Detik.com News
Detik.com

Jumat, 06/05/2011 14:04 WIB

Cegah NII KW 9, Kodim Garut Masuk ke Sekolah

Mansyur Hidayat - detikNews
Halaman 1 dari 2
Garut - Kejahatan hipnotis, cuci otak dan yang berujung pemerasan berkedok Negara Islam Indonesia (NII) KW 9, marak di banyak daerah dan menyasar anak muda. Kodim 0611 Garut, Jawa Barat, pun masuk ke sekolah-sekolah untuk menyiagakan para siswa.

"Ini sangat penting disampaikan kepada para siswa atau mahasiswa, karena kondisi mereka masih sangat labil dan mudah sekali dipengaruhi hal-hal baru dengan sedikit memberikan pemahaman terkait NII KW 9," kata Komandan Kodim 0611 Garut, Letkol Arm Edy Yusnandar, usai memberikan materi Gerakan Ketahanan Sekolah di SMP Negeri 2 Garut, Jumat (6/5/2011) kepada wartawan.

Kodim 0611 menggiatkan Gerakan Ketahanan Sekolah serta melakukan sosialisasi yang melibatkan kepala sekolah, guru, dosen, siswa atau mahasiswa, mulai tingkat SMP, SMA dan perguruan tinggi se-Kabupaten Garut.

"Diharapkan bisa mencegah masuknya pengaruh negatif dari gerakan yang berkedok kegiatan keagamaan tersebut," ujar dia.

Dalam prakteknya, penguatan ketahanan sekolah dan sosialisasi terkait NII KW 9 dilakukan secara perlahan agar para siswa atau mahasiswa tidak menjadi resah. Melalui kegiatan imbangan, seperti kegiatan ekstrakulikuler di sekolah dan kampus, pemahaman tersebut disampaikan untuk meningkatkan benteng pertahanan diri dari pengaruh negatif NII KW 9.

"Termasuk ketika Polri atau Pemda memberikan sosialisasi tentang narkoba, gerakan penghijauan atau gerakan lainnya, dalam momentum seperti itu perlu disampaikan pemahaman gerakan NII KW 9," ungkap Edy.

Menurut Edy, hingga saat ini pihaknya belum menemukan adanya anak sekolah atau mahasiswa di Garut yang menjadi korban gerakan NII KW 9. Namun ketahanan sekolah dan sosialisasi terkait gerakan NII KW 9 tersebut perlu dilakukan, sebagai antisipasi dini.Next

Halaman 1 2

Akhiri hari anda dengan menyimak beragam informasi penting dan menarik sepanjang hari ini, di "Reportase Malam" pukul 01.30 WIB, hanya di Trans TV

(fay/nrl)


Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Jumat, 22/05/2015 20:11 WIB
    Andrinof Chaniago: Reshuffle, Kami Tak Peduli
    Andrinof Chaniago: Reshuffle, Kami Tak Peduli Ada yang menilai kurang moncernya kinerja tim ekonomi saat ini tak lepas dari kurang optimalnya peran Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Andrinof Chaniago. Kepala Bappenas itu juga dituding banyak memangkas program-program unggulan Presiden Joko Widodo yang tertuang dalam Nawa Cita.
ProKontra Index »

'Bersihkan' Gelar Palsu, Periksa Semua Ijazah Anggota DPR!

Anggota DPR Fraksi Hanura Frans Agung Mula Putra dilaporkan ke Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) terkait dugaan gelar doktor palsu. Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah bersikap tegas meminta ijazah semua anggota DPR diperiksa. Bila Anda setuju dengan usulan Fahri Hamzah, pilih Pro!
Pro
100%
Kontra
0%