Rabu, 11/04/2012 19:43 WIB

Sebelum Gempa, Ada Kerusuhan di Gayo Lues, 3 Kantor Camat Dibakar

Gagah Wijoseno - detikNews
Jakarta - Beberapa saat sebelum gempa 8,5 SR mengguncang Aceh, terjadi kerusuhan massa di Kabupaten Gayo Lues, Aceh. Massa membakar tiga kantor kecamatan dan kantor Komisi Independen Pemilihan (KIP). Kerusuhan itu terjadi akibat kisruh penghitungan hasil Pilkada.

Data yang didapatkan detikcom, Rabu (11/4/2012), tiga kantor kecamatan yang dibakar adalah Kantor Camat Blangkejeren, Kantor Camat Dabung Gelang, dan Kantor Camat Blangpegayon. Tiga kantor ini ludes dibakar massa yang memprotes hasil penghitungan pemilihan bupati setempat.

Beberapa barang dan peralatan kantor di tiga kantor kecamatan dan kantor KIP itu tak bisa diselamatkan. Antara lain puluhan perangkat komputer lengkap, 8 set meja dan kursi tamu, ratusan kotak suara 3 unit mesin e-KTP, 1 unit mesin foto kopi, dan 4 unit TV dan receiver paravola.

Selain itu, massa juga membakar kendaraan roda empat dan sepeda motor. Mobil yang jadi korban amuk massa adalah mobil dinas Kab Gayo Alues berjenis Toyota Kijang kapsul warna silber dengan nomor polisi BL 170 B.

Kerugian akibat amuk massa ini ditaksir sekitar Rp 10 miliar. Dalam kerusuhan ini, tidak ada korban jiwa.

Hingga malam ini, suasana di Gayo Alues cukup kondusif. Masyarakat setempat masih mewaspadai dampak gempa yang terjadi pada pukul 15.38 WIB dan siaga dengan gempa susulan yang masih terus terjadi.




Ikuti berbagai berita menarik hari ini di program "Reportase" TRANS TV yang tayang Senin sampai Jumat pukul 16.45 WIB

(asy/gah)



Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Minggu, 14/09/2014 14:52 WIB
    Lulung: Yang Penting Pak Ahok Manis Bicara, Ai Dukung
    Gb Haji Lulung mengaku sudah tidak ada masalah dengan Ahok yang bersuara keras soal kebobrokan DPRD jika pilkada tidak dilakukan langsung. Dia mengingatkan Ahok berhati-hati bicara sehingga tidak ada yang tersinggung.
ProKontra Index »

16 Kursi Menteri dari Parpol di Kabinet Jokowi Terlalu Banyak

Presiden Terpilih Jokowi telah mengumumkan postur kabinetnya. Jokowi memberi jatah 16 kursi untuk kader parpol. Menurut pengamat politik dari UIN Syarif Hidayatullah Gun Gun Heryanto, 16 kursi untuk kader parpol ini dinilai terlalu besar, tak sesuai harapan publik. Awalnya publik mengira jatah menteri untuk parpol jauh lebih sedikit. Bila Anda setuju dengan Gun Gun Heryanto, pilih Pro!
Pro
44%
Kontra
56%