Detik.com News
Detik.com

Sabtu, 31/07/2010 10:09 WIB

Disiplin Berkendara Salah Satu Kunci Atasi Kemacetan

E Mei Amelia R - detikNews
Disiplin Berkendara Salah Satu Kunci Atasi Kemacetan
Jakarta - Para pengendara kendaraan bermotor kerap kurang disiplin di jalan. Perilaku pengendara yang kurang patuh itu, berdampak terhadap kemacetan lalulintas di Jakarta.

"Masyarakat harus meningkatkan budaya disiplin dalam berlalulintas," kata Kapolda Metro Jaya Irjen Timur Pradopo di SPN Lido, Sukabumi, Jawa Barat, Sabtu (31/7/2010) dinihari.

Kapolda mengungkapkan, kemacetan ini terkait dengan pelanggaran lalulintas. Semakin banyak pengendara yang melanggar, kemacetan semakin banyak terjadi.

"Contohnya, menghentikan kendaraan di tempat sembarang," katanya.

Menurut Kapolda, permasalahan lalulintas tidak bisa dilakukan oleh institusi polri semata. Pengentasan masalah kemacetan diperlukan kerjasama semua stakeholder yang ada.

"Kita tidak bisa bekerja sendiri tapi harus lintas sektoral. Diperlukan kerjasama berbagai instansi terkait," ungkapnya.

Kapolda juga memandang pentingnya kesadaran masyarakat dalam berlalulintas. "Jadi kita juga perlu masyarakat untuk menyadari semua ini," ungkapnya.

Selain dari sikap dan perilaku masyarakat, Kapolda juga mengatakan perlunya peningkatan transportasi massal agar bisa mengangkut warga dalam jumlah banyak.

"Perlu ditingkatkan lagi transportasi massalnya juga," katanya.

Kapolda menyadari, ketidaknyamanan masyarakat dalam menggunakan transportasi publik membuat masyarakat beralih ke kendaraan pribadi.

Belum lagi pelecehan seksual yang terjadi dalam angkutan umum membuat masyarakat semakin enggan menggunakan transportasi publik.

Guna menghindari kriminalitas di dalam angkutan umum, Kapolda mengimbau agar masyarakat selalu waspada. "Tidak menggunakan perhiasan yang mencolok dan tidak membawa barang berharga dalam tas dalam jumlah banyak," tutupnya.


Mulai hari anda dengan informasi aneka peristiwa penting dan menarik di "Reportase Pagi" pukul 04.00 - 05.30 WIB hanya di Trans TV

(mei/nik)


Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Kamis, 30/04/2015 21:33 WIB
    Kepala BNP2TKI Nusron Wahid: TKI Harus Jalani Psikotes
    Kepala BNP2TKI Nusron Wahid: TKI Harus Jalani Psikotes Eksekusi mati terhadap dua tenaga kerja Indonesia di Arab Saudi memang bukan yang pertama kali terjadi. Namun Kepala BNP2TKI Nusron Wahid justru menilai sia-sia protes terhadap pemerintah Arab Saudi terkait notifikasi eksekusi mati. Menurut dia, yang seharusnya diubah adalah aturan di Indonesia.
ProKontra Index »

Atasi Prostitusi, Tiru Swedia yang Hukum Pembeli Jasa dan Germo PSK!

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengatakan RI harus belajar dari Swedia untuk mengatasi prostitusi. Swedia melegalkan PSK namun mengkriminalkan mereka yang membeli jasa PSK dan germo yang menjual PSK. Bila Anda setuju usulan Mensos Khofifah, pilih Pro!
Pro
100%
Kontra
0%