Selasa, 02/11/2010 09:55 WIB

Abu Merapi Tunda Keberangkatan Rombongan Haji dari Solo foto

Rachmadin Ismail - detikNews
Jakarta - Letusan Gunung Merapi membuat jadwal penerbangan rombongan haji dari Embarkasi Adi Soemarmo Solo tertunda sehari. Seharusnya, penerbangan dilakukan Senin (1/11/2010) kemarin.

"Iya betul, satu kloter kemarin tertunda," kata Edy Martono, manager duty Bandara Adi Soemarmo Solo, kepada detikcom, Selasa (2/11/2010).

Seharusnya, kloter tersebut berangkat dari Solo menuju Jeddah sekitar pukul 18.00 WIB (Senin, 1/11). Namun, karena ada abu vulkanik di sekitar bandara, penerbangan ditunda.

Edy mengaku belum bisa memastikan kapan keberangkatan kloter tersebut. "Saya tidak monitor langsung, itu saya rasa kloter 50-anlah," tambahnya.

Senin siang kemarin, hujan abu vulkanik Merapi tidak mampir ke kawasan Solo. Hujan abu mengarah ke Salatiga, Semarang dan Purwodadi.

Karena itu, Bandara Adi Soemarmo Solo aman dari abu Merapi. Aktivitas penerbangan di bandara ini tetap lancar. Pesawat yang membawa para jamaah haji telah berangkat dengan lancar hingga pukul 12.00 WIB. Gangguan baru muncul untuk penerbangan sore hari.

Menteri Perhubungan mengimbau pihak Bandara Adisutjipto, Yogyakarta, dan Bandara Adi Soemarmo Solo terus mewaspadai bencana letusan Gunung Merapi. Apabila abu vulkanik berbahaya untuk penerbangan, maka bandara sebaiknya ditutup.

Abu vulkanik berbahaya bagi penerbangan. Selain mengganggu pandangan, bila masuk ke mesin pesawat bisa membuat mesin mati.


Ikuti berbagai peristiwa menarik yang terjadi sepanjang hari ini hanya di "Reportase" TRANS TV Senin - Jumat pukul 16.45 WIB

(mad/nrl)



Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Minggu, 14/09/2014 14:52 WIB
    Lulung: Yang Penting Pak Ahok Manis Bicara, Ai Dukung
    Gb Haji Lulung mengaku sudah tidak ada masalah dengan Ahok yang bersuara keras soal kebobrokan DPRD jika pilkada tidak dilakukan langsung. Dia mengingatkan Ahok berhati-hati bicara sehingga tidak ada yang tersinggung.
ProKontra Index »

16 Kursi Menteri dari Parpol di Kabinet Jokowi Terlalu Banyak

Presiden Terpilih Jokowi telah mengumumkan postur kabinetnya. Jokowi memberi jatah 16 kursi untuk kader parpol. Menurut pengamat politik dari UIN Syarif Hidayatullah Gun Gun Heryanto, 16 kursi untuk kader parpol ini dinilai terlalu besar, tak sesuai harapan publik. Awalnya publik mengira jatah menteri untuk parpol jauh lebih sedikit. Bila Anda setuju dengan Gun Gun Heryanto, pilih Pro!
Pro
36%
Kontra
64%