Detik.com News
Detik.com

Jumat, 16/04/2010 03:45 WIB

Kisruh Kyrgyztan

Presiden Bakiyev Resmi Mundur, Pergi ke Kazakhstan

Ayu Fitriana - detikNews
Presiden Bakiyev Resmi Mundur, Pergi ke Kazakhstan
Bishkek - Presiden Kyrgyztan Kurmanbek Bakiyev akhirnya mengundurkan diri. Bakiyev pergi ke negara tetangga Kazakhstan. Bakiyev pergi dengan dramatis menggunakan pesawat dari Jalalabad di selatan Kyrgyztan.

"Siang ini, Kurmanbek Bakiyev terbang dari Jalalabad menuju Kazakhstan dengan pesawat", kata seorang pejabat Kyrgyztan kepada AFP, Jumat (16/4/2010).

Kepergian Bakiyev dari negaranya dikoordinasikan oleh Rusia dan Amerika Serikat. Juru bicara Kazakhstan Ilias Omarov mengkonfirmasi kepergian Bakiyev. Bakiyev telah mendarat di di Taraz, kota di selatan Kazakhstan yang berbatasan dengan Kyrgyztan namun belum diketahui apa rencana Bakiyev setelah itu.

Menteri Luar Negeri Kyrgyztan, Kanat Saudabayev, menyebutkan bahwa kepergian Bakiyev sesuai dengan kesepakatan bersama antara Presiden Kazakhstan, Nursultan Nazarbayev, Presiden Amerika Serikat, Barrack Obama, dan Presiden Rusia, Dmitry Medvedev. Kepergian ini dimaksudkan untuk menjaga stabilitas di Kyrgyztan.

Setelah pemunduran Bakiyev, roda pemerintahan sementara dipimpin oleh Roza Otunbayeva memiliki peranyang sangat penting untuk memulihkan kembali negara itu.


Ikuti berbagai berita menarik hari ini di program "Reportase Sore" TRANS TV Senin sampai Jumat pukul 16.45 WIB

(Rez/Rez)


Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Kamis, 26/03/2015 12:35 WIB
    Dirut Fahmi Idris: BPJS Tak Mungkin Bangkrut
    Dirut Fahmi Idris: BPJS Tak Mungkin Bangkrut Jumlah pengguna jaminan kesehatan nasional melonjak tajam pada tahun pertama penyelenggaraannya. Akibatnya, kondisi keuangan BPJS Kesehatan defisit. Klaim membengkak, lebih besar daripada premi yang diterima.
ProKontra Index »

Tolak APBD DKI 2015, Parpol Lembek dan Mengecewakan

DPRD DKI menolak penggunaan APBD DKI 2015 setelah tak mau membahasnya lewat rapat Badan Anggaran. Tokoh antikorupsi Buya Syafii Maarif mengatakan sikap partai lembek dan mengecewakan. "Mereka menolak isu anggaran siluman tetapi mendukung atau tidak menarik diri dari Hak Angket. Padahal, Ahok diangket karena jelas menolak anggaran siluman itu," kata Buya Syafii. Bila Anda setuju pendapat Buya Syafii, pilih Pro!
Pro
100%
Kontra
0%