detikcom
Jumat, 06/05/2011 14:04 WIB

Cegah NII KW 9, Kodim Garut Masuk ke Sekolah

Mansyur Hidayat - detikNews
Halaman 1 dari 2
Garut - Kejahatan hipnotis, cuci otak dan yang berujung pemerasan berkedok Negara Islam Indonesia (NII) KW 9, marak di banyak daerah dan menyasar anak muda. Kodim 0611 Garut, Jawa Barat, pun masuk ke sekolah-sekolah untuk menyiagakan para siswa.

"Ini sangat penting disampaikan kepada para siswa atau mahasiswa, karena kondisi mereka masih sangat labil dan mudah sekali dipengaruhi hal-hal baru dengan sedikit memberikan pemahaman terkait NII KW 9," kata Komandan Kodim 0611 Garut, Letkol Arm Edy Yusnandar, usai memberikan materi Gerakan Ketahanan Sekolah di SMP Negeri 2 Garut, Jumat (6/5/2011) kepada wartawan.

Kodim 0611 menggiatkan Gerakan Ketahanan Sekolah serta melakukan sosialisasi yang melibatkan kepala sekolah, guru, dosen, siswa atau mahasiswa, mulai tingkat SMP, SMA dan perguruan tinggi se-Kabupaten Garut.

"Diharapkan bisa mencegah masuknya pengaruh negatif dari gerakan yang berkedok kegiatan keagamaan tersebut," ujar dia.

Dalam prakteknya, penguatan ketahanan sekolah dan sosialisasi terkait NII KW 9 dilakukan secara perlahan agar para siswa atau mahasiswa tidak menjadi resah. Melalui kegiatan imbangan, seperti kegiatan ekstrakulikuler di sekolah dan kampus, pemahaman tersebut disampaikan untuk meningkatkan benteng pertahanan diri dari pengaruh negatif NII KW 9.

"Termasuk ketika Polri atau Pemda memberikan sosialisasi tentang narkoba, gerakan penghijauan atau gerakan lainnya, dalam momentum seperti itu perlu disampaikan pemahaman gerakan NII KW 9," ungkap Edy.

Menurut Edy, hingga saat ini pihaknya belum menemukan adanya anak sekolah atau mahasiswa di Garut yang menjadi korban gerakan NII KW 9. Namun ketahanan sekolah dan sosialisasi terkait gerakan NII KW 9 tersebut perlu dilakukan, sebagai antisipasi dini.Next

Halaman 1 2

Akhiri hari anda dengan menyimak beragam informasi penting dan menarik sepanjang hari ini, di "Reportase Malam" pukul 01.30 WIB, hanya di Trans TV

(fay/nrl)



Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Senin, 21/07/2014 12:41 WIB
    Wamenhub: Jembatan Comal Bikin Jalur Darat Lebih Kompleks, Ada 3 Alternatif
    Gb Jembatan Comal, Pemalang, Jateng, yang ambles pada Jumat (18/7) malam lalu membuat mudik via jalur darat lebih kompleks. Memang Kementerian PU mengebut pengerjaan jembatan itu. Namun di satu sisi harus menunggu kelayakannya. Ada 3 alternatif jalur mudik menghindari Jembatan Comal.
ProKontra Index »

Polisi akan Razia dan Bubarkan Sahur on The Road

Dari hari ke hari, Sahur on The Road (SOTR) alias sahur keliling yang awalnya niatnya baik, membagi-bagikan sahur ke warga tidak mampu, kini melenceng semakin meresahkan, melakukan vandalisme hingga pembacokan. Terakhir Senin (21/7) dini hari, beberapa korban pembacokan kelompok SOTR berjatuhan. Polda Metro Jaya akan merazia, membubarkan hingga menindak kelompok SOTR yang melakukan tindak pidana. Bila Anda setuju dengan tindakan Polda Metro Jaya, pilih Pro!
Pro
72%
Kontra
28%