Detik.com News
Detik.com
Sabtu, 31/07/2010 10:09 WIB

Disiplin Berkendara Salah Satu Kunci Atasi Kemacetan

E Mei Amelia R - detikNews
Disiplin Berkendara Salah Satu Kunci Atasi Kemacetan
Jakarta - Para pengendara kendaraan bermotor kerap kurang disiplin di jalan. Perilaku pengendara yang kurang patuh itu, berdampak terhadap kemacetan lalulintas di Jakarta.

"Masyarakat harus meningkatkan budaya disiplin dalam berlalulintas," kata Kapolda Metro Jaya Irjen Timur Pradopo di SPN Lido, Sukabumi, Jawa Barat, Sabtu (31/7/2010) dinihari.

Kapolda mengungkapkan, kemacetan ini terkait dengan pelanggaran lalulintas. Semakin banyak pengendara yang melanggar, kemacetan semakin banyak terjadi.

"Contohnya, menghentikan kendaraan di tempat sembarang," katanya.

Menurut Kapolda, permasalahan lalulintas tidak bisa dilakukan oleh institusi polri semata. Pengentasan masalah kemacetan diperlukan kerjasama semua stakeholder yang ada.

"Kita tidak bisa bekerja sendiri tapi harus lintas sektoral. Diperlukan kerjasama berbagai instansi terkait," ungkapnya.

Kapolda juga memandang pentingnya kesadaran masyarakat dalam berlalulintas. "Jadi kita juga perlu masyarakat untuk menyadari semua ini," ungkapnya.

Selain dari sikap dan perilaku masyarakat, Kapolda juga mengatakan perlunya peningkatan transportasi massal agar bisa mengangkut warga dalam jumlah banyak.

"Perlu ditingkatkan lagi transportasi massalnya juga," katanya.

Kapolda menyadari, ketidaknyamanan masyarakat dalam menggunakan transportasi publik membuat masyarakat beralih ke kendaraan pribadi.

Belum lagi pelecehan seksual yang terjadi dalam angkutan umum membuat masyarakat semakin enggan menggunakan transportasi publik.

Guna menghindari kriminalitas di dalam angkutan umum, Kapolda mengimbau agar masyarakat selalu waspada. "Tidak menggunakan perhiasan yang mencolok dan tidak membawa barang berharga dalam tas dalam jumlah banyak," tutupnya.


Ikuti berbagai berita menarik hari ini di program "Reportase Sore" TRANS TV Senin sampai Jumat pukul 16.45 WIB

(mei/nik)


Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Senin, 23/02/2015 10:27 WIB
    Komjen Badrodin: Penertiban Internal agar Tak Terjangkit Hedonis-Konsumtif
    Komjen Badrodin: Penertiban Internal agar Tak Terjangkit Hedonis-Konsumtif Wakil Kapolri Komjen Badrodin Haiti diusulkan Presiden Jokowi menjadi calon Kapolri. Komjen Badrodin mengakui masih banyak perbaikan yang perlu dilakukan di jajaran Polri. Dia juga dengan besar hati mengakui masih banyak penyimpangan yang perlu ditertibkan. Apa saja?
ProKontra Index »

MA Harus Turun Tangan Setop 'Sarpin Effect'!

Putusan hakim PN Jaksel Sarpin Rizaldi yang memperbolehkan status tersangka jadi materi gugatan praperadilan berpotensi menimbulkan kekacauan hukum di Indonesia. "MA harus menyetop. Segera batalkan putusan Sarpin. Kalau tidak, semua tersangka akan melakukan hal yang sama," jelas FH Unsoed Purwokerto, Prof Dr Hibnu Nugroho. Bila Anda setuju dengan Prof Hibnu, pilih Pro!
Pro
94%
Kontra
6%