detikcom
Jumat, 29/01/2010 12:16 WIB

Gempa Haiti

15 Hari Tanpa Makan & Minum, Darlene Bikin Dokter Terkagum-kagum

Rita Uli Hutapea - detikNews
Reuters
Port-au-Prince - Bencana gempa dahsyat di Haiti menyisakan kisah-kisah memilukan namun juga menakjubkan. Darlene Etienne membuat para dokter yang merawatnya terkagum-kagum. Bagaimana tidak, gadis Haiti itu selamat meski telah tertimbun reruntuhan selama 15 hari!

Banyak yang tak menyangka remaja berusia 16 tahun itu bisa bertahan begitu lama. Apalagi tanpa makanan dan minuman.

"Kami sangat terkejut akan fakta bahwa dia masih hidup," kata Dr. Evelyne Lambert yang menangani Darlene di kapal rumah sakit Prancis yang berlabuh di pantai Haiti.

"Saya tak bisa menjelaskannya secara medis, tapi dia bilang ke saya pagi tadi bahwa dia tidak makan apapun, tidak minum apapun," imbuhnya seperti dilansir kantor berita AFP, Jumat (29/1/2010).

Darlene ditemukan pada Rabu, 27 Januari lalu setelah para tetangga mendengar jeritan lemahnya. Mereka lalu menghubungi Palang Merah setempat yang langsung mengerahkan para petugas penyelamat untuk menemukan Darlene. Sejauh ini Darlene merupakan korban gempa terlama yang berhasil diselamatkan.

"Sepengetahuan saya, dia merupakan salah satu kasus korban selamat yang paling ekstrem," cetus Kolonel Michel Orcel, yang memimpin rumah sakit lapangan Prancis di Port-au-Prince.

Saat ini kondisi Darlene mulai pulih. Saat ditemukan, kondisinya sangat lemah dan mengalami dehidrasi parah.


Ikuti sejumlah peristiwa menarik yang terjadi sepanjang hari ini hanya di "Reportase" TRANS TV Senin - Jumat pukul 12.45 WIB

(ita/iy)



Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Senin, 21/07/2014 12:41 WIB
    Wamenhub: Jembatan Comal Bikin Jalur Darat Lebih Kompleks, Ada 3 Alternatif
    Gb Jembatan Comal, Pemalang, Jateng, yang ambles pada Jumat (18/7) malam lalu membuat mudik via jalur darat lebih kompleks. Memang Kementerian PU mengebut pengerjaan jembatan itu. Namun di satu sisi harus menunggu kelayakannya. Ada 3 alternatif jalur mudik menghindari Jembatan Comal.
ProKontra Index »

Polisi akan Razia dan Bubarkan Sahur on The Road

Dari hari ke hari, Sahur on The Road (SOTR) alias sahur keliling yang awalnya niatnya baik, membagi-bagikan sahur ke warga tidak mampu, kini melenceng semakin meresahkan, melakukan vandalisme hingga pembacokan. Terakhir Senin (21/7) dini hari, beberapa korban pembacokan kelompok SOTR berjatuhan. Polda Metro Jaya akan merazia, membubarkan hingga menindak kelompok SOTR yang melakukan tindak pidana. Bila Anda setuju dengan tindakan Polda Metro Jaya, pilih Pro!
Pro
77%
Kontra
23%