Selasa, 31/05/2011 09:31 WIB

Ketinggian Muatan Truk Lebihi Batas Maksimal Portal Underpass Pondok Indah

Adi Nugroho - detikNews
(detikcom/Adi Nugroho)
Jakarta - Truk yang membawa muatan bongkahan beton berbentuk segi empat menabrak portal jalan tepat sebelum underpass Pondok Indah di depan Mal Pondok Indah. Akibatnya portal besi dengan ketinggian maksimum 4 meter tersebut roboh.

Pantauan detikcom di lokasi, Selasa (31/5/2011), pukul 09.00 WIB portal besi yang ditabrak truk bernopol F 9276 FA itu tampak patah dan hancur. Saat disambangi, portal yang berjarak sekitar 10 meter dari underpass tersebut telah dievakuasi ke lokasi lain.

Akibat insiden ini, kondisi kepala truk berwarna hijau tersebut masih utuh, hanya muatan betonnya yang tercecer dan sebagian hancur di tengah jalan.

Menurut Kasat Lantas Polres Jakarta Selatan, Kompol Lilik Sumardi kejadian ini terjadi sekitar pukul 05.30 WIB. Tidak ada korban jiwa dalam insiden ini. Penyebab insiden ini karena tinggi muatan beton melebihi batas maksimal portal yakni 4 meter.

"Ketinggian muatan memang tidak sesuai, batas maksimal portal 4 meter, tetapi dia membawa barang dengan ketinggian sekitar 4,5 meter," tutur Kompol Lilik di lokasi.

Si sopir yang seorang diri mengendarai truk ini akan dimintai keterangan lebih lanjut oleh pihak Kepolisian. Bisa jadi si sopir akan dikenai tindak pidana.

"Ya nanti akan kita mintai keterangan. Kemungkinan dikenai pasal 362 KUHP karena mengendarai kendaraan tidak hati-hati. Tapi akan kita proses lagi," ucapnya.

Imbas dari kejadian ini, underpass Pondok Indah sempat ditutup. Semua kendaraan yang akan melewati terowongan underpass dialihkan ke kiri menuju ke arah Radio Dalam-Blok atau ada yang memilih memutar balik di atas underpass. Macet parah tak terhindarkan hingga perempatan Lebakbulus (Poin Square).

Petugas dari Mal Pondok Indah, Kepolisian dan Pemda bersama dengan si sopir membersihkan serpihan-serpihan beton yang masih tercecer. Saat ini, truk tersebut telah dipinggirkan ke bahu jalan sebelah kiri dan underpass Pondok Indah mulai dibuka separuh lajur.


Rayakan kasih sayang anda dengan coklat. tapi bagaimana kalau coklat tersebut ternyata rekondisi? Simak di Reportase Investigasi, Pukul 16.30 WIB Hanya di TRANS TV

(nvc/nrl)


Punya info seputar #LaluLintas? Jangan lupa kirim ke pasangmata.com .

Sponsored Link

Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Kamis, 17/04/2014 12:31 WIB
    Dirut PT KCJ: Jangan Dulu Berharap Kereta Tepat Waktu
    Gb "PT KAI menggunakan track untuk kereta penumpang dan barang. Komuter di track yang sama. Dan jangan berharap ada ketepatan waktu jika rel digunakan bersama," kata Dirut PT KCJ Tri Handoyo.
ProKontra Index »

Camat dan Lurah Tak Perlu Ada, Ganti Jadi Manajer Pelayanan Satu Atap

Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) segera merealisasikan kantor kelurahan dan kecamatan menjadi kantor pelayanan terpadu satu pintu. Lurah dan camat bakal berfungsi sebagai manajer pelayanan. Ahok berpendapat lurah dan camat tak perlu lagi ada di Indonesia. Bila Anda setuju dengan gagasan Ahok, pilih Pro!
Pro
75%
Kontra
25%