detikcom
Minggu, 17/01/2010 12:17 WIB

Gempa Haiti

Jenazah Kepala Misi PBB Hedi Annabi Ditemukan video foto

Nurul Hidayati - detikNews
Jakarta - Kepala Misi PBB di Haiti, Hedi Annabi, dipastikan tewas dalam gempa dahsyat pada Selasa (12/1/2010), setelah jenazahnya berhasil ditemukan. Annabi adalah seorang warga Tunisia berusia 65 tahun.

Dalam statemen pada Sabtu waktu setempat, Sekjen PBB Ban Ki-Moon juga mengkonfirmasikan kematian wakil Annabi, Luiz Carlos da Costa asal Brasil, dan Pjs Kepala Polisi PBB di Haiti, Doug Coates, dari Kanada. Demikian dilansir Reuters, Minggu (17/1/2010).

Ban tidak memberikan detail bagaimana jenazah keduanya ditemukan, namun sebelumnya PBB menyatakan bahwa Annabi dan wakilnya berada di bawah reruntuhkan Hotel Christopher, markas misi PBB di ibukota Haiti, Port-au-Prince, dan mereka bisa saja masih hidup atau tewas.

Presiden Haiti Rene Preval menyatakan pada Rabu (13/1) lalu bahwa Annabi telah tewas, namun PBB saat itu belum bisa memastikannya.

Annabi adalah kepala misi PBB pertama yang tewas dalam tugas sejak Sergio Vieira de Mello dari Brasil yang terbunuh bersama 14 staf PBB lainnya saat sebuah truk bom meledak di samping markas PBB di Baghdad pada 2003.

Hingga Jumat lalu, korban tewas dari markas PBB di Haiti mencapai 37 orang. Jumlah korban tewas yang diumumkan Ban meningkat menjadi 40, namun para pejabat PBB memperkirakan bisa melonjak lebih 100 orang.

Misi PBB dikirim ke Haiti setelah kudeta berdarah Presiden Jean-Bertrand Aristide pada 2004. Hampir 9 ribu polisi dan tentara PBB berada di Haiti untuk membantu polisi negara termiskin di belahan Barat itu menjamin keamanan.

Akhiri hari anda dengan menyimak beragam informasi penting dan menarik sepanjang hari ini, di "Reportase Malam" pukul 01.30 WIB, hanya di Trans TV

(nrl/anw)


Setelah eksekusi 6 terpidana mati narkoba, dua negara menarik duta besarnya. Bagaimana perkembangan terkini? Simak di sini.


Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Selasa, 27/01/2015 16:57 WIB
    Menteri Yohana Yembise: Kekerasan Anak Akibat Nikah Muda
    Gb Bagi Yohana Susana Yembise, jabatan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak adalah kepercayaan sekaligus menjadi simbol perjuangan atas dominasi adat di Papua, yang umumnya didominasi laki-laki. Yohana juga mengkhawatirkan tingkat kekerasan anak yang makin memprihatinkan.
ProKontra Index »

Jika Presiden Jokowi Berhentikan BW, BG Juga Harus Dinonaktifkan

Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto (BW) mengajukan berhenti sementara karena menjadi tersangka di Polri. Menurut peneliti ICW, Donal Fariz, bila Presiden nanti menerima pengunduran diri BW, maka Presiden juga harus menonaktifkan Komjen Budi Gunawan (BG) sebagai calon Kapolri. Apalagi kasus yang menjerat Komjen BG lebih krusial, yakni korupsi dibanding kasus yang menjerat BW, pidana biasa. Bila Anda setuju dengan Donal Fariz, pilih Pro!
Pro
70%
Kontra
30%