Minggu, 05/09/2010 21:21 WIB

Gunung Sinabung Sedang Menghimpun Energi foto

Khairul Ikhwan - detikNews
Medan - Pasca letusannya yang aktif dalam sepekan ini, Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara (Sumut) masih belum lagi jinak. Pada Minggu (5/9/2010) dilaporkan, gunung ini sedang melakukan penghimpunan energi.

Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Surono menyatakan, masih belum bisa dipastikan energi apa yang akan dilepaskan gunung tersebut. Bisa berbentuk, gempa vulkanik atau hembusan dari kawah. Gunung juga melakukan perubahan karakter. Sebelumnya gunung ini menaikkan gempa vulkanik dan menurunkan hembusannya. Sekarang gunung menaikkan gempa vulkaniknya.

"Yang pasti, energi itu bisa dikeluarkan sewaktu-waktu," katanya kepada wartawan di Kabupaten Karo.

Data yang diperoleh di posko Penanggulangan Bencana Alam Letusan Gunung Sinabung di Kabanjahe menyebutkan, pada hari ini, sejak pukul 00.00 hingga 06:00 WIB terekam tujuh kali kejadian Gempa Vulkanik Dalam (VA) dengan amplitudo maksimum 10-46 mm. Durasi gempa antara 8 hingga 9 detik.

Selain itu, terdapat empat kali kejadian Vulkanik Dangkal (VB) dengan amplitudo maksimum 6-14 mm, lama gempa 5-7,5 detik. Gunung Sinabung juga melakukan tiga kali hembusan dengan amplitudo 3-8 mm, lama gempa 10-19 detik.

Sejak pukul 05.36 WIB terjadi getaran tremor menerus dengan amplitudo dominan 3 mm, serta satu kali kejadian gempa Tektonik Lokal (TL) dengan amplituda maksimum 40 mm dengan lama gempa 26 dan SP 6,5 detik. Terdapat juga satu kali kejadian gempa Tektonik Jauh (TJ) dengan amplitudo maksimim 9,5 mm dengan lama gempa 60 dan SP 21 detik.

Ikuti berbagai peristiwa menarik yang terjadi sepanjang hari ini hanya di "Reportase" TRANS TV Senin - Jumat pukul 16.45 WIB

(rul/irw)



Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Minggu, 19/10/2014 19:41 WIB
    Iriana Bicara tentang Gaya, Media Sosial, Burung hingga Diri Sendiri
    Gb Iriana, tidak lama lagi akan menjadi Ibu Negara. Banyak yang penasaran akan sosoknya. Iriana, yang cenderung tak banyak berbicara, kali ini bersedia menjawab pertanyaan. Mulai soal gaya, hobi merawat burung hingga tentang dirinya sendiri. Seperti apa?
ProKontra Index »

Jokowi Harus Dengarkan Informasi KPK agar Ciptakan Kabinet Bersih

KPK mengatakan 43 nama calon menteri yang diberikan Jokowi, setengahnya memiliki rapor merah atau incaran KPK. Pengamat politik dari UGM Ari Dwipayana mengimbau agar Jokowi harus mendengarkan informasi dari KPK tersebut agar dapat menciptakan kabinet yang bersih.Bila Anda setuju dengan Ari Dwipayanya, pilih Pro!
Pro
66%
Kontra
34%