Detik.com News
Detik.com

Jumat, 22/07/2011 11:45 WIB

Jelang Ramadan, Warga Mulai Padati TPU untuk Ziarah Kubur

Ari Saputra - detikNews
Jakarta - Menjelang bulan Ramadan yang diperkirakan jatuh awal Agustus, warga Jakarta mulai memadati Tempat Pemakaman Umum (TPU) untuk berziarah. Mereka menjenguk makam anggota keluarga untuk berdoa.

Seperti terlihat di TPU Karet Bivak, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Jumat (22/7/2011). Puluhan orang berziarah sejak pagi. Jumlah tersebut akan terus bertambah hingga sore dan menjelang jatuhnya 1 Ramadan.

"Ada yang berombongan ada yang datang dengan keluarga sendiri. Dari pagi banyak yang datang. Ada juga yang sampai nyarter metromini," ucap Solihan, seorang penjaga TPU Karet Bivak.

Kepadatan peziarah terpantau dari kendaraan yang parkir di bahu jalan. Sebab, parkir dalam TPU tidak mampu menampung. Alhasil, lalu-lintas terpantau padat dari arah Dukuh Atas maupun Tanah Abang.

"Akan lebih padat kalau sore hari. Sudah nggak panas, sudah pada pulang kerja," imbuhnya.

Kepadatan peziarah juga terlihat di TPU Tanah Kusir, Jakarta Selatan. Pemakaman terbesar di kawasan Jaksel ini ramai dikunjungi peziarah dengan mengendarai mobil atau roda 2.

"Dari Bogor, pagi-pagi ke sini. Ada keluarga yang meninggal dan berziarah ke sini," kata Baedlowi, salah seorang peziarah di TPU Tanah Kusir.

Banyaknya jumlah peziarah berimbas kepada pedagang, penjual kembang dan penyedia jasa pendoa. Penjual kembang berjejer di pintu masuk makam, begitu juga dengan penyedia jasa doa. Jumlahnya masih belasan, tetapi akan membengkak bila menjelang Ramadan.

"Pagi ini sudah ada 2 keluarga yang minta dibantu didoakan. Sudah langganan kalau kesini, saya diminta membantu berdoa," ucap Zainal, juru doa yang membantu membaca Yasin dan berbagai doa kubur.

"Ini masih sedikit. Nanti kalau H-3, yang seperti saya semakin banyak. Hasilnya ya sama saja," kata Zainal yang mendapat imbalan Rp 25.000-Rp 50.000.

Ikuti berbagai berita menarik hari ini di program "Reportase Sore" TRANS TV Senin sampai Jumat pukul 16.45 WIB

(Ari/rdf)


Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Jumat, 22/05/2015 20:11 WIB
    Andrinof Chaniago: Reshuffle, Kami Tak Peduli
    Andrinof Chaniago: Reshuffle, Kami Tak Peduli Ada yang menilai kurang moncernya kinerja tim ekonomi saat ini tak lepas dari kurang optimalnya peran Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Andrinof Chaniago. Kepala Bappenas itu juga dituding banyak memangkas program-program unggulan Presiden Joko Widodo yang tertuang dalam Nawa Cita.
ProKontra Index »

'Bersihkan' Gelar Palsu, Periksa Semua Ijazah Anggota DPR!

Anggota DPR Fraksi Hanura Frans Agung Mula Putra dilaporkan ke Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) terkait dugaan gelar doktor palsu. Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah bersikap tegas meminta ijazah semua anggota DPR diperiksa. Bila Anda setuju dengan usulan Fahri Hamzah, pilih Pro!
Pro
93%
Kontra
7%