detikcom
Rabu, 24/08/2011 14:50 WIB

Polda Metro Jaya Musnahkan Narkoba Senilai Rp 20 Miliar

E Mei Amelia R - detikNews
Jakarta - Aparat Direktorat Narkoba Polda Metro Jaya memusnahkan barang bukti narkoba senilai Rp 20 miliar lebih. Barang bukti tersebut didapat dari enam tersangka yang ditangkap selama Juni-Juli 2011.

"Sebagaimana amanat Undang-Undang, pemusnahan barang bukti dilakukan pada tahap penyidikan setelah penyidik melakukan pemeriksaan 7 hari dan telah mendapat ketetapan," ujar Wakil Direktur Narkoba Polda Metro Jaya AKBP Krisno Siregar kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (24/8/2011).

Pemusnahan ini dihadiri pejabat dari kejaksaan dan pengadilan negeri dan disaksikan oleh para tersangka. Pemusnahan dilakukan petugas laboratorium forensik.

"Total 7,7 kilogram sabu dan 350 butir ekstasi yang kita musnahkan," katanya.

Sementara itu, Kepala Subdit II Ditresnarkoba Polda Metro Jaya AKBP Eko Saputro mengatakan, barang bukti tersebut didapat dari kelompok tersangka HR alias CM, NH alias BN dan RH alias IY, YN alias NM alias AF, serta kelompok SG alias HL alias AS dan seorang WN Malaysia berinisial KL alias AN.

Keenam tersangka ditangkap di empat lokasi berbeda. Kelompok HR ditangkap di Komplek Pergudangan Bandara, Tangerang dan kelompok SG ditangkap di Apartemen City Lofts, Jl KH Mas Mansyur dan Apartemen Sahid Residence.

Pemusnahan sabu dilakukan dengan cara dilarutkan dalam air panas kemudian dibuang ke kolam pembuangan. Sebelum dimusnahkan, barang bukti sabu dites oleh labfor dengan cara meneteskan cairan kimia pada sabu.

"Kalau warnanya biru atau orange, maka positif mengandung metampethamine," ujar Eko.

Eko mengatakan, salah satu tersangka berinisial KL telah ditangkap lima kali oleh aparat kepolisian atas kasus yang sama. Ia juga telah bolak-balik penjara karena tidak jera mengedarkan narkotika.

"Salah satu tersangka, KL adalah residivis, Polda Metro Jaya sudah menangkapnya 3 kali dan 2 kali oleh Polres Jakarta Barat," ujar Eko.

Ikuti sejumlah peristiwa menarik yang terjadi sepanjang hari ini hanya di "Reportase" TRANS TV Senin - Jumat pukul 12.45 WIB

(nal/nal)



Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Senin, 21/07/2014 12:41 WIB
    Wamenhub: Jembatan Comal Bikin Jalur Darat Lebih Kompleks, Ada 3 Alternatif
    Gb Jembatan Comal, Pemalang, Jateng, yang ambles pada Jumat (18/7) malam lalu membuat mudik via jalur darat lebih kompleks. Memang Kementerian PU mengebut pengerjaan jembatan itu. Namun di satu sisi harus menunggu kelayakannya. Ada 3 alternatif jalur mudik menghindari Jembatan Comal.
ProKontra Index »

Polisi akan Razia dan Bubarkan Sahur on The Road

Dari hari ke hari, Sahur on The Road (SOTR) alias sahur keliling yang awalnya niatnya baik, membagi-bagikan sahur ke warga tidak mampu, kini melenceng semakin meresahkan, melakukan vandalisme hingga pembacokan. Terakhir Senin (21/7) dini hari, beberapa korban pembacokan kelompok SOTR berjatuhan. Polda Metro Jaya akan merazia, membubarkan hingga menindak kelompok SOTR yang melakukan tindak pidana. Bila Anda setuju dengan tindakan Polda Metro Jaya, pilih Pro!
Pro
68%
Kontra
32%