Sabtu, 05/11/2011 12:39 WIB

Laporan dari Arab Saudi

Khutbah Wukuf di Arafah Disampaikan Hasyim Muzadi

Nurul Hidayati - detikNews
Ilustrasi Wukuf (AFP)
Makkah - Wukuf di Arafah menjadi puncak ibadah haji. Haji itu Arafah, begitu sabda Nabi Muhammad SAW. Misi haji Indonesia telah merancang acara wukuf di Arafah, Sabtu (5/11/201) siang nanti WAS.

Kegiatan hari ini setelah subuhan adalah bimbingan dan konsultasi manasik haji pukul 07.30 hingga 09.00 WAS. Lalu disambung acara wukuf pada 11.00. Rangkaian ini dimulai dengan pembacaan ayat suci Alquran, sambutan dari Dubes RI dan Amirul Haj Suryadharma Ali. Lantas disambug khutbah wukuf oleh wakil amirul haj KH Hasyim Muzadi pada 11.45 WAS.

Kemudian disambung salat zuhur dan ashar jama' qashar berjamaah, dan doa wukuf oleh KH Amin Noer, anggota amirul haj.

Pukul 13.00 wukuf dilanjutkan dengan seluruh jamaah memperbanyak zikir dan doa sesuai hajat masing-masing, yang merupakan inti wukuf.

"Arafah adalah tempat paling ijabah di mana doa dikabulkan oleh Allah. Kami imbau jamaah berdoa yang baik, hindari doa yang kurang baik," kata Kabid Bimbingan Ibadah PPIH 1432 H, Surahmat.

Jamaah kemudian salat jama' qashar magrib-isya berjamaah. Pukul 18.30 WAS, persiapan menuju Muzdalifah dan sweeping jamaah di seluruh kemah.


Akhiri hari anda dengan menyimak beragam informasi penting dan menarik sepanjang hari ini, di "Reportase Malam" pukul 01.30 WIB, hanya di Trans TV

(nrl/gah)



Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Minggu, 14/09/2014 14:52 WIB
    Lulung: Yang Penting Pak Ahok Manis Bicara, Ai Dukung
    Gb Haji Lulung mengaku sudah tidak ada masalah dengan Ahok yang bersuara keras soal kebobrokan DPRD jika pilkada tidak dilakukan langsung. Dia mengingatkan Ahok berhati-hati bicara sehingga tidak ada yang tersinggung.
ProKontra Index »

16 Kursi Menteri dari Parpol di Kabinet Jokowi Terlalu Banyak

Presiden Terpilih Jokowi telah mengumumkan postur kabinetnya. Jokowi memberi jatah 16 kursi untuk kader parpol. Menurut pengamat politik dari UIN Syarif Hidayatullah Gun Gun Heryanto, 16 kursi untuk kader parpol ini dinilai terlalu besar, tak sesuai harapan publik. Awalnya publik mengira jatah menteri untuk parpol jauh lebih sedikit. Bila Anda setuju dengan Gun Gun Heryanto, pilih Pro!
Pro
41%
Kontra
59%