detikcom
Sabtu, 10/09/2011 11:23 WIB

Kampung Adat Dukuh di Garut Terbakar, 40 Rumah Ludes

Mansyur Hidayat - detikNews
Garut - Kampung Adat dukuh Desa Ciroyom, Kecamatan Cikelet Kabupaten Garut Jawa Barat diamuk Jago Merah. Seluruh bangunan baru di kampung adat dukuh yang berjumlah 40 buah rumah dan dihuni 40 Kepala Keluarga habis ludes terbakar termasuk fasilitas umum lainnya sebuah mushola dan bangunan madrasah,

"Tadi sekitar jam 09.00 Wib, Kampung Dukuh terbakar, seluruh bangunan habis ludes terbakar ", ujar Kepala Bagian Informatika Pemkab Garut, Dikdik Hendrajaya, Sabtu (10/9/2011), kepada wartawan.

Upaya untuk memadamkan api hingga saat ini masih berlangsung mengingat bara api masih terlihat keluar dari puing-puing bangunan. "Upaya untuk memadamkan api hingga saat ini masih berlangsung," ungkap Dikdik

Penyebab kebakaran hingga saat ini diduga akibat ulah oknum masyarakat yang melakukan pembakaran hutan disekitar kampung. "Untuk lebih jelasnya aparat kepolisian masih memastikan penyebab kebakaran, hanya dugaan sementara dari percikan api pembakaran hutan disekitar Kampung Dukuh," tambah Dikdik.

Kata Dikdik kebakaran Kampung adat Dukuh yang berjarak sekitar 120 Km dari kawasan kota Garut ini merupakan yang kedua kalinya setelah pada tahun 2006 silam, bangunan asli warga Kampung Adat Dukuh habis ludes terbakar.

"Penyebabnya pun hampir sama akibat ulah pembakaran hutan disekitar kampung tersebut ", pungkasnya.


Ikuti berbagai berita menarik hari ini di program "Reportase" TRANS TV yang tayang Senin sampai Jumat pukul 12.45 WIB

(gah/gah)



Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Senin, 21/07/2014 12:41 WIB
    Wamenhub: Jembatan Comal Bikin Jalur Darat Lebih Kompleks, Ada 3 Alternatif
    Gb Jembatan Comal, Pemalang, Jateng, yang ambles pada Jumat (18/7) malam lalu membuat mudik via jalur darat lebih kompleks. Memang Kementerian PU mengebut pengerjaan jembatan itu. Namun di satu sisi harus menunggu kelayakannya. Ada 3 alternatif jalur mudik menghindari Jembatan Comal.
ProKontra Index »

Polisi akan Razia dan Bubarkan Sahur on The Road

Dari hari ke hari, Sahur on The Road (SOTR) alias sahur keliling yang awalnya niatnya baik, membagi-bagikan sahur ke warga tidak mampu, kini melenceng semakin meresahkan, melakukan vandalisme hingga pembacokan. Terakhir Senin (21/7) dini hari, beberapa korban pembacokan kelompok SOTR berjatuhan. Polda Metro Jaya akan merazia, membubarkan hingga menindak kelompok SOTR yang melakukan tindak pidana. Bila Anda setuju dengan tindakan Polda Metro Jaya, pilih Pro!
Pro
69%
Kontra
31%