Kamis, 20/05/2010 11:30 WIB

Lomba Kartun Nabi Dipicu Film Nabi Berkostum Beruang

Fitraya Ramadhanny - detikNews
Jakarta - Grup Facebook 'Everybody Draw Muhammed Day' menimbulkan protes dari berbagai belahan dunia. Munculnya grup ini berawal dari Seattle, AS, dan dipicu kekisruhan serial kartun komedi South Park yang menampilkan Nabi Muhammad berkostum beruang.

Ide lomba kartun nabi itu berawal dari Molly Norris, seorang kartunis asal Seattle. Norris ingin menanggapi sikap stasiun televisi Comedy Central yang menyensor episode ke 201 dari serial kartun dewasa South Park.

Seperti dilansir dari New York Times, Kamis (22/4/2010), Comedy Central menyensor episode ke 201 karena menampilkan Nabi Muhammad memakai kostum beruang. Langkah itu diambil menyusul protes dari kelompok muslim di AS terhadap film karya Matt Stone dan Trey Parker itu.

Banyak yang menilai langkah Comedy Central sudah tepat, karena episode itu memang memancing isu SARA. Namun banyak juga yang membela Stone dan Parker.

Nah, Norris membela para koleganya itu dengan alasan hak asasi untuk berekspresi dan mengeluarkan pendapat. Seperti ditulis rawstory.com, Sabtu (24/4/2010) Norris lalu tercetus ide mengadakan lomba gambar nabi.

Norris mempublikasikan poster lomba tersebut di situs pribadinya dan lalu disambut dengan munculnya grup di Facebook yang dibuat oleh orang lain. Grup Facebook inilah yang kemudian mendunia dan mengundang protes dunia internasional.

South Park bukan sekali ini saja menampilkan Nabi Muhammad. Dalam salah satu episodenya beberapa tahun lalu, Stone dan Parker pernah menampilkan Nabi Muhammad bersama Yesus, Buddha, Krishna dan Musa. Mereka digambarkan sebagai lima sekawan pahlawan super. Meski demikian, protes saat itu muncul karena memunculkan gambar Nabi Muhammad.

Seorang Balita Tercebur Ke Dalam Kuali Panas. Saksikan selengkapnya di "Reportase Pagi" pukul 04.30 - 05.30 WIB hanya di Trans TV

(fay/nrl)


Punya info seputar #LaluLintas? Jangan lupa kirim ke pasangmata.com .

Sponsored Link

Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Kamis, 17/04/2014 12:31 WIB
    Dirut PT KCJ: Jangan Dulu Berharap Kereta Tepat Waktu
    Gb "PT KAI menggunakan track untuk kereta penumpang dan barang. Komuter di track yang sama. Dan jangan berharap ada ketepatan waktu jika rel digunakan bersama," kata Dirut PT KCJ Tri Handoyo.
ProKontra Index »

Camat dan Lurah Tak Perlu Ada, Ganti Jadi Manajer Pelayanan Satu Atap

Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) segera merealisasikan kantor kelurahan dan kecamatan menjadi kantor pelayanan terpadu satu pintu. Lurah dan camat bakal berfungsi sebagai manajer pelayanan. Ahok berpendapat lurah dan camat tak perlu lagi ada di Indonesia. Bila Anda setuju dengan gagasan Ahok, pilih Pro!
Pro
75%
Kontra
25%