detikcom
Jumat, 16/04/2010 03:45 WIB

Kisruh Kyrgyztan

Presiden Bakiyev Resmi Mundur, Pergi ke Kazakhstan

Ayu Fitriana - detikNews
Bishkek - Presiden Kyrgyztan Kurmanbek Bakiyev akhirnya mengundurkan diri. Bakiyev pergi ke negara tetangga Kazakhstan. Bakiyev pergi dengan dramatis menggunakan pesawat dari Jalalabad di selatan Kyrgyztan.

"Siang ini, Kurmanbek Bakiyev terbang dari Jalalabad menuju Kazakhstan dengan pesawat", kata seorang pejabat Kyrgyztan kepada AFP, Jumat (16/4/2010).

Kepergian Bakiyev dari negaranya dikoordinasikan oleh Rusia dan Amerika Serikat. Juru bicara Kazakhstan Ilias Omarov mengkonfirmasi kepergian Bakiyev. Bakiyev telah mendarat di di Taraz, kota di selatan Kazakhstan yang berbatasan dengan Kyrgyztan namun belum diketahui apa rencana Bakiyev setelah itu.

Menteri Luar Negeri Kyrgyztan, Kanat Saudabayev, menyebutkan bahwa kepergian Bakiyev sesuai dengan kesepakatan bersama antara Presiden Kazakhstan, Nursultan Nazarbayev, Presiden Amerika Serikat, Barrack Obama, dan Presiden Rusia, Dmitry Medvedev. Kepergian ini dimaksudkan untuk menjaga stabilitas di Kyrgyztan.

Setelah pemunduran Bakiyev, roda pemerintahan sementara dipimpin oleh Roza Otunbayeva memiliki peranyang sangat penting untuk memulihkan kembali negara itu.


Indonesia jadi surga pelaku pedopilia dunia. Saksikan di program "Reportase Sore" TRANS TV Senin sampai Jumat pukul 16.45 WIB

(Rez/Rez)


Setelah eksekusi 6 terpidana mati narkoba, dua negara menarik duta besarnya. Bagaimana perkembangan terkini? Simak di sini.


Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Selasa, 27/01/2015 16:57 WIB
    Menteri Yohana Yembise: Kekerasan Anak Akibat Nikah Muda
    Gb Bagi Yohana Susana Yembise, jabatan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak adalah kepercayaan sekaligus menjadi simbol perjuangan atas dominasi adat di Papua, yang umumnya didominasi laki-laki. Yohana juga mengkhawatirkan tingkat kekerasan anak yang makin memprihatinkan.
ProKontra Index »

Jika Presiden Jokowi Berhentikan BW, BG Juga Harus Dinonaktifkan

Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto (BW) mengajukan berhenti sementara karena menjadi tersangka di Polri. Menurut peneliti ICW, Donal Fariz, bila Presiden nanti menerima pengunduran diri BW, maka Presiden juga harus menonaktifkan Komjen Budi Gunawan (BG) sebagai calon Kapolri. Apalagi kasus yang menjerat Komjen BG lebih krusial, yakni korupsi dibanding kasus yang menjerat BW, pidana biasa. Bila Anda setuju dengan Donal Fariz, pilih Pro!
Pro
69%
Kontra
31%