detikcom
Minggu, 02/10/2011 00:00 WIB

Menhub: Pesawat Cassa Diduga Jatuh Akibat Cuaca Buruk

Khairul Ikhwan - detikNews
Jakarta - Menteri Perhubungan Freddy Numberi mengatakan, dugaan sementara penyebab kecelakaan Cassa 212-200 adalah akibat cuaca buruk. Meski begitu, Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) yang akan menyelidiki guna mendapatkan secara pasti penyebab pesawat jatuh.

Dugaan cuaca buruk ini disebutkan Freddy saat mengunjungi Posko Basarnas di Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) Medan, Sabtu (1/10/2011).

Menurut Freddy, kondisi cuaca dalam beberapa pekan terakhir sulit diprediksi. Kadang cerah dan secara tiba-tiba berubah berawan tebal yang bisa mengakibatkan turbulansi jika dilintasi pesawat.

“Tidak tertutup kemungkinan pesawat kehilangan kendali akibat cuaca buruk. Kecepatan angin bisa mencapai 20 sampai 30 knot,” kata Freddy.

Freddy juga menyatakan, idealnya pesawat yang akan melakukan penerbangan, berkoordinasi dengan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) setempat. Jika kondisi cuaca buruk di lintasan, sebaiknya penerbangan ditunda beberapa waktu.

Pada bagian lain, Freddy juga menyatakan, pihaknya juga akan mengevaluasi PT. Nusantara Buana Air (NBA) yang mengoperasikan pesawat Cassa 212-200 itu. Demikian juga rute penerbangan dari Medan ke Kutacane, Aceh Tenggara yang dinilai rawan kecelakaan. Tidak soal jalur makin jauh, namun lebih aman.



Mulai hari anda dengan informasi aneka peristiwa penting dan menarik di "Reportase Pagi" pukul 04.00 - 05.30 WIB hanya di Trans TV

(rul/lrn)



Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Senin, 21/07/2014 12:41 WIB
    Wamenhub: Jembatan Comal Bikin Jalur Darat Lebih Kompleks, Ada 3 Alternatif
    Gb Jembatan Comal, Pemalang, Jateng, yang ambles pada Jumat (18/7) malam lalu membuat mudik via jalur darat lebih kompleks. Memang Kementerian PU mengebut pengerjaan jembatan itu. Namun di satu sisi harus menunggu kelayakannya. Ada 3 alternatif jalur mudik menghindari Jembatan Comal.
ProKontra Index »

Polisi akan Razia dan Bubarkan Sahur on The Road

Dari hari ke hari, Sahur on The Road (SOTR) alias sahur keliling yang awalnya niatnya baik, membagi-bagikan sahur ke warga tidak mampu, kini melenceng semakin meresahkan, melakukan vandalisme hingga pembacokan. Terakhir Senin (21/7) dini hari, beberapa korban pembacokan kelompok SOTR berjatuhan. Polda Metro Jaya akan merazia, membubarkan hingga menindak kelompok SOTR yang melakukan tindak pidana. Bila Anda setuju dengan tindakan Polda Metro Jaya, pilih Pro!
Pro
72%
Kontra
28%