detikcom
Minggu, 05/09/2010 21:21 WIB

Gunung Sinabung Sedang Menghimpun Energi foto

Khairul Ikhwan - detikNews
Medan - Pasca letusannya yang aktif dalam sepekan ini, Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara (Sumut) masih belum lagi jinak. Pada Minggu (5/9/2010) dilaporkan, gunung ini sedang melakukan penghimpunan energi.

Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Surono menyatakan, masih belum bisa dipastikan energi apa yang akan dilepaskan gunung tersebut. Bisa berbentuk, gempa vulkanik atau hembusan dari kawah. Gunung juga melakukan perubahan karakter. Sebelumnya gunung ini menaikkan gempa vulkanik dan menurunkan hembusannya. Sekarang gunung menaikkan gempa vulkaniknya.

"Yang pasti, energi itu bisa dikeluarkan sewaktu-waktu," katanya kepada wartawan di Kabupaten Karo.

Data yang diperoleh di posko Penanggulangan Bencana Alam Letusan Gunung Sinabung di Kabanjahe menyebutkan, pada hari ini, sejak pukul 00.00 hingga 06:00 WIB terekam tujuh kali kejadian Gempa Vulkanik Dalam (VA) dengan amplitudo maksimum 10-46 mm. Durasi gempa antara 8 hingga 9 detik.

Selain itu, terdapat empat kali kejadian Vulkanik Dangkal (VB) dengan amplitudo maksimum 6-14 mm, lama gempa 5-7,5 detik. Gunung Sinabung juga melakukan tiga kali hembusan dengan amplitudo 3-8 mm, lama gempa 10-19 detik.

Sejak pukul 05.36 WIB terjadi getaran tremor menerus dengan amplitudo dominan 3 mm, serta satu kali kejadian gempa Tektonik Lokal (TL) dengan amplituda maksimum 40 mm dengan lama gempa 26 dan SP 6,5 detik. Terdapat juga satu kali kejadian gempa Tektonik Jauh (TJ) dengan amplitudo maksimim 9,5 mm dengan lama gempa 60 dan SP 21 detik.
(rul/irw)



Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Senin, 21/07/2014 12:41 WIB
    Wamenhub: Jembatan Comal Bikin Jalur Darat Lebih Kompleks, Ada 3 Alternatif
    Gb Jembatan Comal, Pemalang, Jateng, yang ambles pada Jumat (18/7) malam lalu membuat mudik via jalur darat lebih kompleks. Memang Kementerian PU mengebut pengerjaan jembatan itu. Namun di satu sisi harus menunggu kelayakannya. Ada 3 alternatif jalur mudik menghindari Jembatan Comal.
ProKontra Index »

Polisi akan Razia dan Bubarkan Sahur on The Road

Dari hari ke hari, Sahur on The Road (SOTR) alias sahur keliling yang awalnya niatnya baik, membagi-bagikan sahur ke warga tidak mampu, kini melenceng semakin meresahkan, melakukan vandalisme hingga pembacokan. Terakhir Senin (21/7) dini hari, beberapa korban pembacokan kelompok SOTR berjatuhan. Polda Metro Jaya akan merazia, membubarkan hingga menindak kelompok SOTR yang melakukan tindak pidana. Bila Anda setuju dengan tindakan Polda Metro Jaya, pilih Pro!
Pro
68%
Kontra
32%