Detik.com News
Detik.com
Minggu, 13/02/2011 16:14 WIB

Peninggalan Firaun di Museum Nasional Mesir Hilang Saat Chaos

Nograhany Widhi K - detikNews
Peninggalan Firaun di Museum Nasional Mesir Hilang Saat Chaos Patung Akhenaten yang hilang (drhawass.com)
Kairo - Demonstrasi besar-besaran di Mesir yang menimbulkan chaos berdampak juga pada Museum Nasional Mesir. Beberapa benda purbakala peninggalan Firaun, sebutan bagi raja-raja Mesir, hilang dijarah.

Seperti dikutip dari situs blog Kepala Pengawasan Benda Purbakala Mesir Zahi Hawass, www.drhawass.com, yang diposting 12 Februari 2011, sebanyak 8 patung dan peninggalan purbakala hilang. Dalam artikel berjudul 'Sad News', Hawass memaparkan 8 benda purbakala itu dia terima dari laporan staf database Museum Nasional Mesir.

"Investigasi sedang berlangsung untuk mencari orang-orang yang mencuri obyek-obyek ini. Polisi dan tentara juga menindaklanjuti untuk menahan pelaku kriminal ini. Saya telah mengatakan, jika Museum Mesir aman, maka Mesir aman. Bagaimanapun, saya khawatir sekarang Mesir tidak aman," tulis Hawass.

Hawas pun rajin menulis perkembangan-perkembangan mengenai restorasi museum dan benda purbakala pasca rusuh, dan mengklarifikasi berita-berita yang tidak benar dari media massa internasional yang memberitakan kehilangan peninggalan purbakala di beberapa situs di Mesir.

Sebelumnya, Hawass memposting pada masa-masa demonstrasi besar-besaran pada Jumat 28 Januari 2011 Museum Mesir di Kairo tidak dijaga dengan baik.

Sekitar seribuan orang, tulis Hawass, mulai melompati tembok di sisi timur Museum sampai halaman. Di sisi barat museum yang baru saja selesai direnovasi, massa memasuki toko hadiah dan suvenir dan menjarah semua perhiasan-perhiasan.

"Mereka pikir toko itu adalah museum, terima kasih Tuhan! Bagaimanapun, 10 orang memasuki museum dan mereka ditemukan di tangga darurat di belakang itu (museum)," tulis Hawass dalam artikelnya berjudul 'The Situation in Egyptian Antiquities Today' yang diposting 30 Januari 2011 lalu.

Berikut 8 peninggalan Firaun yang hilang yang dilaporkan Museum Nasional Mesir:

1. Patung Tutankhamun yang diangkat dewi dari kayu yang disepuh
2. Patung Tutankhamun yang sedang menombak dari kayu yang disepuh. Hanya bagian anggota badan atas patung yang hilang.
3. Patung Akhenaten memegang meja persembahan dari batu gamping.
4. Patung Nefertiti membuat persembahan.
5. Patung kepala putri Amarna dari batu pasir.
6. Patung juru tulis dari Amarna dari batu.
7. Patung shabti (patung tiruan untuk orang mati dari Mesir Kuno) dari Yuya (ada 11 patung)
8. Patung Heart Scarab dari Yuya.


Ikuti berbagai berita menarik hari ini di program "Reportase Sore" TRANS TV Senin sampai Jumat pukul 16.45 WIB

(nwk/nrl)


Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Kamis, 26/03/2015 12:35 WIB
    Dirut Fahmi Idris: BPJS Tak Mungkin Bangkrut
    Dirut Fahmi Idris: BPJS Tak Mungkin Bangkrut Jumlah pengguna jaminan kesehatan nasional melonjak tajam pada tahun pertama penyelenggaraannya. Akibatnya, kondisi keuangan BPJS Kesehatan defisit. Klaim membengkak, lebih besar daripada premi yang diterima.
ProKontra Index »

Tolak APBD DKI 2015, Parpol Lembek dan Mengecewakan

DPRD DKI menolak penggunaan APBD DKI 2015 setelah tak mau membahasnya lewat rapat Badan Anggaran. Tokoh antikorupsi Buya Syafii Maarif mengatakan sikap partai lembek dan mengecewakan. "Mereka menolak isu anggaran siluman tetapi mendukung atau tidak menarik diri dari Hak Angket. Padahal, Ahok diangket karena jelas menolak anggaran siluman itu," kata Buya Syafii. Bila Anda setuju pendapat Buya Syafii, pilih Pro!
Pro
100%
Kontra
0%