detikcom
Kamis, 12/01/2012 11:00 WIB

Suhu Jakarta 23-24 Derajat C, Dinginnya Masih Normal

Nurvita Indarini - detikNews
Jakarta - Brrr, beberapa hari belakangan ini beberapa warga Jakarta menyebut Jakarta lebih dingin pada malam dan pagi hari. Hal ini wajar dirasakan lantaran pada siang hari awan bergelantungan di langit sehingga membuat panas matahari ke Bumi terhalang.

"Suhu dingin akhir-akhir ini pada pagi dan malam hari masih normal. Intinya begini, pada siang hari Bumi tidak menyerap energi panas matahari karena tertutup awan. Sehingga pada malam hari, Bumi tidak melepaskan energi panas itu," tutur Kepala Sub Bidang Peringatan Dini Cuaca Ekstrem Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kukuh Ribudiyanto, kepada detikcom, Kamis (12/1/2012).

Dia lantas mengingatkan kondisi Jakarta beberapa waktu lalu. Saat malam hari kendati tidak ada matahari, namun terasa gerah. Hal ini terjadi karena saat malam hari ada energi panas yang dilepaskan.

"Intinya dingin ini terjadi karena banyak mendung dan hujan sehingga radiasi tidak sampai ke permukaan Bumi pada siang hari, sehingga pada malam hari tidak ada pelepasan panas," papar Kukuh.

Menurut Kukuh, pada malam hari suhu udara di Jakarta bisa mencapai 23-24 derajat Celcius. Sedangkan di Bogor bisa sampai 19 derajat Celcius.

"Beberapa waktu lalu suhu udara di Jakarta sekitar 32-33 derajat Celcius. Maka itu sekarang terasa lebih dingin," lanjutnya.

Kukuh mengimbau masyarakat tetap mewaspadai hujan dengan frekuensi yang meningkat, setidaknya dalam 3 hari ke depan. Untungnya angin tidak akan bertiup sedahsyat pekan lalu.

"Hujan bisa terjadi pada pagi, siang, sore, malam, atau dinihari. Kadang sedang, kadang lebat. Ini diperkirakan berlangsung hingga Februari, karena merupakan puncaknya," ucap Kukuh.


Akhiri hari anda dengan menyimak beragam informasi penting dan menarik sepanjang hari ini, di "Reportase Malam" pukul 01.30 WIB, hanya di Trans TV

(vit/nrl)


Setelah eksekusi 6 terpidana mati narkoba, dua negara menarik duta besarnya. Bagaimana perkembangan terkini? Simak di sini.


Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Selasa, 27/01/2015 16:57 WIB
    Menteri Yohana Yembise: Kekerasan Anak Akibat Nikah Muda
    Gb Bagi Yohana Susana Yembise, jabatan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak adalah kepercayaan sekaligus menjadi simbol perjuangan atas dominasi adat di Papua, yang umumnya didominasi laki-laki. Yohana juga mengkhawatirkan tingkat kekerasan anak yang makin memprihatinkan.
ProKontra Index »

Jika Presiden Jokowi Berhentikan BW, BG Juga Harus Dinonaktifkan

Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto (BW) mengajukan berhenti sementara karena menjadi tersangka di Polri. Menurut peneliti ICW, Donal Fariz, bila Presiden nanti menerima pengunduran diri BW, maka Presiden juga harus menonaktifkan Komjen Budi Gunawan (BG) sebagai calon Kapolri. Apalagi kasus yang menjerat Komjen BG lebih krusial, yakni korupsi dibanding kasus yang menjerat BW, pidana biasa. Bila Anda setuju dengan Donal Fariz, pilih Pro!
Pro
68%
Kontra
32%