjata yang seharusnya berjalan sejak sebulan yang lalu.

Pemantau menambahkan serangan juga terjadi di desa yang dihuni penganut Sunni, di bagian utara Hama, menewaskan lima orang.

Aktivis mengatakan setidaknya 30 orang tewas pada Minggu (14/5) dan sebagian besar korban merupakan warga sipil.

Jumlah korban tidak dapat diverifikasi secara independen, karena wartawan asing dilarang dilarang masuk ke Suriah.

Sanksi Uni Eropa

Damaskus

Kelompok Islam radikal mengklaim melakukan serangan bom di Damaskus.

PBB mengatakan sekitar 189 pemantau berada di Suriah, sejumlah dua per tiga dari seluruh pemantau yang akan dikirimkan sebagai bagian dari rencana perdamaian Utusan PBB-Liga Arab Kofi Annan.

Wartawan BBC Jonathan Head, yang berada di Turki, mengatakan militer Suriah atau oposisi tampak tidak memiliki keyakinan rencana gencatan senjata akan terlaksana, karena serangan masih terus berlangsung.

Menteri Luar Negeri Inggris William Hague mengatakan gencatan senjata tidak sepenuhnya terlaksana.

"Pembunuhan, serangan, kekerasan masih berlangsung di Suriah. Jadi sangat penting kami tetap melakukan tekanan terhadap rejim Assad."

Sementara itu, Uni Eropa telah menjatuhkan sanksi terhadap Suriah yang ke-15 sejauh ini, sebagai upaya untuk meningkatkan tekanan kepada pemerintah.

Uni Eropa tidak secara resmi memberikan rincian sanksi yang telah disepakati, tetapi diplomat Uni Eropa mengatakan 27 negara anggotanya sepakat membekukan aset dan larangan visa terhadap dua perusahaan dan tiga orang yang dipercaya menjadi pendukung pemerintah.

PBB memperkirakan setidaknya 9.000 orang tewas sejak protes pro demokrasi berlangsung sejak Maret 2011.

Sabtu lalu, sebuah kelompok radikal Islam mengatakan melakukan serangan bom di Damaskus pekan lalu, meningkatkan kekhawatiran terhadap tindakan ekstrimis dalam kerusuhan.

(bbc/bbc)

  • Minggu, 19/10/2014 19:41 WIB
    Iriana Bicara tentang Gaya, Media Sosial, Burung hingga Diri Sendiri
    Gb Iriana, tidak lama lagi akan menjadi Ibu Negara. Banyak yang penasaran akan sosoknya. Iriana, yang cenderung tak banyak berbicara, kali ini bersedia menjawab pertanyaan. Mulai soal gaya, hobi merawat burung hingga tentang dirinya sendiri. Seperti apa?
ProKontra Index »

Jokowi Harus Dengarkan Informasi KPK agar Ciptakan Kabinet Bersih

KPK mengatakan 43 nama calon menteri yang diberikan Jokowi, setengahnya memiliki rapor merah atau incaran KPK. Pengamat politik dari UGM Ari Dwipayana mengimbau agar Jokowi harus mendengarkan informasi dari KPK tersebut agar dapat menciptakan kabinet yang bersih.Bila Anda setuju dengan Ari Dwipayanya, pilih Pro!
Pro
69%
Kontra
31%