detikcom
Selasa, 24/01/2012 18:03 WIB

Dubes AS Ziarah ke Makam Gus Dur

Tamam Mubarok - detikNews
Halaman 1 dari 2
Foto: Tamam Mubarok/detikcom
Jombang - Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Scot Marciel berziarah ke makam Gus Dur di komplek Ponpes Tebuireng, Jombang, Jawa Timur. Dalam ziarahnya, Scot memberikan apresiasi Gus Dur sebagai sosok yang toleran dengan semua kelompok.

Setibanya di Ponpes Tebuireng, Scot yang didampingi oleh Konjen AS untuk Surabaya, Kristen F Bauer, langsung disambut hangat oleh pengasuh pondok, KH Shalahuddin Wahid. Usai berbincang-bincang, rombongan langsung berziarah ke makam Gus Dur.

Dalam ziarahnya, Scot menaburkan bunga di atas makam Gus Dur sembari berdoa dengan hening. Setelah berziarah, Scot langsung mengikuti seminar yang bertajuk "Peran Amerika dalam Toleransi Agama" di Gedung Yusuf Hasyim yang tak jauh dari komplek makam.

Dalam seminar ini, Scot mengatakan, dia sangat mengapresiasi terhadap Gus Dur. Berkat ajaran mantan presiden ke-4 RI ini, semua umat beragama bisa hidup dengan damai dan tidak ada kesenjangan sosial.

"Orang Amerika harus banyak belajar kepada Gus Dur dalam hal toleransi antar umat beragama," katanya saat menjadi pembicara dalam seminar tersebut, Selasa (24/1/2012).

Dia menjelaskan, sebelum dirinya bertugas di Indonesia, dia sudah membaca banyak tentang Gus Dur. Menurutnya, Gus Dur adalah sosok yang harus ditiru oleh rakyat Amerika karena sikap toleransinya kepada semua golongan.

"Ajaran Gus Dur harus banyak ditiru warga Amerika. Di Amerika sendiri sangat menjunjung tinggi nilai-nilai toleransi antar umat beragama," ujarnya dalam bahasa Inggris.Next

Halaman 1 2

Mulai hari anda dengan informasi aneka peristiwa penting dan menarik di "Reportase Pagi" pukul 04.00 - 05.30 WIB hanya di Trans TV

(fat/anw)



Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Senin, 21/07/2014 12:41 WIB
    Wamenhub: Jembatan Comal Bikin Jalur Darat Lebih Kompleks, Ada 3 Alternatif
    Gb Jembatan Comal, Pemalang, Jateng, yang ambles pada Jumat (18/7) malam lalu membuat mudik via jalur darat lebih kompleks. Memang Kementerian PU mengebut pengerjaan jembatan itu. Namun di satu sisi harus menunggu kelayakannya. Ada 3 alternatif jalur mudik menghindari Jembatan Comal.
ProKontra Index »

Polisi akan Razia dan Bubarkan Sahur on The Road

Dari hari ke hari, Sahur on The Road (SOTR) alias sahur keliling yang awalnya niatnya baik, membagi-bagikan sahur ke warga tidak mampu, kini melenceng semakin meresahkan, melakukan vandalisme hingga pembacokan. Terakhir Senin (21/7) dini hari, beberapa korban pembacokan kelompok SOTR berjatuhan. Polda Metro Jaya akan merazia, membubarkan hingga menindak kelompok SOTR yang melakukan tindak pidana. Bila Anda setuju dengan tindakan Polda Metro Jaya, pilih Pro!
Pro
68%
Kontra
32%