Senin, 13/09/2010 12:47 WIB

PT KAI Luncurkan Kereta Api Bertoilet Ramah Lingkungan

Hery Winarno - detikNews
Jakarta - PT KAI telah meluncurkan kereta api yang dilengkapi fasilitas WC/toilet ramah lingkungan. Kereta Api (KA) Argo Lawu relasi Gambir-Solo adalah kereta api pertama
yang menggunakan fasilitas toilet ramah lingkungan tersebut. Lalu apa yang dimaksud
toilet ramah lingkungan tersebut?

"Kalau selama ini penumpang buang air besar (BAB) di kereta, maka kotorannya akan langsung dibuang di rel. Kalau KA Argo Lawu baru ini, kereta akan dilengkapi penampungan, jadi tidak dibuang di jalan," ujar Humas Daop I Jakarta, Mateta Rijaluhaq kepada wartawan di Stasiun Senen, Jakarta Pusat, Senin (13/9/2010).

Bak penampungan tersebut nantinya akan dikuras setiap tiga bulan sekali. Dimana di dalam bak akan diisi air dan mikroba yang dapat menghancurkan dan menetralisir kotoran.

"Ini bentuk peningkatan mutu yang kita berikan. Tidak saja pelayanan kepada penumpang tapi juga keramahan terhadap lingkungan," tambahnya.

Meski baru diterapkan di KA Argo Lawu, PT KAI berharap nantinya semua KA akan dilengkapi fasilitas toilet ramah lingkungan tersebut. KA Argo Lawu dengan fasilitas toilet ramah lingkungan tersebut sudah diluncurkan pada Minggu (12/9) pada pukul 21.05 WIB lalu di Stasiun Besar Gambir.

"Rencananya setelah Argo Lawu,kita juga akan terapkan toilet ramah lingkungan tersebut di KA Argo Dwipangga dengan relasi Gambir-Solo," imbuhnya.


Akhiri hari anda dengan menyimak beragam informasi penting dan menarik sepanjang hari ini, di "Reportase Malam" pukul 01.30 WIB, hanya di Trans TV

(her/ndr)



Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Minggu, 19/10/2014 19:41 WIB
    Iriana Bicara tentang Gaya, Media Sosial, Burung hingga Diri Sendiri
    Gb Iriana, tidak lama lagi akan menjadi Ibu Negara. Banyak yang penasaran akan sosoknya. Iriana, yang cenderung tak banyak berbicara, kali ini bersedia menjawab pertanyaan. Mulai soal gaya, hobi merawat burung hingga tentang dirinya sendiri. Seperti apa?
ProKontra Index »

Tak Perlu Arak-arakan Pesta Rakyat Saat Pelantikan Jokowi

Relawan Jokowi-JK akan menggelar pesta rakyat saat pelantikan presiden dan wapres pada 20 Oktober 2014 nanti dimulai dari Semanggi dan berakhir di Monas. Kapolri Jenderal Sutarman menyarankan tidak perlu ada acara arak-arakan seperti itu. "Saya sarankan tidak perlu arak-arakan, saya kira tidak perlu. Mungkin kalau bersyukur, bersyukur berdoa saja, enggak perlu arak-arakan," kata Kapolri. Bila Anda setuju dengan Kapolri, pilih Pro!
Pro
35%
Kontra
65%