Detik.com News
Detik.com
Selasa, 31/05/2011 09:31 WIB

Ketinggian Muatan Truk Lebihi Batas Maksimal Portal Underpass Pondok Indah

Adi Nugroho - detikNews
Ketinggian Muatan Truk Lebihi Batas Maksimal Portal Underpass Pondok Indah (detikcom/Adi Nugroho)
Jakarta - Truk yang membawa muatan bongkahan beton berbentuk segi empat menabrak portal jalan tepat sebelum underpass Pondok Indah di depan Mal Pondok Indah. Akibatnya portal besi dengan ketinggian maksimum 4 meter tersebut roboh.

Pantauan detikcom di lokasi, Selasa (31/5/2011), pukul 09.00 WIB portal besi yang ditabrak truk bernopol F 9276 FA itu tampak patah dan hancur. Saat disambangi, portal yang berjarak sekitar 10 meter dari underpass tersebut telah dievakuasi ke lokasi lain.

Akibat insiden ini, kondisi kepala truk berwarna hijau tersebut masih utuh, hanya muatan betonnya yang tercecer dan sebagian hancur di tengah jalan.

Menurut Kasat Lantas Polres Jakarta Selatan, Kompol Lilik Sumardi kejadian ini terjadi sekitar pukul 05.30 WIB. Tidak ada korban jiwa dalam insiden ini. Penyebab insiden ini karena tinggi muatan beton melebihi batas maksimal portal yakni 4 meter.

"Ketinggian muatan memang tidak sesuai, batas maksimal portal 4 meter, tetapi dia membawa barang dengan ketinggian sekitar 4,5 meter," tutur Kompol Lilik di lokasi.

Si sopir yang seorang diri mengendarai truk ini akan dimintai keterangan lebih lanjut oleh pihak Kepolisian. Bisa jadi si sopir akan dikenai tindak pidana.

"Ya nanti akan kita mintai keterangan. Kemungkinan dikenai pasal 362 KUHP karena mengendarai kendaraan tidak hati-hati. Tapi akan kita proses lagi," ucapnya.

Imbas dari kejadian ini, underpass Pondok Indah sempat ditutup. Semua kendaraan yang akan melewati terowongan underpass dialihkan ke kiri menuju ke arah Radio Dalam-Blok atau ada yang memilih memutar balik di atas underpass. Macet parah tak terhindarkan hingga perempatan Lebakbulus (Poin Square).

Petugas dari Mal Pondok Indah, Kepolisian dan Pemda bersama dengan si sopir membersihkan serpihan-serpihan beton yang masih tercecer. Saat ini, truk tersebut telah dipinggirkan ke bahu jalan sebelah kiri dan underpass Pondok Indah mulai dibuka separuh lajur.


Ikuti berbagai berita menarik hari ini di program "Reportase Sore" TRANS TV Senin sampai Jumat pukul 16.45 WIB

(nvc/nrl)


Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Kamis, 26/03/2015 12:35 WIB
    Dirut Fahmi Idris: BPJS Tak Mungkin Bangkrut
    Dirut Fahmi Idris: BPJS Tak Mungkin Bangkrut Jumlah pengguna jaminan kesehatan nasional melonjak tajam pada tahun pertama penyelenggaraannya. Akibatnya, kondisi keuangan BPJS Kesehatan defisit. Klaim membengkak, lebih besar daripada premi yang diterima.
ProKontra Index »

Tolak APBD DKI 2015, Parpol Lembek dan Mengecewakan

DPRD DKI menolak penggunaan APBD DKI 2015 setelah tak mau membahasnya lewat rapat Badan Anggaran. Tokoh antikorupsi Buya Syafii Maarif mengatakan sikap partai lembek dan mengecewakan. "Mereka menolak isu anggaran siluman tetapi mendukung atau tidak menarik diri dari Hak Angket. Padahal, Ahok diangket karena jelas menolak anggaran siluman itu," kata Buya Syafii. Bila Anda setuju pendapat Buya Syafii, pilih Pro!
Pro
100%
Kontra
0%