detikcom
Selasa, 02/11/2010 09:55 WIB

Abu Merapi Tunda Keberangkatan Rombongan Haji dari Solo foto

Rachmadin Ismail - detikNews
Jakarta - Letusan Gunung Merapi membuat jadwal penerbangan rombongan haji dari Embarkasi Adi Soemarmo Solo tertunda sehari. Seharusnya, penerbangan dilakukan Senin (1/11/2010) kemarin.

"Iya betul, satu kloter kemarin tertunda," kata Edy Martono, manager duty Bandara Adi Soemarmo Solo, kepada detikcom, Selasa (2/11/2010).

Seharusnya, kloter tersebut berangkat dari Solo menuju Jeddah sekitar pukul 18.00 WIB (Senin, 1/11). Namun, karena ada abu vulkanik di sekitar bandara, penerbangan ditunda.

Edy mengaku belum bisa memastikan kapan keberangkatan kloter tersebut. "Saya tidak monitor langsung, itu saya rasa kloter 50-anlah," tambahnya.

Senin siang kemarin, hujan abu vulkanik Merapi tidak mampir ke kawasan Solo. Hujan abu mengarah ke Salatiga, Semarang dan Purwodadi.

Karena itu, Bandara Adi Soemarmo Solo aman dari abu Merapi. Aktivitas penerbangan di bandara ini tetap lancar. Pesawat yang membawa para jamaah haji telah berangkat dengan lancar hingga pukul 12.00 WIB. Gangguan baru muncul untuk penerbangan sore hari.

Menteri Perhubungan mengimbau pihak Bandara Adisutjipto, Yogyakarta, dan Bandara Adi Soemarmo Solo terus mewaspadai bencana letusan Gunung Merapi. Apabila abu vulkanik berbahaya untuk penerbangan, maka bandara sebaiknya ditutup.

Abu vulkanik berbahaya bagi penerbangan. Selain mengganggu pandangan, bila masuk ke mesin pesawat bisa membuat mesin mati.

(mad/nrl)


Setelah eksekusi 6 terpidana mati narkoba, dua negara menarik duta besarnya. Bagaimana perkembangan terkini? Simak di sini.


Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Selasa, 27/01/2015 16:57 WIB
    Menteri Yohana Yembise: Kekerasan Anak Akibat Nikah Muda
    Gb Bagi Yohana Susana Yembise, jabatan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak adalah kepercayaan sekaligus menjadi simbol perjuangan atas dominasi adat di Papua, yang umumnya didominasi laki-laki. Yohana juga mengkhawatirkan tingkat kekerasan anak yang makin memprihatinkan.
ProKontra Index »

Jika Presiden Jokowi Berhentikan BW, BG Juga Harus Dinonaktifkan

Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto (BW) mengajukan berhenti sementara karena menjadi tersangka di Polri. Menurut peneliti ICW, Donal Fariz, bila Presiden nanti menerima pengunduran diri BW, maka Presiden juga harus menonaktifkan Komjen Budi Gunawan (BG) sebagai calon Kapolri. Apalagi kasus yang menjerat Komjen BG lebih krusial, yakni korupsi dibanding kasus yang menjerat BW, pidana biasa. Bila Anda setuju dengan Donal Fariz, pilih Pro!
Pro
68%
Kontra
32%
MustRead close