detikcom
Jumat, 14/10/2011 12:46 WIB

Laporan dari Den Haag

Orang Belanda Makan 490 Ayam, 27 Babi, 3 Sapi, 2,5 Kambing

Eddi Santosa - detikNews
Den Haag - Sepanjang hidupnya orang Belanda rata-rata menghabiskan 490 ayam, 27 babi, 3 sapi dan 2,5 kambing, atau total 522 ekor hewan. Jumlah sebanyak itu setara dengan 3.200 kg (3,2 ton!) daging atau 40 kg per tahun.

Demikian hasil penelitian Nederlandse Vegetarirsbond (Serikat Vegetarian Belanda, red) seperti dilansir De Trouw baru-baru ini.

Rata-rata konsumsi daging orang Belanda tersebut dikombinasikan dengan penelitian mengenai konsumsi daging per jenis daging. Selanjutnya dilihat jenis hewannya dan berapa daging dalam tubuhnya yang bisa dimakan, demikian De Trouw, (4/10/2011).

Direktur Nederlandse Vegetarirsbond Floris de Graad mengatakan bahwa jika sehari saja dalam sepekan orang Belanda tidak memakan daging, maka akan menghemat 74 ekor hewan per masa hidup orang tersebut.

Hasil penelitian Nederlandse Vegetarirsbond tersebut dirilis berkenaan dengan Pekan Restoran Vegetarian di Negeri Belanda. Tujuannya untuk mengenalkan masyarakat dengan keanekaragaman kuliner vegetarian.

Di Negeri Belanda saat ini flexitarir sedang meningkat. Flexitarir adalah orang yang minimal sehari dalam sepekan mengganti konsumsi daging dengan alternatif vegetarian.

Meskipun angkanya terbilang cukup tinggi, namun hanya 13% saja orang Belanda yang saat ini masih mengkonsumsi daging setiap hari.



(es/es)



Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
ProKontra Index »

Harga BBM Harus Naik

Terbatasanya kuota BBM bersubsidi berimbas pada langkanya BBM di sejumlah SPBU plus antrean panjang kendaraan. Presiden terpilih Jokowi mengusulkan pada Presiden SBY agar harga BBM dinaikkan. Jokowi mengatakan subsidi BBM itu harus dialihkan pada usaha produktif, ditampung di desa, UMKM, nelayan. Menurutnya anggaran subsidi jangan sampai untuk hal-hal konsumtif seperti mobil-mobil pribadi. Bila Anda setuju dengan Jokowi bahwa harga BBM harus naik, pilih Pro!
Pro
44%
Kontra
56%